Tiga Film Bertemakan Pemrograman Komputer dari Kisah Nyata yang Wajib Ditonton Programmer

Share:
Tiga Film Bertemakan Pemrograman Komputer dari Kisah Nyata yang Wajib Ditonton Programmer. Halo semuanya jumpa lagi di sahretech. Sebenarnya film bertemakan komputer sangat banyak, tapi saya pilih 3 film yang menurut saya seru dan memotivasi kalian semua. jadi, bagi kalian yang lagi bosen belajar ngoding coba ditonton ketiga film ini, mudah-mudahan semangat ngoding kalian balik lagi. Ok, tidak perlu berlama-lama langsung saja kita bahas filmnya satu persatu.




Pirates of Sillicon Valley

Emang sih ini filmnya jadul tapi kalo kamu emang anak IT gak bakalan ngebosenin deh. Di dalam film ini, menceritakan 2 Orang Mahasiswa yang drop out dari 2 Univeristas yang berbeda. Yaitu si Bill Gates dan Steve Jobs. Di dalam film ini tidak hanya menceritakan kisah perjuangan mereka berdua dalam membangun bisnis komputer saja, tapi juga menceritakan bagaimana mereka saling mencuri untuk menentukan siapa yang paling inovatif di antara mereka.

pirates of silicon valley
Bill Gates dan Steve Jobs dalam film Pirates Of Silicon Valley


Banyak adegan yang menurut saya bener-bener epic, salah satunya adalah adegan di akhir film ini. Dimana Steve Jobs sangat marah kepada Bill Gates, karena Bill Gates telah membuat produk tiruan yang mirip dengan Apple dan memasarkannya dengan merek Microsoft. Adegan epic-nya adalah saat Bill Gates membalas Steve dengan perumpamaan yang hebat. Intinya Bill Gates mengatakan:

"Kau dan aku memiliki tetangga yang kaya raya(yang dimaksud adalah Xerox), yang mebiarkan pintunya selalu terbuka sepanjang waktu. Lalu kau masuk ke dalamnya untuk mencuri perangkat televisinya, hanya saja ketika kau sampai disana, kau mendapati aku yang pertama disana"

Tidak hanya adegan-adegan yang menarik, banyak juga perkataan-perkataan bijak yang diselipkan di film ini. Meski jadul, saya yakin film ini tetap seru bagi anak-anak IT, banyak pelajaran yang bisa diambil. Tidak hanya motivasi tapi juga sejarah yang benar-benar nyata adanya. 

Source: businessinsider.com

Saya tidak bisa menceritakan banyak hal tentang film ini, karena saya ingin kalian menontonnya langsung, banyak sekali kisah Bill Gates dan Steve Jobs yang belum banyak diketahui orang, apalagi perseteruan yang terjadi di antara mereka. 




The Imitation game

Film ini latar belakangnya aja yang jadul tapi filmnya baru dibikin tahun 2014. Yang main pasti kalian kenal, yaitu si Doctor Strange, nama aslinya Benedict Cumberbatch. Disini dia nggak berperan jadi penyihir tapi menjadi seorang professor matematika yang akhirnya menjadi pahlawan dalam perang dunia kedua. Berlatar belakang tentang perang dunia kedua, cerita film ini jelas lebih jauh dari film sebelumnya, jauh sebelum komputer ada, tapi menjadi cikal bakal komputer dan artifical intelligence pertama di dunia. Berikut sedikit ulasannya.



Selama perang dunia kedua, salah satu rahasia kemenangan Jerman adalah karena alat komunikasi canggih mereka yang benama enigma, semua informasi masuk dan keluar dari alat ini, terenkripsi dengan sangat aman karena memiliki algoritma yang sangat kompleks. Bagi kalian yang mau tahu tentang enigma saya sudah membuat artikel khusus tentang mesin ini https://www.sahretech.com/2017/07/mengenal-mesin-enigma.html

Lokasi kapal perang, konvoi, pesawat terbang, dan jadwal penyerbuan akan dikirmkan oleh tentara-tentara nazi dengan alat ini. Sehingga mendekripsikan informasi yang ada didalamnya menjadi salah satu solusi untuk memenangkan perang dunia kedua yang telah menelan jutaan jiwa. Alan Turing(Benedict Cumberbatch) dan bersama rekan-rekannyalah yang akan memecahkan kebutuan ini dengan membuat sebuah alat yang benarnama Christopher. Alat ini menjadi komputer dan kecerdasan buatan pertama yang dapat menguraikan pesan-pesan terenkripsi nazi menjadi informasi yang bisa dibaca.

Source: Movieclips Trailers


Kisah ini nyata dan kalian bisa mencarinya di google dengan nama Enigma atau Alan Turing. Para ahli juga mengatakan bahwa perang dunia kedua, 2 tahun lebih cepat selesai berkat ditemukannya alat pemecah sandi enigma. Dan sekali lagi, kalo kalian anak IT film-film seperti ini nggak bakalan ngebosenin, meski ngomongnya susah dimengerti tapi alur cerita yang kuat, motivasi, semangat dan perjuangan mereka dalam mengalahkan Jerman di perang dunia kedua harus kalian tahu. Lu kan anak IT, masa' nggak tahu. 




Snowden

Kalian suka konspirasi?, atau agen mata-mata?, kalo kalian suka wajib nonton film ini. Film ini rilis tahun 2016 mencertikan seorang mantan karyawan CIA yang membocorkan agenda dan program rahasia NSA(Nastional Security Agency) kepada The Guardian dan The Washington Post pada tahun 2013.

FilmSnowden
Film Snowden


Beritanya menajadi viral, dan Snowden langsung dicari oleh Amerika karena telah mengkhianati negaranya sendiri. Snowden membocorkan banyak dokumen dan program rahasia NSA karena dia menilai pemerintah Amerika telah berlebihan dalam mengambil data dan informasi dari pengguna internet dan telekomunikasi dunia. Jadi ceritanya negara Amerika ini nggak cuma mata-matain warganya sendiri tapi juga seluruh pengguna internet di dunia.

Salah satu adegan mata-matanya adalah saat Snowden diperlihatkan temannya bagaimana mereka bisa mengambil data pengguna bahkan saat webcam tidak menyala. Di kehidupan nyata, banyak yang menganggap Snowden adalah pahlawan tapi tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa Snowden adalah pengkhianat negara. 

Berita ini memang sempat heboh, karena kenyataannya pelanggaran hak privasi pengguna internet tidak hanya di lakukan Amerika secara internal tapi juga eksternal dan menjangkau seluruh pengguna internet dunia.  Amerika juga tidak tanggung-tanggung menyadap dan mencoba mengakses data-data yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Verizon, Facebook, Microsoft, Yahoo dan masih banyak lagi.

Source: Open Road Films


Kalo ngomongin masalah filmnya ada satu adegan yang sangat saya suka, saat dimana Snowden mencoba mengambil data rahasia dan memindahkannya ke dalam micro SD, lalu mengelabui petugas keamanan dengan mencoba meminjamkan rubik yang dia bawa bersama micro SD yang disembunyikan di dalamnya. Cara ini berhasil mengelabui petugas agar tidak ikut diperiksa oleh sensor metal, dan tentunya ini menjadi scene yang luar biasa bagi saya.

Bagi kalian yang penasaran dengan ceritanya atau malah penasaran dengan program mata-mata NSA, langsung seraching aja di google, banyak artikel yang mengulas tentang ini, saya tidak bisa kasih banyak informasi, karena saya mau kalian langsung nonton aja filmnya. Dan Sekali lagi, Lu kan anak IT masa' konspirasi kayak gini nggak tau, Ayo buruan nonton! 


Itulah Tiga Film Bertemakan Pemrograman Komputer dari Kisah Nyata yang Wajib Ditonton Programmer. Lebih dan kuranngnya saya mohon maaf, kalo ada kritik, saran, pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini, Sampai jumpa di artikel seru selanjutnya :)





No comments