7 Faktor Penting yang Mempengaruhi Google Ranking

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Ada lebih dari 200 hal yang mempengaruhi peringkat sebuah situs web di pencarian google. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa sulitnya sebuah website bisa tampil di halaman pencarian google. Meski demikian hal ini dilakukan agar persaingan antar website lebih adil dan sebagai upaya google untuk meningkatkan hasil pencarian yang relevan.


Tapi tenang, kalian tidak harus memenuhi semua hal tersebut untuk menjadi peringkat pertama atau minimal tampil di halaman pertama pencarian google. Karena 200 faktor tersebut memiliki bobot atau nilai yang berbeda-beda.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mengetahui Password Wifi di Windows Saat Lupa read more
📰 2. Cara Membuat Shortcut Keyboard atau Jalan Pintas Aplikasi di Windows 10 read more
📰 3. Cara Setting Kamera Hp Jadi Webcam Laptop atau Komputer di Windows 10 read more


7 Faktor Penting dalam Google Ranking

Google Algoritma akan selalu diupdate dan disempurnakan. Oleh karena itu, hal-hal yang menjadi faktor dalam peringkat Google dapat berubah kapan saja sesuai kebijakan algoritma yang berlaku. Oleh sebab itu juga, sebaiknya kalian fokus saja pada hal-hal yang benar-benar penting seperti optimalisasi SEO. Apa saja faktor-faktor penting tersebu, berikut ini daftar dan penjelasannya:


1. Konten berkualitas

Konten adalah raja, kenapa karena dengan kontenlah sebua website dapat terus hidup. Semakin banyak konten yang dihasilkan maka semakin besar pula peluang website kalian dikunjungi oleh netizen.

Tapi tidak sekedar konten yang banyak. Konten yang kalian tulis juga harus berkualitas sehingga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Manfaat lain dari konten yang berkualitas adalah dapat meningkatkan rangking di mesin pencari, pasalnya hal ini juga akan memudahkan google melakukan pengurutan suatu website menurut tingkat relevansinya.

Ada beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk membuat tulisan yang berkualitas. Saya sudah menulisnya di link berkut ini https://www.sahretech.com/2021/09/cara-membuat-konten-website-berkualitas.html


2. Backlink

Backlink atau dalam bahasan Indonesia tautan balik adalah tautan ke situs web kalian sendiri yang diposting di situs web milik orang lain. Semakin banyak backlink, maka website kalian akan semakin dipercaya oleh mesin pencari, dan hal ini dapat dijadikan dasar untuk meningkatkan website kalian di mesin pencari atas banyaknya referensi yang diberikan oleh situs lain.

Cara kerja backlink cukup sederhana, mulanya google akan meng-crawling sebuah situs, jika ada backlink di dalamnya maka google juga akan melakukan crawling terhadap situs tersebut. Backlink dapat kita sebut sebagai rekomendasi, semakin banyak situs yang merekomendasikan situs kalian maka akan semakin bagus di dalam pencarian.

Kalian bisa mencari backlink secara gratis atau berbayar. Untuk yang gratis kalian bisa menulis artikel di platform terbuka seperti kompasiana atau medium lalu jangan lupa untuk meletakan link website kalian. Sedangkan backlink berbayar bisa kalian dapatkan dengan melakukan kerja sama terhadap website-website terkenal atau langsung membelinya di pasar backlink di link berkut ini https://rajabacklink.com.

Perhatikan juga untuk mencari backlink yang berkualitas, backlink yang berkualitas adalah backlink yang bersumber dari website yang memiliki reputasi baik dan memiliki niche yang sama dengan website yang kalian miliki.


3. Kecepatan Website

Kecepatan website sangat penting untuk diperhatikan, pasalnya siapa yang tidak kesal menunggu loading web yang terlalu lama. Pengguna tidak ingin menunggu terlalu lama, mereka ingin jawaban sesegera mungkin, website harus bisa diload di bawah 5 detik, dan sebisa mungkin menampilkan hal yang penting terlebih dahulu.

Penyebab webisite lambat adalah karena konten yang ditampilkan terlalu banyak seperti gambar dengan resolusi yang terlalu tinggi atau memuat video dari website lain. Buatlah website yang menarik tapi jangan sampai melupakan performa website. Kalian bisa melihat seberapa baik kecepatan website kalian di internet dengan menggunakan tools ini https://gtmetrix.com/.


4. Mobile Friendly

Saat ini, ponsel pintar telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern. Faktanya, sebagian besar lalu lintas situs web berasal dari perangkat seluler. Oleh karena itu, Google menerapkan algoritma baru pada tahun 2018, yaitu Indeks Prioritas untuk Seluler, yang mana algoritma ini akan memberikan niliai lebih pada website yang lebih nyaman saat digunakan pada perangkat berukuran kecil.

Maksud dari mobile friendly adalah website tidak berantakan saat di akses melalui handphone, website juga tidak perlu diperbesar untuk melihat tulisan yang kecil atau diperkecil untuk melihat bagian agar lebih luas. Dalam istilah web design ini disebut dengan responsive.

Kalian tidak perlu khawatir dengan hal ini, kebanyakan template sudah mendukung fitur responsive baik template untuk wordpress atau blogger.


5. Domain Authority

Dapat dikatakan bahwa domain authority adalah salah satu cara Google untuk mengevaluasi reputasi dan pengalaman sebuah situs web pada topik yang dibahas. Dengan kata lain, semakin besar nilainya (0-100), maka semakin besar Google akan percaya bahwa website tersebut berkualitas.

Jika nilai domain auhtority sebuah website memiliki nilai yang tinggi, maka di hasil pencarian juga akan tinggi. Domain authority adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui seberapa baik website kita di mata mesin pencari. Untuk melihat seberapat besar reputasi website kalian, kalian dapat menggunakan tools berikut ini. https://www.checkmoz.com/


6. Optimasi Kata Kunci

Orang mencari sesuatu di Google dengan kata kunci atau keyword tertentu. Oleh karena itu, normal jika kata kunci menjadi faktor yang mempengaruhi peringkat situs web di Google. Kalian juga perlu untuk memastikan bahwa konten yang diterbitkan telah dioptimalkan dengan membidik kata kunci yang tepat.

Optimasi kata kunci ini juga dikenal sebagai SEO on page. Di mana kalian tidak hanya memasukkan kata kunci dalam konten. Tetapi juga dalam deskripsi, gambar, label judul dan banyak tempat di dalam sebuah konten.


7. User Experience

User experience (UX) adalah sebuah istilah untuk memahami bagaimana pengguna berinteraksi terhadap website yang kalian miliki. Hal ini dipelajari untuk melihat seberapa mudah atau seberapa nyaman mereka menggunakan website yang kalian buat.

Jadi kalian harus memahami apakah pemilihan warna pada website kalian sudah tepat dan tidak menggangu mata, atau apakah menu navigasi yang kalian letakkan memudahkan atau menyulitkan mereka mencari kategori halaman, atau apakah ada fitur yang tidak kalian buat sehingga hal ini menyulitkan pengguna. Semua hal ini juga harus diperhitungkan dan tentunya masuk ke dalam penilaian google.

Sama seperti mobile friendly, kalian tidak usah khawatir dengan masalah UX. Hampir semua template website modern saat ini memiliki UX yang baik bagi para pengguna. Jadi tinggal kalian pilih saja template yang sesuai dengan selera kalian.



Sekian artikel singkat tentang faktor penting yang dapat mempengaruhi google ranking. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik