Cara Setting Kamera Hp Jadi Webcam Laptop atau Komputer di Windows 10

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan berbagi tutorial cara membuat kamera smartphone kalian menjadi webcam di laptop atau komputer windows 10. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Sebagian kalian mungkin tidak PD dengan kamera laptop yang burik alias resolusinya sangat kecil atau mungkin webcam di laptop kalian rusak sehingga saat ada pertemuan online kalian tidak bisa menampilkan wajah. Nah, jangan khawatir guys, kalian nggak perlu beli webcam baru atau malah mengganti laptop, cukup pake smartphone android aja dan melakukan setting ringan antar laptop dan hp kalian, untuk detailnya ikuti tutorialnya di bawah ini.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mengetahui Password Wifi di Windows Saat Lupa read more
📰 2. Cara Membuat Partisi Harddisk/SSD di Komputer Windows 10 read more
📰 3. Cara Memperbaiki Gambar Thumbnail Tidak Muncul di Windows read more


Cara Setting Kamera Hp Jadi Webcam Menggunakan Wireless

1. Download aplikasi DroidCam untuk pc/laptop dan untuk hp android. Lalu lakukan instalasi di laptop dan hp android seperti biasa.
Berikut link download DroidCam untuk pc/laptop https://www.dev47apps.com/droidcam/windows

2. Lalu sambungkan hp android dan laptop/pc kalian ke satu jaringan yang sama.

3. Buka aplikasi DroidCam di hp android dan di laptop/pc.

4. Masukkan wifi ip yang ada di aplikasi DroidCam android dan masukkan ip tersebut ke dalam aplikasi DroidCam laptop/pc lalu klik start untuk memulai. Lihat gambar di bawah ini untuk mengikuti instruksinya.

droidcam menggunakan wireless
Droidcam dengan menggunakan wireless



5. Jika hp android dan laptop kalian terhubung di jaringan yang sama, maka tidak butuh waktu lama untuk layar laptop/pc kalian membuka kamera yang dicapture menggunakan hp kalian.

hasil setting webcam dengan droidcam
Hasil setting webcam dengan DroidCam



Cara Setting Kamera Hp Jadi Webcam Menggunakan Usb Debugging

Ada cara lain yang bisa kalian gunakan agar hp android kalian bisa menjadi webcam di laptop atauc pc. Caranya dengan menggunakan usb debugging

1. Pertama kalian harus membuka mode usb debugging pada android kalian terlebih dahulu. Untuk cara membuka usb debugging tidak saya jelaskan disini, karena setiap tipe dan merek hp android memiliki cara yang berbeda-beda. Untuk itu, jika kalian belum membuka mode usb debugging, silahkan cari di google sesuai dengan merek dan tipe hp kalian, InsyaAllah ada dan caranya sangat mudah.

2. Jika sudah membuka mode usb debugging, silahkan buka aplikasi DroidCam untuk android dan laptop/pc. 

3. Lalu pada aplikasi DroidCam laptop, pilih connect over usb. Lalu klik tombol refresh untuk mencari perangkat yang terhubung. Jika sudah muncul silahkan klik tombol start untuk memulai.

setting droidcam dengan usb debugging
Setting DroidCam dengan Usb



4. Tidak perlu waktu lama, maka laptop kalian akan menampilkan gambar sesuai dengan capture yang ditampilkan oleh kamera hp kalian.

hasil droidcam dengan usb
Hasil DroidCam dengan Usb



Kenapa Tidak Bisa Menghubungkan?

Jika pengaturan yang kalian lakukan tidak berhasil, itu karena: pertama, hp dan laptop tidak terhubung dengan jaringan yang sama. Kedua: hp yang kalian gunakan belum disetting ke mode usb debugging. Hp yang belum disetting ke mode usb tidak akan bisa menggunakan cara yang kedua.



Gimana guys?, sekarang kalian gak perlu beli webcam baru. Dan hasilnya juga lebih jernih karena menggunakan kamera smartphone langsung. 

Sekian tutorial cara setting kamera hp jadi webcam laptop atau komputer di windows 10. Semoga bermanfaat, kurang lebihnya saya mohon maaf. Dan apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial seru lainnya.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik