Apa itu Two Factor Authentication, Cara Kerja, Manfaat, dan Apa Pentingnya

Share:
Apa itu Two Factor Authentication, Cara Kerja, Manfaat, dan Apa Pentingnya
Dengan bertambahnya jumlah akun online dan jumlah jejak orang-orang di Internet, semakin banyak pula penjahat dunia maya bermunculan. Mereka mencari keuntungan dengan mencoba masuk ke sistem dengan berbagai cara. Mereka akan terus mencari celah dan tidak peduli siapa yang akan diserang.

Banyak cara yang bisa kita terapkan untuk menjaga akun tetap aman. Salah satunya adalah menggunakan otentikasi dua faktor atau yang dikenal dengan 2FA. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas apa itu otentikasi dua faktor, seberapa penting dan apa saja manfaatnya?. Ayo ikuti selengkapnya di bawah ini.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mengetahui Password Wifi di Windows Saat Lupa read more
📰 2. Cara Membuat Shortcut Keyboard atau Jalan Pintas Aplikasi di Windows 10 read more
📰 3. Cara Setting Kamera Hp Jadi Webcam Laptop atau Komputer di Windows 10 read more



Apa itu 2FA(Two Factor Authentication)?

2FA adalah salah satu fitur keamanan ekstra yang banyak digunakan saat ini. Tujuan 2FA adalah memverifikasi bahwa kalian benar-benar orang yang tepat untuk masuk ke akun kalian masing-masing.

Bayangkan saja, hanya dengan bermodalkan email dan password, siapapun bisa masuk tanpa harus memiliki data tambahan lainnya untuk memverifikasi bahwa orang ini berhak masuk ke sebuah akun.

Namun jika kalian menggunakan 2FA, sistem akan meminta lebih dari sekedar email dan password. Data tambahan ini dapat berbentuk pertanyaan rahasia, nomor pin, sidik jari, identifiaksi muka, bahkan suara. Inilah kenapa bisa disebut dengan two factor authentication. Yaitu ada 2 lapisan keamanan yang harus dilewati.



Cara Kerja 2FA 

Ada beberapa jenis 2FA yang bisa digunakan, namun jenis 2FA yang paling sering digunakan saat ini adalah autentikasi dengan menggunakan nomor telpon atau sms. Jadi cara kerjanya adalah:

1. Biasanya sebelum mengaktifkan 2FA kalian harus melakukan verifikasi dan melengkapi profil salah satunya adalah nomor telpon.

2. Setelah 2FA aktif, biasanya aplikasi akan mengirimkan kode token atau OTP ke nomor telpon yang telah didaftarkan sebelumnya. 2FA bisa aktif dimana saja, saat pertama kali login atau saat user ingin melakukan aktifitas tertentu seperti melakukan pembayaran.

3. Kalian akan menerima kode token atau OTP melalui sms.

4. copy dan paste kode token atau OTP tersebut ke dalam aplikasi sebelumnya.

5. Aplikasi akan melakukan verifikasi token OTP, apakah sesuai dengan data yang ada di database atau tidak.

6. Jika sesuai maka kalian bisa melakukan aktivitas di dalam aplikasi tersebut



Pentingnya Two Factor Authentication

Dalam beberapa tahun terakhir, ada beberapa platform yang melaporkan pelanggaran data dan kehilangan data pribadi penggunanya. Mengingat bahwa teknologi semakin berkembang jauh dari sebelumnya, kejahatan di dunia teknologi pun demikian, selalau ada cara baru untuk melakukan kejahatan. 

Jika sebuah perusahaan tetap bertahan dengan model keamanan tradisional, itu akan lebih rentan terhadap serangan dan ancaman eksternal. Sangat penting menerapkan keamanan ganda untuk menjaga data tetap aman. Karena setiap data yang dicuri, maka otomatis reputasi sebuah perusahaan akan berkurang, dan customer akan lari dan memlih platform yang lebih aman.

Jika hal ini terus terusan terjadi, maka sebuah perusahaan lambat laun akan menuju kehancuran, bahkan tidak hanya itu, perusahaan juga bisa dituntut karena lalai dalam menangani masalah keamanan yang berujung bocornya data pribadi pengguna.

Inilah pentingnya menerapkan keamanan ketat bagi sebuah sistem, salah satunya adalah dengan menggunakan 2FA atau otentikasi dua faktor. Keamanan data sangat berkaitan erat dengan repustasi perusahaan, semakin aman maka semakin dipecaya.



Manfaat Otentikasi Dua Faktor

Kata sandi adalah hal utama yang harus dijaga dan jangan sampai orang lain tahu tentang hal ini. Kata sandi menjadi pertahanan utama yang diperlukan untuk menjaga keamanan akun pribadi kalian, alasannya karena username atau email tidak tertutup seperti kata sandi dan siapapun bisa mengetahuinya.

Salah satu cara agar akun pribadi tetap aman adalah dengan membuat kata sandi yang kuat. Kata sandi yang kuat dapat terdiri dari angka, huruf besar, huruf kecil dan karakter. Namun sayang sekali, banyak orang lebih memilih menggunakan password yang rentan dengan alasan mudah diingat.

Maka tidak mengherankan bahwa kata sandi yang paling banyak digunakan pada tahun 2020 yang diperingkat oleh NordPass adalah '123456'. Akun yang menggunakan kata sandi itu telah dilanggar lebih dari 23 juta kali. Jelas saja, dengan kata sandi yang rentan seperti itu membuat banyak orang semakin mudah mengakses suatu akun. Apalagi hal ini bisa dilakukan siapapun tanpa keahlian komputer yang mendalam.

Namun jika kalian menggunakan fitur 2FA, Meski ada orang yang tahu tentang kata sandi kalian, mereka tetap tidak dapat masuk ke dalam akun. Mereka perlu mendapatkan data tambahan seperti kode OTP dan lain sebagainya.



Sekian artikel kali ini tentang Pembahasan Lengkap Apa itu Two Factor Authentication, Cara Kerja, Manfaat, dan Pentingnya. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan sampai jumpa.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik