Cara Memasukkan Guru & Murid di Moodle Course

Share:
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar aplikasi e-learning moodle, dalam pembahasan cara memasukkan guru dan murid ke dalam course moodle. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Setiap course yang telah dibuat perlu diisi dengan beberapa component. Component tersebut diantaranya adalah guru, siswa, dan materi. Pembuat course bisa mengelola course yang ia buat, tapi terkadang course yang akan diajarkan butuh lebih dari satu guru. Dan si pembuat course tentu punya akses ke sana.

Tidak hanya memasukkan guru, tapi cara di bawah ini juga bisa kalian gunakan untuk memasukkan siswa di dalam course yang kalian buat. Dan yang paling penting syaratnya kalian harus menjadi pembuat course terlebih dahulu. Ok langsung ikuti pembahasannya berikut ini.

Cara Memasukkan Guru dan Murid ke Dalam Course

1. Akses aplikasi moodle kalian terlebih dahulu, lalu login sebagai pembuat course
2. Setelah berhasil masuk ke halaman dashboard, buatlah course baru terlebih dahulu. Jika kalian belum tahu cara membuatnya silahkan ikuti panduannya di link berikut ini. https://www.sahretech.com/2021/02/cara-mudah-dan-cepat-membuat-course.html
3. Ok, setelah kalian memiliki sebuah course baru, selanjutnya masuk ke dalam course tersebut

menambah guru dan murid di moodle
Menambahkan guru dan murid di moodle



4. Setelah masuk ke dalam course, klik roda gigi yang berada di sebelah kanan → lalu klik more. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

menambah guru dan murid di moodle
Menambah guru dan murid di moodle



5. Selanjutnya pada halaman course administration, klik tab users → lalu pilih enrolled users. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

menambah guru dan murid di moodle
Menambah guru dan murid di moodle



6. Selanjutnya, klik tombol enrol users yang berada di sebelah kanan halaman → lalu pada jendela popup yang muncul, masukkan nama user dan assing role as teacher or student. Jika sudah selanjtunya klik tombol enrol users

menambah guru dan murid di moodle
Menambah guru dan murid di moodle



7. Setelah itu, pengguna atau user yang baru kita masukkan otomatis masuk ke list participant di dalam course tersebut dengan role non-editing teacher. Sekarang logout, dan login dengan akun yang baru kita daftarkan sebelumnya.

Menambah guru dan murid pada moodle
Menambah guru dan murid pada moodle



Kalian akan melihat ada course baru di bilah menu sebelah kiri, Dan jika kalian masuk ke dalam course tersebut maka akses kalian juga tidak dapat mengedit apapun, hal ini terjadi karena user yang didaftarkan hanya sebatas non-editing teacher. 


Sekian tutorial cara mudah dan cepat memasukkan guru dan murid dalam course moodle, semoga tulisan singkat ini dapat membantu. Jika ada pembahasan di atas yang kurang dimengerti, silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ini dan ayo kita diskusikan bersama. Dan sampai jumpa di tutorial moodle lainnya. 😀

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik