Cara Mengaktifkan Halaman Pendaftaran pada Moodle

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai moodle, dalam bahasan "cara mengaktifkan halaman pendaftaran pada moodle". Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Di dalam aplikasi moodle, ada 2 cara untuk menambah user. Pertama dengan cara ditambahkan langsung oleh admin dan yang kedua dengan mendaftar secara mandiri di aplikasi moodle. Untuk cara pertama, saya sudah ulas artikelnya di link berikut ini https://www.sahretech.com/2021/02/cara-mudah-dan-cepat-menambah-user-baru.html.

Dan untuk cara yang kedua, kita perlu melakukan setting terlebih dahulu agar halaman pendaftaran bisa muncul di halaman depan, karena secara default moodle tidak membuka halaman pendaftaran dan tidak membolehkan user dari luar mendaftar secara mandiri.

Oh ya, cara kedua ini sebenarnya juga lebih praktis. Karena admin tidak perlu memasukkan data user satu persatu. Selain itu halaman pendaftaran juga sangat cocok bagi aplikasi moodle yang terbuka untuk umum.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mudah dan Cepat Membuat Course pada Moodle read more
📰 2. Cara Mudah dan Cepat Menjadikan User Sebagai Pembuat Course di Moodle read more
📰 3. Cara Mudah dan Cepat Memasukkan Guru dan Murid dalam Course Moodle Komputer read more


Cara Mengaktifkan Halaman Pendaftaran Moodle

1. Akses aplikasi moodle kalian, lalu login sebagai admin
2. Setelah masuk ke halaman dashboard, silahkan klik menu site administation → klik tab plugins → lalu cari bagian authentication, dan pilih manage authentication.

membuka halaman pendaftaran moodle
Membuka halaman pendaftaran



3. Selanjutnya pada halaman manage authentication, kalian perlu memastikan Email-based self-registration dalam posisi aktif. Posisi aktif ditunjukkan dengan gambar mata terbuka 👁. Dan jika belum aktif maka perlu diaktifkan terlebih dahulu.

Membuka halaman registrasi moodle
Membuka halaman registrasi moodle



4. Ok selanjutnya scroll ke bagian bawah, pada bagian common settings pilih Email-based self-registration pada self registration. Ok selanjtunya scroll ke bawah dan klik tombol save changes untuk menyimpan konfigurasi

membuka halaman registrasi moodle
Membuka halaman registrasi moodle



5. Ok selanjutnya kita lihat apakah setting sebelumnya sudah berhasil atau belum. Silahkan logout terlebih dahulu. Lalu masuk ke halaman login, lalu klik tombol create new account untuk mendaftar user baru.

membuka halaman registrasi moodle
Mendaftar akun lewat halaman registrasi



Sekian tutorial cara mengaktifkan halaman pendaftaran pada moodle. Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ini. Dan ayo kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial menarik lainnya.




No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik