Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #1: Instalasi & Konfigurasi Awal

Share:

Halo semuanya kembali lagi di sahretech, baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara membuat rest api pada laravel. Dimana tutorial kali ini akan dibahas dalam 6 artikel yang akan saling berkaitan. Ayo ikuti pembahasannya berikut ini.


Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, saya jelaskan terlebih dahulu project dan alur yang akan kita pelajari pada tutorial series kali ini. Tutorial series kali ini membahas tentang cara membuat rest api bagi pemula dimana akan dibahas dalam 6 artikel. Menggunakan laravel 7 dan menggunakan aplikasi postman untuk pengujian rest api yang kita buat, jadi tidak ada tampilan front-endnya.

Disarankan untuk mengikuti dari awal, karena 6 artikel yang dibuat saling berkaitan. Pemecahan artikel menjadi 6 bagian ditujukan untuk kemudahan dalam memahami step by step project yang dibuat dan biar kalian juga gak cepet bosen 😑 dan muntah 😵. Disarankan juga sudah memahami dasar-dasar laravel dan CRUD-nya. Meski begitu saya akan berusaha untuk mengulasnya semudah mungkin, agar pemula juga bisa mengikutinya.


1. Install Laravel

Install laravel dengan menjalankan perintah di bawah ini dengan mengunakan cmd atau terminal. Untuk lokasi folder bebas kalian tentukan sendiri.


composer create-project --prefer-dist laravel/laravel:^7.0 laravel-restful

Silahkan tunggu instalasinya hingga selesai. kemudian masuk ke dalam project dengan menjalankan perintah cd laravel-restful lalu jalankan perintah php artisan serve untuk menjalankan server local. Buka browser lalu akses http://127.0.0.1:8000/. Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini

membuat restful api sahretech
Berhasil instalasi laravel



2. Membuat Database dan Setting .env

Buka http://localhost/phpmyadmin dan buatlah sebuah database baru dengan nama laravel-restful. Kemudian buka kembali project kalian, lalu buka file .env dan ubahlah settingannya seperti di bawah ini


DB_CONNECTION=mysql DB_HOST=127.0.0.1 DB_PORT=3306 DB_DATABASE=laravel_restful DB_USERNAME=root DB_PASSWORD=

Jalankan perintah php artisan config:cache agar tidak error saat menjalankan database dan agar setting file .env kalian menjadi yang terbaru.



3. Membuat Model dan Migration

Jalankan perintah di bawah ini untuk membuat model post dan migration secara bersamaan.


php artisan make:model
Post -m

Sekarang silahkan buka 2021_01_31_010413_create_posts_table.php di dalam folder database/migrations lalu gantilah isi public function up() dengan script di bawah ini.

    

public function up() {     Schema::create('posts', function (Blueprint $table) {         $table->bigIncrements('id');         $table->string('judul');         $table->text('isi');         $table->string('penulis');         $table->timestamps();     }); }

Lalu jalankan perintah php artisan migrate untuk membuat tabel baru di dalam database. Jika berhasil dijalankan silahkan masuk ke dalam database kalian dan lihat ada beberapa tabel yang otomatis berhasil dibuat.

laravel restful api sahretech
Tabel yang berhasil dimigrate



Ok sekian tutorial series pertama kali ini mengenai rest api dengan laravel 7. Semoga bermanfaat dan jika ada kendala, silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama.  Ayo semangat terusin artikel selanjuntya. Dan jangan lupa mampir ke artikel lainnya ya 😀.


Tutorial Dalam Satu Seri yang Sama ✨
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #1: Instalasi dan Konfigurasi Awal read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #2: Insert Data ke Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #3: Menampilkan Data dari Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #4: Menampilkan Detail Data dari Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #5: Update Data ke Database read more
📰 Membuat Rest Api dengan Laravel 7 #6: Menghapus Data dari Database read more

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik