Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #3: Menampilkan Data dari Database

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah setelah kita belajar bagaimana cara membuat insert data ke database dengan rest api. Kali ini kita akan menampilkan datanya. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Ini adalah tutorial rest api laravel part ketiga dari 6 part yang saya buat, jika kalian belum melihat part sebelumnya silahkan klik link berikut ini https://www.sahretech.com/2021/01/membuat-rest-api-dengan-laravel-7-2.html. Sangat disarankan untuk memulai pembelajaan dari part 1. Pembahasan dipecah menjad 6 bagian agar lebih mudah dipelajari dan tentunya biar kalian gak cepet bosen dan muntah 😫😵.


1. Membuat Fungsi Tampil Data

Karena kita sudah membuat PostController pada tutorial sebelumnya, sekarang kita tinggal tambah fungsi untuk menampilkan datanya saja. Buka file PostController.php di dalam folder app/Http/Controllers lalu tambahkan script di bawah ini, di bawah public function store(Request $request){...}

 
    

public function index(){     // mengambil data dari tabel posts dan menyimpannya pada variabel $posts     $posts = Post::all();     return response([         $posts     ]); }


Penjelasan:

Post::all() digunakan untuk mengambil data dan disimpan di dalam variabel $posts, lalu hasilnya kita tampilkan dalam bentuk json.

Penjelasan tambahan juga sudah saya selipkan pada script di atas. Jika masih ada yang membingunkan silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini.



2. Membuat Routing

Selanjutnya kita akan membuat routing agar fungsi index di atas bisa diakses, bukalah file api.php di dalam folder resources lalu tambahkan script di bawah ini.
        

Route::get('/post', 'PostController@index');


3. Testing dengan Menggunakan Postman

Nah sekarang saatnya kita uji coba, buka aplikasi postman. Jika belum punya silahkan download di link berikut ini https://www.postman.com/downloads. Lalu lakukan instalasi seperti biasa.

Jangan lupa untuk menghidupkan mysql service pada xampp control panel. Dan jangan lupa untuk menjalankan perintah php artisan serve.

Setelah apliaksi postman terbuka, silahkan akses urlnya di http://127.0.0.1:8000/api/post lalu ubah methodnya menjadi get, tidak perlu mengisi field apapun, kemudian klik tombol send. Lihat gambar di bawah ini untuk instruksi jelasnya.

Uji Coba menampilkan data



Ok sekian tutorial series ketiga kali ini mengenai rest api dengan laravel 7. Semoga bermanfaat dan jika ada kendala silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Ayo semangat nerusin artikel selanjutnya. Dan jangan lupa mampir ke artikel keren lainnya ya 😀


Tutorial Dalam Satu Seri yang Sama ✨
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #1: Instalasi dan Konfigurasi Awal read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #2: Insert Data ke Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #3: Menampilkan Data dari Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #4: Menampilkan Detail Data dari Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #5: Update Data ke Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #6: Menghapus Data dari Database read more

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi