Cara Membuat Konten Website Berkualitas SEO dan Disukai Pembaca

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Bagi Google, konten adalah raja. Dan hal ini sangatlah logis mengingat bahwa hidup dan mati website adalah karena konten. Konten sangatlah penting mengingat misi google adalah menyediakan informasi yang relevan kepada pengguna, maka atas dasar inilah google tidak akan menaikan peringkat sebuah website jika isinya jauh dari kata relevan dan berkualitas.


Konten yang berkualitas sangat penting untuk diterapkan, memang berat. Tapi justru dengan cara inilah kalian dapat merasakan benefit yang lebih besar. Konten dengan kualitas yang tinggi akan mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian Google. Keuntungan lain dari konten yang berkualtias adalah bahwa manusia akan lebih tertarik dan nyaman dengan konten kalian, jadi dari kedua sisi hal ini sangat menguntungkan. Lalu apa saja syarat yang harus dipenuhi agar konten dapat bernilai tinggi?

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Bagaimana cara google mengenal dan mengerti para penggunanya? read more
📰 2. Cara Membuat Widget Pencarian Trending dengan Google Trends di Blogger read more
📰 3. Cara Mudah Membaca Google Trends Untuk Riset Internet Marketing read more


1. Buatlah Konten yang Lengkap

Isi dari konten yang kalian tulis tidak perlu terlalu panjang, karena hal ini justru akan membosankan bagi para pembaca. Beberapa blogger akan menyarankan konten dengan isi tidak kurang dari 500 kata. Tapi yang jelas, kalian harus memberikan informasi yang lengkap, tidak bertele-tele, jelas dan mudah dimengerti.

Contohnya jika kalian membuat sebuah artikel dengan judul "pengertian sistem informasi" jangan hanya menjelaskan pengertiannya saja tapi juga berikan contoh, analogi dan manfaatnya.



2. Buatlah Konten yang Terus Diupdate

Buatlah konten secara rutin, minimal 1 artikel setiap hari dengan bobot yang berkualitas. Atau jika kalian memiliki uang lebih, buatlah sebuah tim dan maksimalkan anggota tim tersebut untuk mencari artikel, membuat gambar, menulis artikel, dan mengoptimal artikel yang dipublish. 

Konten yang update sangatlah penting, karena semakin banyak konten yang kalian buat, maka semakin besar juga peluang kalian dikunjungi oleh orang lain. Alasannya adalah karena relevansi pencarian, analoginya situs kalian memiliki artikel jenis A sedangkan situs lain tidak memiliki artikel jenis A. Maka website kalian akan mudah tampil di hasil pencarian teratas karena lebih relevan dari yang lain.

Tips mencari ide untuk konten adalah dengan membuat list khusus. Jadi silahkan kalian sediakan waktu khusus hanya untuk mencari ide, lalu ide tersebut kalian rangkum ke dalam Ms. Excel. Cari sebanyak mungkin ide yang akan dijadikan konten, sehingga kalian bisa memilih ide apa yang bisa kalian kerjakan saat ini atau menunda ide tersebut untuk ditulis nanti.


3. Buatlah Konten yang Relevan

Konten yang kalian tulis tidak akan memberikan dampak yang signifikan jika konten yang dibuat tidak relevan. Salah satu contoh konten yang tidak relevan adalah konen hoax. Untuk menghindari konten hoax kalian bisa mengkaji lebih banyak sumber, atau buatlah konten yang hasilnya sudah kalian ketahui seperti tutorial atau tips & trick.

Selain hoax. Konten yang dihasilkan harus sesuai dengan judul yang dibuat. Jangan menulis asal-asalan. Jangan menulis dengan kata-kata yang tidak umum sehingga orang yang membaca sulit untuk menerjemahkannya. Dan jangan melebar dari inti pembahasan. Susunan kata yang rapi dengan tulisan yang mudah dimengerti juga bisa membantu relevansi konten kalian.

Sertakan juga gambar pendukung agar pembaca lebih mudah memahami tulisan yang kalian gunakan. Kalian dapat menggunakan gambar buatan kalian sendiri atau menggunakan gambar gratis yang bisa kalian download di https://pixabay.com/. Usahakan menggunakan gambar yang bebas dari copyright agar website kalian jadi lebih aman.



4. Buatlah Struktur Konten yang Baik

Banyak pemilik situs web meremehkan struktur konten situs web mereka. Bahkan, jika kontennya berantakan, pengunjung akan bosan karena tidak dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari. Dengan begitu, konten menjadi tidak bermanfaat dan tidak berguna bagi pengunjung.

Karena itu, saat membuat konten, Kalian perlu memperhatikan strukturnya. Artikel secara umum dapat dibagi menjadi tiga bagian: pendahuluan, bagian utama, dan penutup.

Selanjutnya, dimungkinkan untuk menggunakan header dan subtitle (H2, H3, H4, dll.) bold, underline, dan italic, bullet list, dsb. Hal ini penting untuk diterapkan selain berguna untuk tanda pemisah dan seagainya bagi para pembaca. Dan bagi google ini penggunan tag-tag seperti ini lebih disukai karena robot hanya akan membaca hal-hal seperti ini.



5. Jangan Plagiat

Yang terakhir, jangan plagiat. Plagiat adalah hal yang sangat dibenci oleh google. Google akan mencap buruk tiap website yang kedapatan melakukan plagiat. Tidak hanya itu, jika hal ini terus-terusan terjadi google bisa mengeluarkan website tersebut dari google pencarian, alias website tersebut tidak dapat ditemukan lagi.

Jadi buatlah karya yang unik, tema atau ide boleh kalian ambil dari website lain. Tapi untuk isinya usahakan original milik kalian, kalian bisa melakukan teknik paraprase agar artikel yang kalian tulis tidak dianggap plagiat oleh google, salah satu web yang bisa kalian gunakan untuk melakukan parapase secra otomatis adalah https://www.paraphraser.io/id/parafrase-online. 

Setelah menulis artikel jangan lupa untuk mengecek ulang apakah masih terdapat kata-kata plagiat, kalian bisa cek seberapa besar plagiat yang kalian lakukan di web berikut ini https://www.duplichecker.com/id. Usahakan angka uniknya di atas 80%.



Semakin sering kalian menulis, maka semakin mudah bagi kalian untuk menerapkan tips di atas. Sekian tutorial cara membuat konten website berkualitas dan disukai pembaca. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan meninggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel dan tutorial menarik lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik