Cara Membuat Course pada Moodle

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat kursus pada aplikasi e-learning moodle. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Course atau kursus di dalam moodle bisa kita sebut juga sebagai mata pelajaran atau mata kuliah, berfungi sebagai induk atau rumah yang di dalamnya dapat kita isi materi, quiz, ujian, siswa, pengajar, dsb. Syarat untuk membuat course atau kursus adalah user harus memiliki akses sebagai admin, manajer, atau pembuat kursus.

Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membuat kursus baru dengan menggunakan akun admin. Jika kalian ingin membuat kursus menggunakan user lain, kalian harus melakukan assign role terlebih dahulu, ikuti panduan assign role di link berikut ini https://www.sahretech.com/2021/02/cara-mudah-dan-cepat-menjadikan-user.html.

Tapi saya sarankan untuk membaca dan memahami tulisan ini terlebih dahulu sebelum meng-assign role pada user lain, karena cara membuat course pada admin, manajer, dan pembuat kursus tidak jauh berbeda.


Cara Membuat Course pada Moodle

1. Akses aplikasi moodle, lalu login sebagai admin
2. Setelah masuk ke halaman dashboard, klik menu site administration → pilih tab courses → lalu pada bagian courses pilih add a new course. Atau perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

membuat course di moodle
Membuat course baru



3. Setelah masuk ke halaman add a new course selanjutnya isi form wajib bertanda (!) berwarna merah. Dan jika kalian tidak mengerti maksud dan tujuan setiap formnya silahkan mengklik tanda (?) berwarna biru. 

Jika kalian masih merasa bingung dengan form yang terlalu banyak, maka cukup untuk mengisi form wajib saja terlebih dahulu. dan jangan lupa juga untuk menambahkan gambar pada course kalian agar lebih menarik. Jika sudah, selanjutnya scroll ke bawah dan klik tombol save and display untuk membuat course baru.

membuat course di moodle
Membuat kursus baru




4. Selanjutnya kalian akan langsung di arahkan ke dalam course seperti gambar di bawah ini. Sekarang kalian bisa mengatur isi course, seperti menambah guru atau murid, menambah materi, membuat ujian, quiz, penilian dan setting lainnya.

membuat course di moodle
Halaman course matematika





5. Cobalah untuk logout dan melihat gambar course kalian seperti gambar di bawah ini. Kalian juga dapat menyembunyikan course, pada course visibility saat melakukan edit atau membuat course.

membuat course di moodle
Tampilan course dari halaman depan




Sekian tutorial cara mudah dan cepat membuat course pada moodle. Semoga tutorial singkat ini bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas atau membingungkan silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial moodle lainnya. 😀


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik