Cara Menambah User Baru pada Moodle

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara menambahkan user baru pada lms(learning management system) moodle. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Untuk bisa menambahkan guru, siswa, manajer, dan pembuat kursus, pertama-tama kita harus membuat user baru terlebih dahulu. Di dalam moodle, terdapat 2 cara yang bisa kita lakukan untuk menambah user baru. Pertama bisa melalui halaman admin, yang kedua bisa melakukan pendaftaran atau registrasi mandiri. Dan khusus untuk tutorial kali ini, kita akan membahas cara menambah user baru lewat halaman admin. 


Jika kalian belum menginstall aplikasi moodle sebelumnya, silahkan klik tautan berikut ini untuk mengetahui cara instalasi moodle https://www.sahretech.com/2021/01/cara-cepat-dan-mudah-instalasi-moodle.html. Dan moodle yang akan kita pakai kali ini adalah moodle versi 3.9. Jangan khawatir jika moodle yang kalian pakai memiliki versi yang berbeda, karena beberapa setting tidak berbeda jauh dan tidak terlalu sulit untuk diterapkan.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mengetahui Password Wifi di Windows Saat Lupa read more
📰 2. Belanja Online Tanpa Kartu Kredit dengan BNI VCN read more
📰 3. Slims, Aplikasi E-Library gratis dan cara menginstallnya di Komputer read more


Cara Menambah User Baru

1. Akses aplikasi moodle kalian, lalu login sebagai admin.
2. Setelah masuk ke halaman dashboard, silahkan menuju menu site administration → pilih tab users → pada bagian accounts pilih add a new user. Atau lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

membuat user baru di moodle
Membuat user baru di moodle



3. Setelah masuk ke halaman add a new user silahkan isi data user yang ingin kalian daftarkan. Perlu diperhatikan, kalian wajib mengisi form dengan tanda (!) berwarna merah, username, dan password. Dan untuk settingan yang lain biarkan saja sesuai defaultnya. Kemudian scroll ke bawah dan klik tombol create user untuk membuat user baru

membuat user baru pada moodle
Membuat user baru di moodle




4. Setelah berhasil menambahkan user baru, kalian akan diarahkan ke halaman daftar user. Jika kalian melihat user yang baru didaftarkan ada pada list tersebut, artinya tambah user berhasil dilakukan. Selanjutnya kalian bisa mencoba login dengan akun yang baru didaftarkan.

membuat user baru moodle
Membuat user baru di moodle





Jika kalian login dengan user baru, kalian akan melihat bahwa user tersebut tidak memiliki akses apapun seperti  membuat course atau mengajar, dan untuk menjadikannya seorang guru/pengajar, siswa, manager, atau pembuat kursus kalian harus melakukan setting lagi. Baca panduan berikut untuk menambah akses pada user:

2. Cara Menambahkan User Menjadi Guru atau Murid #link

menambah user baru di moodle
Login ke halaman user




Sekian tutorial cara menambah user baru pada moodle, semoga tulisan singkat ini bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial moodle lainnya. 😀


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik