Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #2: Insert Data ke Database

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah setelah kita melakukan instalasi dan konfigurasi awal pada tutorial part 1 sekarang saatnya kita mulai membuat rest api. Ayo ikuti pembahasannya berikut ini



Ini adalah tutorial rest api laravel part kedua dari 6 part yang saya buat, jika kalian belum melihat part sebelumnya silahkan klik link berikut ini https://www.sahretech.com/2021/01/membuat-rest-api-dengan-laravel-7-1.html. Sangat disarankan untuk memulai pembelajaan dari part 1. Pembahasan dipecah menjad 6 bagian agar lebih mudah dipelajari dan tentunya biar kalian gak cepet bosen dan muntah 😫😵.


1. Membuat PostController

Buka terminal atau cmd, lalu masuk ke folder project kalian masing-masing. Jalankan perintah di bawah ini untuk membuat sebuh post controller
        

php artisan make:controller PostController

Setelah perintah di atas berhasil dijalankan, maka sebuah file baru dengan nama PostController.php otomatis dibuat dalam folder app/Http/Controllers


2. Membuat Fungsi Storing Data

Selanjutnya, bukalah file PostController.php yang berada di dalam folder app/Http/Controllers. Lalu ganti isi file tersebut dengan script yang ada di bawah ini.
        

<?php namespace App\Http\Controllers; use Illuminate\Http\Request; use App\Post; //import post model use Illuminate\Support\Facades\Validator; //import validator class PostController extends Controller { public function store(Request $request){         // membuat validasi semua field wajib diisi         $validasi = Validator::make($request->all(), [             'judul' => 'required',             'isi' => 'required',             'penulis' => 'required'         ]);         //jika validasi gagal maka kirim pesan error         if($validasi->fails()){             //mengembalikan pesan error dengan menggunakan json             return response()->json( $validasi->errors() );         }else{             //melakukan insert data             $post = new Post;             $post->judul = $request->judul;             $post->isi = $request->isi;             $post->penulis = $request->penulis;             //jika berhasil maka simpan data dengan methode $post->save()             if($post->save()){                 return response()->json( 'Post Berhasil Disimpan');             }else{                 return response()->json('Post Gagal Disimpan');             }         }     } }

Penjelasan:

public function store(...) adalah fungsi yang akan kita panggil saat diuji coba nanti. Request $request adalah data inputan yang akan kita proses. $validator::make($request->all(), [...]) berfungsi untuk memvalidasi inputan yang masuk. $validasi->fails() digunakan jika ada validasi yang error, kita simpan di dalam if(...). return response()->json(...) digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk json. $post = new Post digunakan untuk menginisiisasi model Post. $post->title = $request->title memasukkan data inputan. $post->save() untuk menyimpan data ke dalam database

Penjelasan tambahan juga sudah saya selipkan pada script di atas. Jika masih ada yang membingunkan silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini.



3. Membuat Routing

Selanjutnya kita akan membuat routing, routing berfungsi agar fungsi store yang kita buat dapat diakses urlnya. Buka file api.php di dalam folder routes lalu tambahkan satu route baru dengan script yang ada di bawah ini.
        

Route::post('/post/store', 'PostController@store');

Jika kalian ingin melihat daftar route yang telah dibuat. Jalankan perintah php artisan route:list untuk melihat semua list yang ada.


4. Uji Coba Rest Api dengan Postman

Nah sekarang saatnya kita uji coba, buka aplikasi postman. Jika belum punya silahkan download di link berikut ini https://www.postman.com/downloads. Lalu lakukan instalasi seperti biasa.

Jangan lupa untuk menghidupkan mysql service pada xampp control panel. Dan jangan lupa untuk menjalankan perintah php artisan serve.

Setelah apliaksi postman terbuka, silahkan akses urlnya di http://127.0.0.1:8000/api/post/store lalu ubah methodnya menjadi post, gunakan form-data pada tab body. Lalu isi field judul, isi dan penulis. Lihat gambar di bawah ini untuk instruksi jelasnya.

Membuat restful api sahretech
Uji Coba Insert Data dengan Postman

Jika muncul tulisan "Post Berhasil Disimpan" artinya insert data kalian berhasil dilakukan, silahkan cek tabel posts pada database laravel_restful untuk meliha hasilnya.

Ok sekian tutorial series kedua kali ini mengenai rest api dengan laravel 7. Semoga bermanfaat dan jika ada kendala silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Ayo semangat nerusin artikel selanjutnya. Dan jangan lupa mampir ke artikel keren lainnya ya 😀


Tutorial Dalam Satu Seri yang Sama ✨
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #1: Instalasi dan Konfigurasi Awal read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #2: Insert Data ke Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #3: Menampilkan Data dari Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #4: Menampilkan Detail Data dari Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #5: Update Data ke Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #6: Menghapus Data dari Database read more

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik