Restful Api Laravel dan Sanctum #6: Menghapus Data dari Database

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada part ke-6 atau part terakhir dari tutorial restful api laravel dan sanctum, kali ini kita akan membuat fungsi delete data dengan token. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Ini adalah artikel ke-6 dari 6 artikel mengenail restful api laravel dan sanctum. Jika kalian belum melihat artikel sebelum-sebelumnya. Kalian bisa scroll ke bagian paling bawah artikel ini dan lihat daftar tutorial yang sama dengan tutorial kali ini. Sangat disarankan untuk mengikuti tutorial ini dari part-1, karena stiap part saling berkaitan dan akan membingunkan jika kalian memulainya dari part setelahnya.

Ok, di artikel sebelumnya kita sudah berhasil menampilkan data, input data baru, dan edit data. Satu lagi yang belum kita buat, yaitu membuat hapus data. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu membuat fungsi hapus, mendefinisikan route dan langsung di uji coba.


1. Membuat Fungsi Hapus Data

Silahkan buka project laravel-sanctum kalian. Lalu buka file UserController.php di dalan folder app/Http/Controllers, silahkan tambahkan script di bawah ini.
        

public function delete($id){     //mencari data sesuai $id     //$id diambil dari ujung url yang kita kirimkan dengan postman     $user = User::findOrFail($id);     // jika data berhasil didelete maka tampilkan pesan json     if($user->delete()){         return response([             'Berhasil Menghapus Data'         ]);     }else{         //response jika gagal menghapus         return response([             'Tidak Berhasil Menghapus Data'         ]);     } }

Saya juga sudah sertakan penjelas pada script di atas, setiap penjelas ditandai dengan double slash atau komentar. Jika masih kurang paham, silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini.



2. Membuat Route Hapus Data

Setelah selesai membuat fungsi delete data, selanjutnya kita perlu membuat routingnya. Route berfungsi untuk mengakses fungsi delete yang kita buat sebelumnya. Silahkan buka file api.php di dalam folder routes. Lalu tambahkan script di bawah ini.
        

Route::middleware('auth:sanctum')->delete('/user/delete/{id}', 'UserController@delete');

{id} adalah nomor unik, dimana setiap data yang kita hapus harus menggunakan id yang sesuai dengan data tersebut. Untuk mendapatkan id, kalian bisa lihat lagsung di database laravel_sanctum pada tabel users.



3. Uji Coba Hapus Data

Saatnya kita uji coba mamang!, terlebih dahulu kalian harus jalankan perintah php artisan serve dan hidupkan xampp servicenya. Seperti biasa, ada 2 step yang akan kita lakukan pada tahap uji coba ini. Pertama mengambil tokennya, yang kedua melakukan hapus data.

Pertama: Buka aplikasi postman. Lalu masukkan url: http://127.0.01:8000/api/login, kemudian gantilah methodnya menjadi POST, lalu klik tab body dan masukkan email dan password yang kalian dapatkan dari database. Lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.

membuat restful api laravel dan sanctum
Login dan Mengenerate token



Kedua: Buka tab request baru, lalu masukkan url http://127.0.01:8000/api/user/delete/id, gantilah id dengan angka yang sesuai dengan kolom id pada tabel users. Ganti methodnya menjadi DELETE, Kemudian klik tab headers lalu tambahkan key: Authorization dengan value: Bearer + token(token didapat dari request sebelumnya). Lalu tambahkan key: Accept dengan value: application/json. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

membuat restful api laravel dan sanctum
Uji Coba hapus data





Jika berhasil, maka response yang akan ditampilkan adalah "Berhasil Menghapus Data". Silahkan untuk mengecek langsung di database, apakah data tersebut sudah terhapus.


Sekian tutorial keenam tentang restful api laravel dan sanctum. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat. Jika ada masalah atau kendala saat implementasi, silahkan langsung tanyakan di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial pemrograman seru lainnya.


Tutorial Dalam Satu Seri yang Sama ✨
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #1: Install Laravel dan Insert Data User read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #2: Install Sanctum dan Uji Coba Login read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #3: Menampilkan Data dari Database read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #4: Input Data ke Dalam Database read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #5: Update Data ke Database read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #6: Menghapus Data dari Database read more

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik