Ciri-ciri Tautan Berbahaya yang Harus Kalian Waspadai

Share:

Gambar oleh Werner Moser dari Pixabay

Seorang peneliti perusahaan cyber security bernama victor chebyshev mengungkapkan bahwa media sosial dan aplikasi pesan instan lainnya yang banyak digunakan saat ini seperti whatsapp, telegram, atau signal relatif aman karena setiap pesan yang dikirim dienkripsi sehingga saat terjadi pembobolan oleh pihak luar maka pihak luar akan sulit membaca pesan tersebut.


Victor chebyshev juga menyarankan agar pengguna mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut hanya dari sumber terpercaya seperti google play store misalnya, dan juga pahami dengan seksama perjanjian dan kebijakan yang dibuat oleh perusahaan aplikasi. Perhatikan juga permintaan akses yang dibuat oleh aplikasi, seperti aplikasi kalkulator yang meminta akses ke kontak kalian. Jelas hal ini tidak perlu dilakukan dan malah membahayakan.

Hal lain yang juga perlu dicermati oleh pengguna adalah jangan mengikuti tautan yang mencurigakan yang sumbernya tidak jelas atau terkadang meminta sandi atau password kalian. Hal ini sering sekali terjadi, dan sudah diluar kendali dari perusahaan aplikasi yang kalian pakai. Tautan tersebut terkadang sangat menggiurkan tapi isinya adalah penipuan. Hal seperti ini perlu diwaspadai dan dicurigai karena terkadang banyak orang yang tidak memperhatikan dengan seksama apa yang mereka buka.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Membuat Keamanan Ganda di Akun Instagram dengan Google Authenticator read more
📰 2. Tiga Film Bertemakan Pemrograman Komputer dari Kisah Nyata yang Wajib Ditonton Programmer read more
📰 3. Cara Mengunci Dokumen Berharga Kalian di Microsoft Office read more


Ciri-ciri Tautan yang Mencurigakan

1. Domain yang Digunakan Tidak Jelas, Terkadang Tidak Profesional

Hal ini sering terjadi, misalnya website resminya adalah facebook.com tapi tautan tersebut adalah facebook.xyz, facebook.wordpress.com, facebook.blogspot.com atau tautan yang sangat berebeda dari aslinya. Jika kalian menemukan tautan seperti ini, ini adalah phising alias penipuan, jangan dishare, diklik, atau jangan mengisi data apapun. Ingat!, penipu tidak akan pernah bisa menyamai link aslinya. Link tiap website adalah unik dan tidak bisa diduplikat.

Tapi jika kalian menemukan tautan facebook.com/profile tidak masalah, karena /profile adalah bagian dari facebook.com kecuali kalian menemukan tautan facebook.xyz/profile.

2. Tampilan Website Tidak Jelas, Terkadang Buruk dan Tidak Profesional

Tampilan atau desainnya sangat buruk. Informasi yang disajikan tidak jelas dan tidak lengkap. Terkadang juga menampilkan gambar polisi, surat resmi, atau testimoni. Hal seperti ini jangan langsung dipercaya, bahkan gambar polisi dan surat resmi tidak pernah diperlihatkan di website apapun.

3. Meminta Anda Memasukkan Data Sensitif Seperti KTP, Alamat, Username dan Password

Jangan berikan data sensitif kalian kecuali di halaman login resmi milik aplikasi yang bersangkutan. Bahkan pihak ketiga pun tidak berhak meminta data sensitif seperti ktp, username dan password kalian. Jika kalian merasa ragu asli atau palsu, kembali lagi ke poin pertama dimana alamat tautan harus jelas dan sesuai dengan aslinya. 

4. Website Tidak Menggunakan Https

Ini sering terjadi, cara ceknya mudah sekali. Biasanya ada tulisna not secure di sebelah link yang kalian masukkan. Ditambah lagi jika kalian memaksa memasukkan https di depan tautannya maka akan muncul tulisan privacy error dan browser akan menyarankan kalian untuk tidak membuka tautan tersebut.


Jika Website sangat mirip dengan aslinya, poin terakhir sangat penting untuk kalian baca. Dimana bisa jadi 4 poin di atas tidak kalian temukan dan website yang kalian buka sangat mirip dengan website resminya. Waspadai hal ini caranya:

1. Tautan atau alamat website resmi tidak sama dengan yang palsu. Contoh: facebook.xyz, facebook.blogspot.com, facebook.wordpress.com dan sebagainya. Ingat!, penipu tidak akan pernah bisa menyamai link aslinya. Link tiap website adalah unik dan tidak bisa diduplikat.

2. Perhatikan kontak yang bisa dihubungi, biasanya alamat emailnya tidak jelas. Alamat email, nomor telpon, bahkan alamat lokasinnya tidak akan sama dengan customer service aplikasi asli yang berkaitan. Karena mereka tidak akan berani untuk menggunakan hal tersebut apalagi untuk menipu orang lain.

3. Buka website resmi dan website palsunya, lalu sandingkan dan cari kedua perbedaan tersebut. Setiap yang palsu pasti punya perbedaan dengan yang aslinya. Entah ukuran logo, jenis font tulisan, warna dan sebagainya.


Jika kalian menemukan hal-hal yang mencurigakan silahkan tanyakan di forum atau grup terkait atau hubungi langsung customer service perusahaan aplikasi yang sebenarnya.

Sekian artikel tentang ciri-ciri tautan berbahaya yang harus kalian waspadai. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk kalian semua. Apabila ada yang ingin kalian tanyankan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di artikel keren lainnya.




No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik