Cara Cepat dan Mudah Instalasi Moodle di Komputer Local

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara menginstall aplikasi learning managment system yaitu moodle di komputer local. Bagaima cara instalasinya?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Moodle adalah salah satu LMS(learning management system) yang sangat populer di gunakan untuk pembelajaran secara daring. Moodle telah banyak digunakan oleh banyak instansi pendidikan di Indonesia, alasannya karena fitur yang diberikan lengkap dan open source. Sehingga instansi bisa mengkustomisasi tampilan sesuai dengan keinginan dan instansi juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pengembangan sistem pembelajaran online.

Bagi instansi pendidikan, memiliki aplikasi LMS adalah hal wajib pasalnya aplikasi ini dapat digunakan secara online dimanpun sehingga fleksibel untuk digunakan. Selain itu aplikasi LMS dapat mengelola seluruh manajemen kelas, seperti siswa, guru, materi, absensi, ujian dan penilaian.

Jika kalian tertarik untuk mempelajari moodle lebih dalam, silahkan menuju link berikut ini: https://moodle.com

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Menggunakan Wordpress untuk Mengembangkan Website yang Berhasil read more
📰 2. Cara Mudah Instalasi Wordpress di Localhost read more
📰 3. Cara Mudah Memasang Notifikasi pada Blogspot read more


Cara Install Moodle di Komputer Local

Moodle yang akan kita install adalah moodle versi 3.10. Berbeda dengan cara instal moodle di hosting. Dimana biasanya penyedia hosting telah memberikan aplikasi ini secara langsung untuk diinstall, sehingga pembuatannya lebih mudah. Tapi jika kalian ingin menginstall moodle di local, caranya sedikit berbeda, berikut ini caranya:

1. Download aplikasi xampp di link berikut ini https://www.apachefriends.org/download.html. Lalu install aplikasi xampp seperti biasa.
Note: xampp adalah aplikasi yang berfungsi sebagai server. Dimana semua aplikasi web akan diletakkan di dalamnya dan dapat diakses oleh banyak orang.

2. Setelah aplikasi xampp berhasil kalian install, selanjutnya buka xampp control panel. Gunakan kotak pencarian windows untuk mempermudah pencarian. Lalu klik tombol start pada module apache dan mysql untuk menghidupkan server local.

instalasi moodle
Menghidupkan web service



3. Download aplikasi moodle di link berikut ini: https://download.moodle.org/download.php/stable310/moodle-latest-310.zip

4. Ekstrak dan letakkan folder hasil ekstraknya di dalam folder htdocs. Folder htdocs bisa kalian temukan di C:/xampp/htdocs.

5. Kemudian buka browser dan ketik alamat url berikut ini localhost/moodle. Maka tampilannya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

instalasi moodle
Instalasi moodle



6. Pilih bahasa Indonesia lalu klik tombol selanjutnya.

7. Kemudian kalian akan dibawa ke halaman konfirmasi jalur atau path confirmation. Semua data yang ada tidak perlu diubah, lalu klik selanjutnya.

8. Kemudian kalian pilih jenis basis data yang digunakan. Disini kita akan menggunakan jenis basis data MariaDB(native/mariadb). Lalu klik selanjutnya.

instalasi moodle
Pilih tipe basisdata



9. Buka tab baru lalu ketik url berikut ini localhost/phpmyadmin. lalu buatlah sebuah database baru dengan nama moodle. Caranya membuat database baru bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

instalasi moodle
Membuat database baru


10. Kembali ke tab instalasi moodle, silahkan isi setelan basis data seperti gambar di bawah ini. Lalu klik tombol selanjutnya.

install moodle
Setting database



11. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman Pengumuman hak cipta. Lakukan konfirmasi "anda telah membaca peraturan ini dan mengerti isinya" dengan mengklik tombol lanjutkan.

install moodle
Pengumuman hak cipta



12. Selanjutnya moodle akan mengecek kesiapan environment kalian. Jika minimum requirement terpenuhi kalian bisa klik tombol lanjutkan. Tapi jika ada status yang masih merah maka kalian harus memperbaikinya terlebih dahulu.
Note: Jika masih berstatus merah, silahkan ikuti arahan yang diberikan. Klik teks berwarna biru di bagian atas setiap status yang berwarna merah, maka kalian akan diarahkan ke panduan menghilangkan error/status merah.

instalasi moodle
Instalasi moodle



13. Proses kali ini mungkin akan sedikit lama. Silahkan tunggu saja proses instalasinya hingga selesai. Jika telah selesai, maka tampilannya akan tampak seperti gambar di bawah ini. 

Aplikasi moodle kalian sudah berhasil diinstall di server local. Klik lanjutkan untuk membuat beberapa setting dasar di dalam moodle.

instalasi moodle
Proses instalasi selesai



Setting Data Dasar di Dalam Moodle

Setelah proses instalasi selesai, lanjutkan dengan mengisi beberapa data di dalamnya. Data ini berguna sebagai konfigurasi awal aplikasi yang kalian pakai seperti user account, nama dan deskripsi aplikasi.

1. Isi form bertanda seru berwarna merah. Selebihnya bisa kalian atur ulang di dalam aplikasi moodle nantinya.

instalasi moodle
Membuat akun baru




2. Lalu kalian akan diarahkan untuk mensetting halaman depan aplikasi moodle kalian. 

instalasi moodle
Isi judul dan deskripsi aplikasi


3. Tampilan akhir dari aplikasi moodle kalian akan tampak seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya kalian bisa mengeksplorasi lebih lanjut mengenai sistem pembelajaran yang ada di aplikasi moodle.

instalasi moodle
Tampilan dashboard moodle


Sekian tutorial cara cepat dan mudah instalasi moodle di komputer local. Semoga bermanfaat, kurang lebihnya saya mohon maaf. Dan apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial keren lainnya.


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik