Membuat Ujian Online di Moodle

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara membuat quiz atau ujian online di platform e-learning moodle. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Di dalam moodle, ada fitur ujian online dan disebut sebagai quiz. Untuk membuat quiz pertama-tama kita perlu membuat course-nya terlebih dahulu. Jika kalian belum membuat course dan belum mengerti cara membuatnya silahkan ikuti tutorial yang telah saya siapkan berikut ini https://www.sahretech.com/2021/02/cara-mudah-dan-cepat-membuat-course.html.

Meski namanya quiz kalian bisa menyetingnya sebagai ujian harian, UTS, UAS atau jenis ujian lainnya. Dan di dalamnya terdapat berbagai fitur dan konfigurasi yang bisa kalian sesuaikan dengan tujuan quiz yang akan dibuat.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mudah dan Cepat Membuat Course pada Moodle read more
📰 2. Cara Mudah dan Cepat Menjadikan User Sebagai Pembuat Course di Moodle read more
📰 3. Cara Mudah dan Cepat Memasukkan Guru dan Murid dalam Course Moodle Komputer read more

Membuat Ujian Online di Moodle

Ada 2 tahap yang akan kalian kerjakan, yaitu membuat quiz atau induk dari soal-soal itu sendiri, dan yang kedua membuat soal-soal di dalamnya. Pembahasannya akan sedikit panjang, itu karena fitur ujian online yang sangat lengkap. Meski begitu, saya akan menjelaskannya secara betahap, mudah dan disertai dengan gambar.

1. Silahkan masuk sebagai pengajar atau pembuat course, lalu pilih salah satu course yang akan dibuat quiz di dalamnya.
2. Setelah masuk ke salah satu course yang dipilih, aktifkan mode ubah atau turn editing off di bagian sebelah kanan atas.

Cara membuat ujian online di moodle
Masuk ke course yang dipilih



3. Selanjtunya klik tambahkan sebuah aktivitas atau sumber/ add an activity or resource di bagian topik yang kalian pilih.

Cara membuat ujian online di moodle
Mengedit course pada topik yang dipilih



4. Kemudian akan muncul sebuah pop-up, lalu pilih quiz.

Cara membuat ujian online di moodle
Memilih aktivitas quiz



5. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman setting quiz. Silahkan isi judul dan deskripsi, dan klik tampilkan deskripsi di halaman kursus sebagai penjelasan tambahan.

Judul dan deskripsi quiz



6. Selanjuntya pada bagian timing, atur kapan quiz dimulai, berakhir, limit waktu pengerjaan quiz. Atau kalian bisa menonaktifkan timing agar quiz dapat dikerjakan kapan saja. Semua settingan adalah optional, untuk sekarang biarkan saja sesuai default

Cara membuat ujian online di moodle
Mengatur tgl mulia dai tanggal berakhir



7. Pada bagian grade atau nilai, kalian bisa menentukan nilai kelulusan quiz, batas percobaan menjawab atau batas mengulangi quiz dan metode penilaian. Semua settingan adalah optional, untuk sekarang biarkan saja sesuai default

Cara membuat ujian online di moodle
Mengatur nilai kelulusan



8. Kalian juga bisa mengatur, apa saja yang bisa dilihat oleh siswa setelah mereka mengerjakan quiz pada bagian review options. Semua settingan adalah optional, untuk sekarang biarkan saja sesuai default.

Cara membuat ujian online di moodle
Mengatur review option



Pada fitur dan bagian yang lainnya bisa kalian ekplorasi secara mandiri, seperti pembatasan akses, safe exam browser, penambahan password saat quiz pada bagian batasan extra, dan fitur-fitur lainnya.

9. Scroll ke bagian paling bawah, lalu klik simpan dan tampilkan.


Membuat Soal-soal Quiz

10. Kemudian kalian akan diarahkan ke halaman kuis seperti gambar di bawah ini, klik edit quiz untuk mulai menambahkan soal baru.

Cara membuat ujian online di moodle
Membuat soal quiz



11. klik menu add atau tambah di sebelah kanan layar, lalu pilih sebuah pertanyaan baru

Cara membuat ujian online di moodle
Membuat soal quiz



*Kalian juga dapat mengatur nilai tertinggi yang didapatkan siswa dengan menginputnya di sebelah kanan atas, lalu klik simpan untuk melakukan perubahan.

12. Pada dialog pop-up yang muncul, silahkan pilih jenis soal yang diinginkan, kali ini saya akan memilih soal pilihan ganda, lalu klik tambahkan

Cara membuat ujian online di moodle
Membuat soal pilihan ganda



13. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman pembuatan soal, pada kategori umum silahkan pilih kategori yang sesuai dengan judul quiz yang dibuat, lalu jangan lupa untuk mengisi hal yang wajib seperti nama soal, teks soal, dan tanda pengaturan awal. Ikuti instruksinya seperti gambar di bawah ini

Cara membuat ujian online di moodle
Membuat soal quiz pilihan ganda



14. Selanjutnya kalian bisa mengatur jawaban tunggal atau ganda, pilihan jawaban agar bisa diacak, dan penomoran pilihan. Semua settingan adalah optional, untuk sekarang biarkan saja sesuai default

Cara membuat ujian online di moodle
Aturan jawaban



15. Scroll ke bawah dan isi setiap pilihan jawaban. Isi pilih 1 dan seterusnya dengan jawaban. Lalu pada bagian nilai pilih 100% pada jawaban yang benar dan biarkan tidak ada pada jawaban yang salah

Cara membuat ujian online di moodle
Mengisi pilihan jawaban



16. Terakhir, silahkan scroll ke bagian paling bawah soal dan klik tombol simpan perubahan. Lalu kalian akan diarahkan ke halaman edit quiz kembali dan tampak soal yang kalian seperti gambar di bawah ini.

Cara membuat ujian online di moodle
Tampilan soal yang telah berhasil diinput



Karena kita tidak mengatur kapan tanggal quiz dimulai, maka quiz bisa langsung dikerjakan oleh siswa yang terdaftar di quiz tersebut. Tampilan saat quiz dikerjakan seperti gambar di bawah ini

Cara membuat ujian online di moodle
Saat quiz dikerjakan



Tampilan hasil quiz dengan nilai dan pembahasan saat quiz telah selesai dikerjakan, jadi kalian bisa langsung tahu.

Cara membuat ujian online di moodle
Result atau hasil quiz



Sekian tutorial cara membuat ujian online di moodle, semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa membantu kalian semua. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di turoral moodle lainnya.



No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik