Cara Menjadikan User Sebagai Pembuat Course di Moodle

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial cara memberikan akses kepada user sebagai pembuat course di moodle. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Setiap user baru yang dibuat di dalam aplikasi moodle, entah itu melalui registarasi mandiri atau registarasi akun yang dilakukan oleh admin, semuanya membutuhkan setting tambahan agar user dapat membuat course atau mengajar. Jika kalian bertanya-tanya tentang masalah tersebut, berikut ini adalah artikel yang tepat untuk kalian.

Di dalam aplikasi moodle, pembuat course levelnya di bawah admin dan manajer. Tugasnya adalah membuat course dan mengelolah atau memanajemen course yang telah dibuat, seperti mengisi materi, mengisi siswa, guru, penilaian, ujian, dsb. Tapi pembuat course hanya dapat mengelola course yang dibuatnya saja. Ok mungkin segitu dulu ya, penjelasan tentang user pembuat course. Sekarang kita masuk ke inti pembahasan yaitu menjadikan user sebagai pembuat course

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mengetahui Password Wifi di Windows Saat Lupa read more
📰 2. Belanja Online Tanpa Kartu Kredit dengan BNI VCN read more
📰 3. Slims, Aplikasi E-Library gratis dan cara menginstallnya di Komputer read more


Cara Menjadikan User Sebagai Pembuat Course

1. Akses aplikasi moodle kalian, lalu login sebagai admin
2. Setelah masuk ke halaman dashboard, klik menu site administration → pilih tab users → pada bagian permissions pilih assign system roles. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

cara menambah course maker di moodle
Menambahkan pembuat kursus



3. Setelah masuk ke halaman assign system roles, selanjutnya klik course creator

cara menambah pembuat course di moodle
Menambahkan pembuat kursus di moodle



4. Setelah masuk ke halaman assign role 'course creator' in system, perhatikan pada bagian potential users. Lalu silahkan pilih dan klik user mana yang ingin kalian jadikan sebagai pembuat course, selanjutnya klik tombol add untuk menambahkan user tersebut.

cara menambahkan pembuat course di moodle
Menambahkan pembuat kursus di moodle



Note: Jika kalian belum memiliki user lain selain admin, silahkan tambah user terleih dahulu dengan membaca panduan membuat user baru di link berikut ini https://www.sahretech.com/2021/02/cara-mudah-dan-cepat-menambah-user-baru.html.

5. Sekarang silahkan logout, dan login dengan akun yang kalian tunjuk sebagai pembuat course barusan. Setelah masuk ke halaman dashboard maka kalian akan menemukan ada menu site administration, itu artinya penunjukkan user sebagai pembuat course sudah berhasil. Ok selanjtunya silahkan ikuti panduan berikut ini untuk membuat course https://www.sahretech.com/2021/02/cara-mudah-dan-cepat-membuat-course.html

cara menambah pembuat course di moodle
Menambah pembuat kursus di moodle




Sekian tutorial cara menjadikan user sebagai pembuat course di moodle. Semoga artikel singkat ini dapat membantu, jika masih ada yang membingunkan silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ini dan ayo kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial keren lainnya.


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik