Restful Api Laravel dan Sanctum #5: Update Data ke Database

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Melanjutkan tutorial sebelumnya, pada par ke-5 kali ini kita akan melakukan update data yang sebelumnya sudah kita input pada tutorial sebelumnya. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Artikel ini adalah artikel ke-5 dari 6 artikel yang saya tulis mengenai restful api laravel dan sanctum. Jika kalian belum mengikuti tutorial sebelumnya, silahkan kunjungi link berikut ini https://www.sahretech.com/2021/02/restful-api-laravel-dan-sanctum-4-inpu.html. Sangat disarankan mengiktui seri tutorial ini dari part ke-1. Karena setiap part saling berkaitan dengan part-part lainnya.

Ok, kali ini kita akan membuat update data yang sudah kita masukkan ke dalam database. Cara update datanya sama dengan menampilkan dan input data ke dalam database, yaitu dengan mengirimkan data parameter dan token autentikasi.


1. Membuat Fungsi Update User

Bukalah file UserController.php, lalu tambahkan script berikut ini di bawah public function store(Request $request){ ... }.
    
        

public function update($id, Request $request){     // membuat validasi semua field wajib diisi     // email harus format email dan unik     // password minimal 8 karakter     $validasi = $request->validate([         'name' => 'required',         'email' => 'required|email|unique:users',         'password' => 'required|min:8'     ]);     //melakukan update data berdasarkan id     $users = User::find($id);     $users->name = $request->name;     $users->email = $request->email;     //password di-hash agar tidak terbaca     $users->password = Hash::make($request->password);     //jika berhasil maka simpan data dengan method $post->save()     if($users->save()){         return response()->json( 'Post Berhasil Disimpan');     }else{         return response()->json('Post Gagal Disimpan');     } }

Saya juga sudah sertakan penjelas di bagian atas scriptnya dengan tanda double slash atau tanda komentar. Jika ada kendala, seperti sulit dipahami silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di  bawah ini.



2. Membuat Route Update User

Setelah selesai membuat fungsi update pada file UserController.php selanjutnya kita perlu mendefinisikan route baru agar fungsi yang kita buat sebelumnya dapat diakses lewat url. Silahkan buka file api.php di dalam folder routes lalu tambahkan script di bawah ini.
        

Route::middleware('auth:sanctum')->post('/user/update/{id}', 'UserController@update');

{id} sebagai primary key(bersifat unik), menentukan data mana yang akan diedit. Kalian bisa melihat langsung setiap id user dengan masuk ke tabel users, atau menggunakan postman.



3. Uji Coba Input Data

Saatnya kita mulai uji coba, silahkan jalankan perintah php artisan serve dan hidupkan xampp service terlebih dahulu. Ada 2 step yang akan kita lakukan pada tahap uji coba berukut ini, pertama login dan mengambil token, yang kedua melakukan update data.

Pertama: Buka aplikasi postman. Lalu masukkan url: http://127.0.01:8000/api/login, kemudian gantilah methodnya menjadi POST, lalu klik tab body dan masukkan email dan password yang kalian dapatkan dari database. Lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya

membuat restful api laravel dan sanctum
Login dan mengambil token api



Kedua:  Buka tab request baru, lalu masukkan url http://127.0.01:8000/api/user/update/id, gantilah id dengan angka yang sesuai dengan kolom id pada tabel users. Ganti methodnya menjadi POST, Kemudian klik tab headers lalu tambahkan key: Authorization dengan value: Bearer + token(token didapat dari request sebelumnya). Lalu tambahkan key: Accept dengan value: application/json. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.
membuat restful api laravel dan sanctum
Uji coba update data




Buka tab body yang berada di sebelah tab Headers, lalu pilih form-data, lalu isi name, email, dan password. Jika sudah selesai klik send untuk mengirim data. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

membuat restful api laravel dan sanctum
Uji coba edit data




Jika berhasil maka response yang akan ditampilkan adalah "Post Berhasil Disimpan". Silahkan cek langsung ke dalam database untuk melihat perubahan yang telah kalian lakukan sebelumnya.


Sekian tutorial kelima tentang restful api laravel dan sanctum. Semoga tutorial kali ini bermanfaat, jika ada masalah saat implementasi, silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini dan ayo kita diskusikan bersama. Jangan lupa juga ikuti tutorial resftul api laravel dan sanctum di part lainnya.


Tutorial Dalam Satu Seri yang Sama ✨
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #1: Install Laravel dan Insert Data User read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #2: Install Sanctum dan Uji Coba Login read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #3: Menampilkan Data dari Database read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #4: Input Data ke Dalam Database read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #5: Update Data ke Database read more
📰 Restful Api Laravel dan Sanctum #6: Menghapus Data dari Database read more

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik