Restful Api Laravel dan Sanctum #4: Input Data ke Dalam Database

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Melanjutkan tutorial pemrogrman laravel dan sanctum sebelumnya, di part ke-4 ini kita akan mencoba mengisi data ke dalam database dengan menggunakan token. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Artikel ini adalah artikel ke-4 dari 6 artikel tutorial restful api laravel dan sanctum. Jika kalian belum mengikuti artikel sebelumnya, silahkan klik tautan berikut ini untuk mengikuti https://www.sahretech.com/2021/02/restful-api-laravel-dan-sanctum-3.html. Disarankan membaca seri tutorial ini dari awal, karena setiap part saling berkaitan satu dengan yang lainnya, sehingga akan menyulitkan pembelajaran jika kalian mulai dari part-part setelahnya.

Pada part ke-4 ini kita akan melanjutkan pembahasan restful api laravel dan sanctum. Dimana kita akan mulai mencoba memasukkan data dengan menggunakan postman nantinya. Setiap data yang diinput nanti akan diotorisasi menggunakan token. Token akan diperoleh setiap user berhasil login nantinya.


1. Membuat Fungsi Tambah User

Buka file UserController.php di dalam folder app/Http/Controllers. Lalu tambahkan use hash dan fungsi store di bawah ini di dalam file tersebut.
        

use Illuminate\Support\Facades\Hash; //tambah dibagian atas ... public function store(Request $request){     // membuat validasi semua field wajib diisi     // email harus format email dan unik     // password minimal 8 karakter     $validasi = $request->validate([         'name' => 'required',         'email' => 'required|email|unique:users',         'password' => 'required|min:8'     ]);     //melakukan insert data     $users = new User;     $users->name = $request->name;     $users->email = $request->email;     //password di-hash agar tidak terbaca     $users->password = Hash::make($request->password);     //jika berhasil maka simpan data dengan methode $post->save()     if($users->save()){         return response()->json( 'Post Berhasil Disimpan');     }else{         return response()->json('Post Gagal Disimpan');     } }



2. Membuat Route Tambah User

Selanjutnya, untuk dapat mengakses fungsi store di dalam UserController.php kita perlu mendefinisikan route baru di dalam file api.php. Silahkan buka file api.php di dalam folder routes, lalu tambahkan script di bawah ini.
        

Route::middleware('auth:sanctum')->post('/user/store', 'UserController@store');




3. Uji Coba Input Data

Kita akan mulai uji coba input data ke dalam database. Silahkan jalankan perintah php artisan serve terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk menghidupkan xampp service-nya juga. 

Pertama: Kita akan mencoba mendapatkan token api-nya terlebih dahulu. Silahkan buka aplikasi postman, dan buka tab baru. Masukkan url http://127.0.01:8000/api/login, kemudian gantilah methodnya menjadi POST. Kemudian klik tab Body lalu masukkan email dan password yang didapatkan dari database.

membuat restful api laravel dan sanctum
Logind dan generate token otentikasi



Kedua: Setelah berhasil mendapatkan token api. Selanjutnya bukalah tab request, lalu masukkan url http://127.0.01:8000/api/user/store. Lalu gantilah methodnya menjadi POST, Kemudian klik tab headers lalu tambahkan key: Authorization dengan value: Bearer + token(token didapat dari request sebelumnya). Lalu tambahkan key: Accept dengan value: application/json

membuat restful api laravel dan sanctum
Uji coba memasukkan data






Buka tab body, lalu pilih form-data, lalu isi name, email, dan password. Jika sudah selesai klik send untuk mengirim data. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

membuat restful api laravel dan sanctum
Uji coba memasukkan data ke database



Jika berhasil maka akan tampil tulisan "Post Berhasil Disimpan". Dan silahkan cek data yang kalian masukkan ke dalam database, maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

membuat restful api laravel dan sanctum
Record yang masuk ke database



Sekian tutorial keempat tentang restful api laravel dan sanctum. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada kendala saat belajar, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Jangan lupa juga ikuti tutorial restful api laravel dan sanctum di part-part lainnya. 😀


Tutorial Dalam Satu Seri yang Sama ✨
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #1: Install Laravel dan Insert Data User read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #2: Install Sanctum dan Uji Coba Login read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #3: Menampilkan Data dari Database read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #4: Input Data ke Dalam Database read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #5: Update Data ke Database read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #6: Menghapus Data dari Database read more

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi