5 Cara Optimalisasi SEO on Page yang Efektif Buat Website Kamu

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. SEO yang optimal akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi pemilik website. Pasalnya, penerapan SEO yang optimal akan meningkatkan visibilitas website di mata mesin pencari, semakin optimal SEO yang diterapkan maka akan semakin mudah sebuah website ditemukan.


Website yang mudah ditemukan apalagi muncul di halaman pertama pencarian adalah bukti bahwa SEO yang kalian terapkan berhasil. Semakin jauh website kalian dari halaman pertama, maka akan semakin sulit website kalian mendapatkan engagment dari users. Users akan cenderung memilih website pada pencarian-pencarian awal, dan pada page selanjutnya sangat jarang user yang tertarik, bahkan hasil pencarian di halaman berikutnya tidak begitu relevan dengan pembahasan yang diinginkan oleh user.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mudah Membuat Pagination pada Laravel 8 read more
📰 2. Cara Membuat Fitur Login dan Registrasi pada Laravel 8 read more
📰 3. Cara Menggunakan Select2 dan Ajax agar Tidak Memberatkan Load Halaman read more


Trafik yang tinggi apalagi berasal dari pencarian organik adalah hal yang sangat diinginkan oleh semua pemilik website. Semakin besar trafik, maka akan semakin besar peluang user untuk membeli produk yang kalian tawarkan. Tapi sayangnya, membuat website SEO itu tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan konsistensi dalam menerapkannya. Bahkan beriklan saja tidak cukup, SEO tetap dibutuhkan untuk investasi jangka panjang. Iklan mungkin dapat menarik minat user, tapi jika website yang kalian bangun tidak SEO, mesin pencari tidak akan tertarik sama sekali.

SEO adalah ilmu yang sudah ada sejak lama, tapi tetap dibutuhkan dan dampaknya sangat luar biasa jika bisa diterapkan secara optimal. SEO bukanlah pilihan, tapi sebuah hal yang wajib diterapkan.  

Itulah sedikit pembuka dan manfaat dari SEO yang telah saya jelaskan pada paragraf di atas, maka daripada itu, di kesempatan kali ini saya akan mengulas cara optimalisasi SEO on page yang baik dan efektif untuk sebuah website.



1. Mencari Kata Kunci / Keyword

Keyword atau kata kunci adalah salah satu komponen penting di dalam ilmu SEO. Keyword atau kata kunci adalah sebuah kata atau susunan kalimat yang dicari oleh user pada search engine seperti google. Kemudian search engine akan memproses keyword tersebut dan menampilkan konten yang sesuai dengan apa yang diingkan oleh user.

Keyword atau kata kunci bisa kalian letakkan pada judul artikel, meta deskripsi, atribut gambar atau pada isi dari artikel yang kalian tulis. Dengan menghadirkan beberapa kalimat yang mengandung keyword atau kata kunci pada komponen artikel maka mesin pencari akan lebih mudah menemukan konten yang sesuai dengan maksud pengguna.

Kalian bisa menganalisa kata kunci atau keyword terbaik dengan beberapa cara. Pertama kalian bisa mengetikkan langsung keyword atau kata kunci di mesin pencari. Lalu lihatlah hasil atau total pencarian yang dihasilkan. Semakin besar total pencarian maka semakin besar kemungkinan website kalian mendapatkan trafik dari keyword atau kata kunci tersebut. Tapi semakin besar pencarian keyword maka akan semakin sulit pula untuk bersaing dengan website lainnya.

Cara kedua kalian bisa menggunakan tools yang ada di internet, seperti google trends, google keyword planner dan ubersuggest. Penggunaannya cukup mudah, misalnya dengan ubersuggest, kalian tinggal menargetkan langsung keyword yang diinginkan. Lalu ubersuggest akan menampilkan hasil pencariannya secara detail seperti total penelusuran, tingkat persaingan, penelusuran dalam waktu tertentu, dan beberapa website yang menggunakan keyword tersebut.

website ubersuggest
Website Ubersuggest




2. Menulis Artikel yang Bekualitas

Selain keyword, komponen penting lain dari website adalah konten. Kontenlah yang membuat sebuah website hidup, semakin banyak konten atau artikel yang dibuat maka semakin besar pula peluang sebuah website dapat dikunjungi. Semakin lengkap konten yang kalian punya di bandingkan dengan website lain maka semakin besar pula kemungkinan orang lain menemukan website kalian.

Tapi tidak hanya sekedear konten, konten yang dibuat haruslah berkualitas, tidak asal tulis atau hanya sekedar copy paste tulisan orang. Konten yang ditulis tidak harus memiliki bobot yang terlalu tinggi dibandingkan website orang lain, yang penting jelas, informatif, mudah dimengerti dan mengikuti kaedah-kaedah SEO.

Membuat tulisan atau konten yang berkualitas sejujurnya gampang-gampang sulit, gampang kalo sudah ada ide, tapi kalo kalian sudah pro, hal seperti ini bukan lagi hambatan. Semua tergantung dengan banyaknya tulisan yang kalian buat. Terkadang orang dapat menulis artikel dengan bahan seadanya, tapi artikel yang dibuat bisa lebih dari 500 kata. Intinya banyak-banyak nulis, semakin banyak nulis semakin banyak rangkaian kalimat indah yang kalian punya :).

Tips dari saya, sediakan satu hari khusus untuk membuat list artikel yang akan kalian tulis selama beberapa minggu atau beberapa bulan ke depan, dan setiap list tersebut sudah kalian cari pembahasan dan referensinya. Tidak perlu menulis artikel terlalu banyak dalam satu hari, cukup satu artikel tapi konsisten. Dengan tips ini pula kalian bisa memilih artikel mana yang paling mudah kalian tulis sehingga dapat meminimalisir satu hari tanpa artikel.


3. Memasang Internal Link

Internal link adalah link atau tautan yang mengarah ke halaman lain tetapi masih dalam satu website yang sama. Contohnya seperti related post. Hal seperti ini sangat membantu user dalam mencari pembahasan sejenis yang sedang ia butuhkan. Dengan menggunakan tips ini, maka user dapat bertahan lebih lama di website kalian. Dari segi UX(user experience) user merasa lebih nyaman, karena informasi yang ia butuhkan lebih mudah ditemukan.

Keuntungan lain dari ineternal link adalah untuk memudahkan mesin pencari melakukan crawling atau perayaapan terhadap situs atau website kalian. Untuk tips ke tiga ini tidak ada cara-cara khusus. Silahkan semakatkan 2-3 link aktif yang menuju ke website kalian di tengah postingan. Tambahkan konten terpopuler di sebelah kanan, lalu jangan lupa tambahakn related post di akhir postingan. Buatlah internal link sebaik mungkin, tapi jangan sampai membuat user terlalu risih sehigga mereka sulit memahami tulisan yang kalian buat.



4. Membuat Deskripsi Penelusuran atau Pencarian

Selanjuntya hal yang tidak kalah penting dan sangat mempengaruhi SEO adalah meta deskripsi, atau deskripsi pencarian. Saat melakukan pencarian, search engine akan menampilkan hasil yang sesuai dengan kata kunci yang kalian masukkan. Tiap list hasil pencarian akan menampilkan judul atau meta title dan deskripsi atau meta description. Contohnya seperti gambar berikut ini.

meta deskripsi pencarian
Meta description



Meta description atau deskripsi penelusuran terletak di bawah meta title. Berfungsi sebagai penjelas dan ringkasan dari sebuah postingan terkait. Jika kalian menggunakan wordpress, kalian dapat menggunakan plugin Yoast SEO. Kalian dapat menentukan sendiri meta title dan meta deskripsi sesuai yang diingnkan . 

Tapi seandainya kalian tidak menggunakan yoast SEO, kalian tetap dapat menambahkn meta deskripsi pilihan kalian sendiri dengan cara menambahkan script di bawah ini ke dalam mode visual html pada tiap artikelnya. Tenang saja, script yang ada di bawah ini tidak akan berpengaruh apapun terhadap tampilan website kalian, script di bawah ini nantinya akan dihide dan hanya dibaca oleh mesin pencari.

Meta title: <Title>Judul Website Kalian</title>
Meta Description: <Meta Content='deskripsi website kalian' Name='Description'/>
Meta Keyword: <Meta Content='keyword website kalian' Name='Keywords'/>



5. Optimalisasi Load Halaman Website

Tips terakhir adalah optimalisasi kecepatan website. Tips ini sangat penting tentunya, jika kita pikir secara logis, siapa yang mau mengunjungi website dengan load halaman yang terlalu lama?. Sayangnya tidak sedikit pemilik website mengabaikan hal ini, sehingga trafik mereka menurun secara drastis.

Website yang cepat akan memberikan kenyamanan yang lebih kepada pengguna, hal ini juga tidak menutup kemungkinan pengguna dapat kembali lagi ke website kita dalam waktu dekat. Dan dari sisi search engine pun hal ini tentu lebih baik dan dapat meningkatkan rangking pencarian. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya sebuah website di tampilkan. Semakin banyak komponen yang ditampilkan seperti gambar, video, warna, dan data maka akan semakin lama load halaman yang dibutuhkan. Jadi faktor tersebut adalah visual seperti gambar, atau video dan script yang tidak dibutuhkan. Tips dari saya adalah:
  1. Kompresi semua gambar yang terlalu besar, biasanya user ingin resolusi gambarnya HD, tapi dampaknya memperlambat halaman, gambar HD memang terlihat bagus, tapi bisa jadi ukurannya lebih besar dari halaman website itu sendiri, belum lagi jika gambar tersebut lebih dari satu. Lakukan kompresi gambar dengan menggunakan tools ini http://kraken.io/web-interface, atau gunakan plugin seperti wp smush untuk melakukan kompresi gambar pada wordpress.
  2. Hilangkan tampilan yang tidak dibutuhkan, seperti widget, fitur, iklan, atau video. Hilangkan juga script yang tidak diperlukan.

Sekian artikel singkat tentang 5 cara optimalisasi SEO on page yang efektif buat website kalian. Semoga bermanfaat. Jiak ada yang yang ingin ditanyakan, silahkan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel dan tutorial menarik lainnya di sahretech.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik