Mengetahui Kesehatan & Masa Hidup Baterai di Windows 10

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Sebagai perangkat mobile (dapat dibawa kemana-mana), laptop menggunakan baterai sebagai media penyimpanan energi. Setiap laptop memiliki kapasitas penyimpanan yang bervariasi tergantung jenis dan merek dari laptop tersebut.


Seperti perangkat elektronik pada umumnya, laptop juga sering mengalami masalah pada baterai. Masa pakai baterai sebenarnya akan mengurangi kinerja baterai itu sendiri dari waktu ke waktu.Tentu hal ini tergantung pada siklus penggunaan laptop tersebut. 

Semakin intens digunakan, maka baterai laptop yang kalian miliki semakin cepat mencapai batas yang ditetapkan. Hal ini juga tidak lepas dari bagaimana kalian menggunakan baterai laptop tersebut, seperti mencharge baterai secara terus menerus atau menggunakan baterai dengan cara yang tidak wajar.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna Windows untuk mengetahui siklus pakai baterai laptop mereka. Dengan mengetahui hal ini kalian bisa menjaga baterai laptop yang kalian miliki agar tetap perform, dan kalian juga bisa mengetahui kapan harus mengganti baterai melalui statistik laporan yang diberikan.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mengetahui Password Wifi di Windows Saat Lupa read more
📰 2. Cara Membuat Shortcut Keyboard atau Jalan Pintas Aplikasi di Windows 10 read more
📰 3. Cara Setting Kamera Hp Jadi Webcam Laptop atau Komputer di Windows 10 read more

Pada artikel kali ini, saya akan berbagi tips kepada kalian bagaimana cara mengetahui kesehatan baterai laptop di windows 10. Penasaran?, ayo ikuti selengkapnya di bawah ini.

1. Buka program "Command Prompt", caranya buka start menu, lalu masukkan "CMD" di kolom pencarian. Lalu klik kanan → open untuk membuka program tersebut.

cara mengetahui kesehatan baterai laptop
Membuka CMD



2. Pada program cmd, silahkan ketik “powercfg/batteryreport” lalu tekan entar. Setelah dijalankan maka perintah tersebut akan membuat file HTML baru seperti ini "battery-report.html". Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti saja gambar di bawah ini.

cara mengetahui kondisi baterai laptop
Menjalankan perintah di CMD



3. Selanjutnya buka browser kalian, lalu masukan path yang di dapat dari hasil CMD sebelumnya pada address bar C:/Users/Acer/battery-report.html. Selanjutnya akan tampil halaman web seperti pada gambar yang ada di bawah ini.

cara mengetahui kondisi baterai laptop
Halaman battery report



Pada halaman ini kalian bisa melihat semua informasi terkait dengan baterai laptop yang kalian miliki, mulai dari estimasi masa baterai, history penggunaan baterai, manufaktur baterai, dsb.

1. Battery Life Estimates. Pada bagian ini kalian bisa tahu berapa lama batteray laptop kalian bisa digunakan.

battery life estimates
Battery life estimates


2. Battery Usage. Pada bagian ini kalian bisa melihat history penggunaan baterai laptop dan durasi pengisiannya dalam waktu 7 hari ke belakang.

Battery usage
Battery usage



3. Recent Usage. Adapun pada bagian ini kalian dapat melihat kapasitas baterai secara realtime.

recent usage
Recent usage




Dengan melihat laporan yang ditampilkan, kalian bisa mengambil tindakan, apakah baterai laptop kalian masih layak digunakan atau harus diganti secepat mungkin. Sekian artikel "cara mengetahui kesehatan dan masa hidup baterai di windows 10", semoga membantu, jika ada pertanyaan silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik