Cara Membuat Keamanan Ganda di Akun Instagram dengan Google Authenticator

Share:

Cara Membuat Keamanan Ganda di Akun Instagram dengan Google Authenticator. Assalamualaikum.. Keamanan data sangatlah penting untuk dijaga, tapi sayangnya banyak sekali orang yang mengabaikan masalah ini. Kebanyakan orang menganggap password yang panjang dan sulit ditebak sudah mewakili keamanan akun tersebut.

Padahal tidak, karena sejujurnya hacker tidak masuk dengan menebak username dan password kita. Bisa saja mereka mencuri data dengan melakukan spamming yang mengharuskan kita mengisi data diri kita, atau melakukan injeksi langsung ke database, atau menggunakan teknik-teknik tertentu yang saya juga belum tahu, tapi kali ini saya akan berbagi tips & trick untuk lebih aman dalam menggunakan instagram. Berikut ini cara menabah keamanan pada akun instagram kita dengan google authenticator.





Apa itu Google Authenticator ?

Diambil dari wikipedia, google authenticator adalah autentikator berbasis perangkat lunak yang mengimplementasikan layanan verifikasi 2 langkah menggunakan algoritma sandi satu kali berbasis waktu dan algoritma sandi satu kali berbasis HMAC untuk mengautentikasi aplikasi seluler.

Jadi intinya kita akan menambahkan satu langkah lagi setelah kita berhasil login ke akun instagram kita. Setelah berhasil login, instagram akan meminta kita untuk memasukkan nomor. yang mana nomor ini nantinya diciptakan oleh google authenticator setiap 30 detik sekali.

Cara Menggunakan Google Authenticator pada Instagram

  • 1. Download aplikasi authenticator untuk android "Download", lalu install aplikasi seperti biasa.
  • 2. Kemudian masuk ke akun instagram kalian, buka pengaturan > buka keamanan > pilih autentikasi 2 faktor

menyalakan autentikasi 2 faktor
Menyalakan autentikasi 2 faktor

  • 3. lalu switch ke samping untuk menghidupkan aplikasi autentikasi > klik tombol selanjutnya > dan anda akan dialihkan ke aplikasi google authenticator dengan popup seperti gambar di bawah ini, lalu tekan ok
google authenticator
Google authenticator 

  • 4. Tekan lama pada pada gambar yang bertanda kotak merah, fungsinya adalah untuk mencopy nomor di dalamnya. Dan perlu diketahui, setiap 30 detik sekali nomor ini akan berubah. Sehingga kita harus cepat dalam memindahkannya
copy dari code authenticator
copy code dari google authenticator

  • 5. Setelah dicopy, masuk ke instagram kembali, kalian akan diminta untuk memasukkan 6 kode digit yang dibuat oleh aplikasi autentikasi. Tekan lama saja untuk mempastekan kode tadi. Lalu klik selanjutnya.
masukan kode authenticator
Masukan kode authenticator


Sampai disini anda sudah berhasil menerapkan autentikasi 2 langkah  di akun instagram anda. Selanjutnya setiap kali kita login dari aplikasi, instagram akan melakukan verifikasi 2 langkah yaitu login seperti biasa dan autentikasi. Berikut ini tutorial singkat dalam bentuk gif


Yang Harus Diperhatikan

  • Pertama : Instagram juga akan memberikan kode pemulihan akun. Kode ini bisa kita gunakan saat ponsel kita hilang atau ponsel tidak sedang bersama kita. Simpan kode tersebut di tempat yang aman. Dan instaagram juga memberikan batasan kalo setiap kode hanya dapat digunakan sekali saja.

  • Kedua : Hal kedua yang harus diperhatikan juga adalah, saat anda menghapus autentikasi di google authenticator, maka instagram nantinya akan tetap meminta anda untuk memasukan kode 6 digit. Perlu diperhatikan dan harus berhati-hati, jika ingin menghapus autentikasi dari google authenticator pastikan teman-teman telah menyimpan kode yang diberikan oleh instagram untuk akun pemulihan atau non-aktifkan terlebih dahulu verifikasi 2 faktor yang ada di instagram lalu hapus auntentikasi pada google authenticator.

Sekian tips & trick cara membuat keamanan ganda di akun isntragram dengan google authenticator. Mudah-mudahan tulisan singkat ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Pertanyaan, kritik, dan saran bisa ditinggalkan di kolom komentar di bawah ini.


No comments