cerita sukses pria keturunan Iran yang berhasil mendirikan perusahaan jual beli eBay

Share:
Sempat beberapa kali gagal mendirikan perusahaan sendiri.Walau pun sempat gagal,pendiri eBay ini tetap memiliki impian untuk mendirikan perusahaannya sendiri.Bahkan perusahaan e-commerce eBay yang kita kenal sekarang ini diawali dari penjualan pointer rusak.

Pierre Omidyar lahir di Prancis 21 Juni 1967,Walaupun Pierre lahir di Prancis tapi ayah dan ibunya imigran asal Iran yang dituntut oleh masing-masing orang tua mereka untuk menuntuk ilmu di Prancis.
omidyar
Pierre Omidyar in 2007(sumber: en.wikipedia.org)

Nama ibunya adalah Elahe Mir-jalali Omidyar,sedangkan nama ayahnya sampai sekarang dirahasiakan karena suatu hala.Demi merahasiakan nama ayahnya,hingga sekarang Pierre Omidyar menggunakan nama keluarga ibunya bukan ayah kandungnya.

Belajar di lab komputer

Kecintaan Omidyar tentang komputer mulai tumbuh saat ia kelas sembilan.Bahkan Omidyar rela membolos pelajaran olahraga demi belajar komputer di lab sekolah.

Minat Omidyar akan komputer pun semakin besar,saat kepala sekolahnya mendukung tindakan Omidyar yang sering membolos pelajaran olahraga demi belajar komputer.Kepala sekolahnya bahkan meminta Omidyar utnuk membuat program komputer untuk menyusun katalog perpustakaan.

Google menjadi search engine atau mesin pencari yang paling banyak digunakkan.Tapi,tahukah anda bagaimana mesin pencari itu bekerja.Kenapa setiap yang kita cari di google selalu ada jawabannya,dan dari mana semua pengetahuan yang google punya klik baca

Setelah lulus SMA Omidyar langsung memutuskan untuk kuliah di jurusan komputer di Tuft-university.Sebuah universitas yang kala itu memiliki peringkat ke -15 terbaik di Amerika serikat.Saat kuliah, Omidyar juga bekerja membuat program komputer yang digunakkan oleh programmer untuk macintosh.Sayangnya,penghasilan melalui program ini tidak sebanding dengan kerja kerasnya.

Mulai mendirikan perusahaan

Omidyar lulus dari Universitas Tuft-university di tahun 1988.Tak butuh waktu lama,Omidyar langsung mendapatkan pekerjaan di anak perusahaan Apple computer yang bernama Claris.

Menghabiskan waktu 3 tahun di Claris membuat Omidyar menumbuhkan jiwa kewirausahaanya.Maka pada tahun 1991 Omidyar dan 4 temannya Arnold Blin,Greg Stein,Will Poole,dan Matt Kursh mendirikan perusahaan bernama Ink development corp.Perusahaan yang bergerak di bidang pen computing,sebuah perangkat yang menjadi cikal bakal komputer tablet dan ponsel berlayar sentuh.

Karena terlalu canggih di zamannya pen computing bisa dibilang tidak berkembang.Akhirnya Omidyar dan 4 temannya menggeser fokus perusahaan ke bidang e-commerce dan mengubah nama perusahaan menjadi e-shop.

Lagi-lagi nasib berkata sama,e-shop juga masih terbilang maju di zamannya sehingga e-shop tidak dapat diterima di masyarakat dan tidak berkembang sesuai harapan.Dan malah belakangan ini e-shop dibeli oleh Microsoft.

Karena merasa belum beruntung,Omidyar kemabali menjadi karyawan di sebuah perusahaan.Dia bekerja di General Magic sebagai seorang developer services engineer pada tahun 1994.Meski kembali menjadi karyawan tapi keinginan Omidyar untuk membangun perusahaan e-commerce belum sirna.
Omidyar and Pamela Wesley(sumber :www.emaze.com)

Semasa bekerja di General Magic,Omidyar bertemu dengan Pamela Wesley.Seoarang wanita yang dikenal dengan kolektor dispenser pez.Mereka saling jatuh cinta,berpacaran,dan akhirnya menikah.

Saat masih berpacaran Wesley mengeluhkan sulitnya menemukan sesama kolektor dispenser pez,karena sulitnya menemukan kolektor akhirnya koleksi Wesley mandek.Dengan baik hati Omidyar mengembangkan sebuah sistem lelang online untuk memudahkan pacarnya bertemu sesama kolektor dispenser pez.sistem lelang online inilah yang kita kenal dengan eBay.

Terinspirasi membuat situs lelang online

Ketika sistem lelang online tersebut telah siap.Omidyar mencobanya pada situs pribandinya dan merilisnya dengan nama Auction Web yang bertepatan dengan labor day 1995.Auction web yang nantinya berkamebang menjadi eBay.
omidyar
Omidyar (sumber:aib.edu.au)

Ternyata benda yang terjual melalui eBay bukanlah dispenser pez,melainkan sebuah pointer leser yang rusak,membuka mata Omidyar bahwa eBay bisa menjadi tempat jual beli apa saja,walau sudah rusak sekalipun.

Selang 3 bulan berjalan,situs milik Omidyar dibanjiri peminat.Sehingga Omidyar meminta rekannya,Jeff skoll untuk menambahkan sistem keamanan pada sistem lelang tersebut.Hingga pada pertengahan tahun 1996 situs tersebut telah melayani sekitar 800.000 lelang perhari.

Pada tahun 1997,agar lelangnya dikenal banyak orang,Omidyar mengganti nama webnya tersebut dengan eBay.fakta menyebutkan bahwa eBay adalah pelopor situs lelang online,dengan ditambah cukup agresifnya prosmosi yang dilakukan oleh tim Omidyar membuat eBay berkembang begitu cepat.
perusahaan ebay
perusahaan eBay (sumber:money.id)

Akhirnya pada tahun 1998 eBay membuka IPO.Harga saham eBay di hari pertama naik 14-16 dollar AS menjadi 16-18 dollar AS,Yang menjadikan Omidyar seorang jutawan baru.Di tahun 2009 penjualan eBay telah mencapai US$8,7 miliar dengan 84 juta pengguna.

Di tahun 2015 eBay telah mempekerjakan sekitar 34,600 karyawan dengan total penghasilan di tahun 2015 sekitar US$8.59 miliar dan memiliki peringkat situs ke-27 pada bulan juni 2016.

No comments