Apa itu Web Crawler?, Cara Kerja dan Apa Pentingnya Bagi Website

Share:
Apa itu Web Crawler?, Cara Kerja dan Apa Pentingnya Bagi Website
Apakah kamu tau, bahwa ada sebuah program yang bernama Web Crawler yang berperan dan bertanggung jawab untuk menelusuri dan mengumpulkan semua data yang tampil pada browser kamu di saat kamu menggunakan search engine untuk mencari informasi lewat internet?

Meski keberadaan web Crawler ini jarang diketahui umum, namun banyak sekali sebetulnya manfaat yang bisa kamu peroleh dari web Crawler ini terutama buat kamu yang sedang berusaha menaikkan trafik dan visibilitas website kamu.



Pengertian Web Crawler

Disebut juga sebagai web spiders, web crawler ini merupakan suatu program atau bot yang dipakai oleh banyak mesin penelusuran atau search engine untuk menelusuri serta mengumpulkan data yang ada di internet.

Konten website yang diperoleh akan dianalisis dan informasi yang didapat akan disimpan Crawler dalam database search engine tersebut. Proses Crawler menelusuri konten disebut sebagai Crawling sementara proses menyimpan informasinya disebut sebagai indexing.

Disaat kamu nanti mencari sebuah informasi lewat internet, maka search engine yang biasa kamu gunakan akan mencari informasi paling relevan dari database nya dan menampilkannya pada Search result browser kamu.

Fakta menariknya , ternyata web crawler untuk setiap search engine itu berbeda-beda. Dibawah ini adalah contoh Crawler dari search engine terpopuler disaat ini:

  1. GoogleBot dipakai untuk mengindex dan menyimpan konten website di database Google.
  2. Bingbot merupakan crawler yang diluncurkan Microsoft di 2010 untuk menyimpan data di database search engine Bing.
  3. DuckDuckBot, adalah crawler yang digunakan oleh search engine DuckDuckGo untuk menelusuri dan menyimpan data.
  4. Baiduspider ialah bot yang dipakai oleh Baidu, salah satu search engine populer di Cina.
  5. AlexaCrawler, web crawler yang dipakai Amazon untuk menentukan ranking internet Alexa.
  6. YandexBot muncul dari search engine terbesar di rusia bernama Yandex.
  7. Slurp Bot dipakai Yahoo untuk mengindex dan menampilkan konten website di hasil pencarian seluler Yahoo search engine.

Website kamu memerlukan metode khusus agar bisa masuk kedalam database masing -masing search engine dikarenakan web Crawler setiap search engine ini berbeda-beda. Tapi, dikarenakan Google merupakan search engine terbesar sekarang ini, ada baiknya bila kamu mengoptimasi konten website mu sesuai dengan ketentuan Google Bot.



Cara Kerja Web Crawler

Mustahil bagi search engine untuk mengetahui informasi yang relevan diantara sekian banyak website dan data yang tersebar di internet tanpa bantuan web Crawler. Web Crawler atau web spiders akan dikirimkan search engine untuk melakukan crawling(perayapan) dan mencari konten baru di internet.

Beragam konten yang bisa ditelusuri, misalnya halaman website, gambar, video, link dan lain sebagainya. Daftar URL yang web Crawler dapatkan dari aktivitas Crawling sebelumnya dan sitemaps sebuah website merupakan proses awal dimulainya Crawling. Sitemap merupakan kumpulan halaman website yang sudah terpublish dan bisa di akses oleh user dan search engine. Lewat sitemaps ini, web Crawler dapat melakukan proses Crawling secara cepat dan lebih terstruktur.

Lalu, berdasarkan kumpulan halaman website tadilah web Crawler akan melakukan Crawling ke link lain yang ada pada sitemap website kamu. Proses Ini akan terus berulang pada link selanjutnya dan akan tetap berjalan non-stop kecuali terdapat masalah pada sitemap dan website tersebut.

Lalu, bagaimana seandainya website kamu belum pernah terindeks di database search engine? Santai, kamu bisa juga meminta web Crawler untuk mengindex konten terbaru mu secara manual dengan memakai Google search console.



Indexing Sangat Penting Bagi Website

Website yang terindex sangat penting untuk meningkatkan penjualan suatu bisnis di mesin pencari. Jika suatu website tidak terindex, maka website yang dicari tidak akan ditampilkan di mesin pencari. Tidak akan ditampilkan di-page berapapun yang ada di pencarian google, bahkan jika kamu mencari website tersebut dengan kata kunci yang terperinci. 

Saat pertama kali memiliki website, penting sekali untuk mendaftarkannya di layanan mesin pencari seperti google search console. Semakin cepat kamu mendaftar, maka semakin cepat pula website kamu bisa terindex di mesin pencari. Meskinpun di beberapa kasus kamu tidak perlu mendaftarkan website untuk dapat diindex di mesin pencari. Tapi hal ini tentu membutuhkan waktu yang lebih lama.

Semakin cepat semakin bagus. Jika tidak terlihat di mesin pencari, maka tidak ada yang akan melihat produk yang kalian tawarkan. Crawling dan indexing website adalah hal yang utama, karena setiap waktu ada jutaan orang yang mencari informasi di mesin pencari. 



SEO dan Web Crawler


SEO adalah singkatan dari search engine optimization, yaitu cara atau metode untuk mengoptimalkan konten di mesin pencari. Untuk pembahasan SEO secara detail bisa kalian baca di artikel saya berikut ini.

⦿ Sejarah SEO dan dimulainya era google 'pagerank'
⦿ Cara Membuat Konten Website Berkualitas SEO dan Disukai Pembaca


SEO adalah tahapan setelah website kamu terindex dan dapat dicari di mesin pencari. Saat website kamu terindex di google atau mesin pencari apapun. Website kamu akan bertarung dengan banyak website lainnya untuk memperebutkan halaman pertama pencarian google. Saat pertama kali di index, tentu website yang kamu miliki tidak berada di urutan pertama. Maka disinilah peran SEO sangat dibutuhkan.

Menerapkan SEO secara optimal akan mendongkrak peringkat website kamu di mesin pencari. Semakin bagus, maka semakin mudah website kamu ditemukan. Netizen tidak perlu mencari website kamu di page berikutnya, dan ini sangat menguntungkan bagi website dan bisnis kamu ke depannya.


Ok, sekian artikel kita kali ini tentang apa itu web crawler, cara kerja dan apa pentingnya bagi website. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin dibahas, silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini. Atau bertanya langsung di kolom chat fanspage sahretech yang ada di bagian sidebar. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik