Mengenal teknologi AR dan VR,contoh,dan perbedaan keduanya

Share:
Tak terasa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat,banyak sekali inovasi-inovasi teknologi yang telah membantu berbagai aktifitas manusia.Tak hanya membantu,berbagai macam teknologi juga sering dipakai untuk media hiburan.

Dengan berkembangnya teknologi,kebiasaan orang untuk menikmati hiburan juga berbeda.Saat ini,diamanapun dan kapanpun kita tetap dapat menikmati hiburan.Bahkan bukan hanya masalah tempat,saat ini kita dapat merasakan konten-konten 2 dimensi seperti ada di kehidupan nyata kita.


Di tahun 2016 kita dikejutkan dengan banyak sekali tren teknologi.Salah satunya adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya ke dalam kehidupan nyata manusia atau pun sebaliknya.Teknologi itu dikenal dengan AR dan VR.Berikut ini penulis ingin menuliskan ulasan tentan pengertian dari AR dan VR,dan perbedaan 2 teknologi tersebut.


Microsoft dan Apple adalah 2 perusahaan pionir di bidang teknologi dan kedua pendirinya adalah bapak komputer dunia.Tapi,ada kisah unik yang membuat mereka seterkenal saat ini.Kisah yang banyak orang tidak tahu,kalo sebenarnya 2 perusahaan ini mencuri inovasi perusahaan lain.Dan keduanya tak lepas dari persaingan .klik membaca

AR(augmented reality)

Adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya 2 dimensi atau 3 dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata(real-time).

Bayangkan bila anda membaca sebuah koran dengan menggunakan kaca mata berteknologi AR.Maka anda tidak hanya membaca tulisan.Bahkan dengan teknologi AR tampilan-tampilan grafis yang semulanya tidak ada pada koran akan tampak pada kaca mata anda.Tidak hanya gambar,teknologi AR memberikan kepada penggunanya pengalaman yang lebih baik seperti menampilkan video,audio,teks bergambar,dan animasi 3D yang terasa menyatu di tempat aslinya.

augmented reality
Penggunaan teknologi AR,memungkinkan munculnya
 informasi pada layar yang berteknologi AR(sumber:slidehare.net)

Atau saat anda mengemudi sebuah mobil dengan teknologi AR,elemen-elemen grafis akan muncul di bidang pandangan anda pada layar kaca mobil yang berteknologikan AR.seperti memberikan petunjuk jalan,informasi suatu tempat dan lain sebagainnya.

Pokemon Go adalah salah satu game yang mengadopsi teknologi AR ini.Game ini mampu membuat pengguna seakan-akan benar-benar bermain dengan konten-konten 2 dimensi.User dituntut untuk terjun ke jalanan dan mencarai monster pokemon yang tersebar di seluruh tempat di dunia.

pokemon go
contoh game dengan AR adalah game pokemon go.Seakan-akan monster
pokemon benar-benar ada di kehidupan nyata(sumber:www.npr.org)

VR(virtual reality)

Adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.Teknisnya adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata 3 dimensi ke dalam dunia maya 2 dimensi atau 3 dimensi.

Saat ini telah banyak produsen-produsen yang menjual kaca mata dengan teknologi VR.Biasanya kaca mata ini berukuran besar dan menggunakan smartphone sebagai media VR-nya.

kaca mata VR
contoh kaca mata VR.

Dengan kaca mata VR anda dapat merasakan konten-konten 360 derajat yang ada di dalamnya begitu dekat dengan anda dan anda akan merasa terjun langsung ke dunia maya tersebut.Secara teori VR mensimulasikan diri anda berkunjung ke berbagai tempat,bahkan tempat maya sekali pun.

Jika anda berkunjung ke youtube.cobalah untuk melihat konten 360 derajatnya.Dengan mengetikkan video 360 pada kolom pencariannya.Bila ingin merasakan konten yang benar-benar hidup anda disarankan menggunkan kaca mata VR

Saat ini telah banyak produsen game yang ingin menggunkan teknologi VR sebagai fasilitas baru pada hiburan mereka dan memberikan pengalaman bermain game lebih dekat di kehiupan maya.

youtube 360 derajat,adalah fasilitas baru youtube bagi pengguna
yang ingin merasakan konten video dengan kualitas VR

Perbedaan AR dan VR

Setelah kita membaca ulasan di atas mungkin agak sedikit sulit membedakan teknologi AR dan VR karena keduanya memiliki teknologi yang mampu menggabungkan (real life) kehidupan nyata dengan dunia maya.

Sebelum teknologi ini menjadi trend,AR dan VR banyak digunakkan untuk pengobatan medis dan latihan kemiliteran.Lalu teknologi ini berkembang menjadi hiburan yang memberikan adaptasi baru dan dapat dinikmati setiap orang .

Secara teknis kedua teknologi ini berbeda

  • AR (augmented reality) teknologi ini berusaha menggabungkan konten virtual ke dalam dunia nyata.Dan memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan konten dunia maya di dunia nyata.
  • Adapun VR(virtual reality) adalah teknologi yang berusaha menggabungkan dunia nyata ke dalam dunia maya.Dan memungkinkan pengguna dapat merasakan masuk ke dalam dunia maya tersebut.

Jadi kesimpulannya adalah AR (augmented reality) menggabungkan konten virtual ke dalam dunia nyata.Dan VR(virtual reality) menggabungkan dunia nyata ke dalam dunia virtual.

Mungkin bagi anda yang kurang mengerti perbedaan keduanya,anda mungkin bisa mencoba langsung pergi ke youtube dan mencari contoh langsung dari video-videonya.

No comments