Cara Memperbaiki Gambar Thumbnail Tidak Muncul di Windows

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan trick cara mengatasi gambar thumbnail tidak muncul di windows, di bawah ini adalah contoh gambar masalah yang terjadi pada windows saya sebelumnya.

gambar thumbnail tidak muncul sahretech
Gambar thumbnail tidak muncul


Jika masalah kalian seperti gambar di atas, maka artikel kali ini mudah-mudahan dapat membantu menyelesaikan masalah kalian. Berikut ada beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi masalah gambar thumbnail tidak muncul di windows. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Cara Memperbaiki Gambar Thumbnail Tidak Muncul di Windows

Ada 2 Kemungkinan kenapa masalah ini bisa terjadi, pertama: setting di windows kalian tidak membuat gambar thumbnail dimunculkan. Kedua: setting sudah sesuai tetapi laptop atau komputer kalian butuh dibersihkan agar kembali normal. Baik masalah pertama atau kedua, cara-cara berikut ini bisa kalian terapkan.


1. Gambar Thumbnail Tidak Muncul Dalam mode List

Gambar thumbnail biasanya hanya muncul jika kalian mengurutkan gambar dalam bentuk large thumbnails, untuk membuat tampilan data menjadi large thumbnails kalian bisa mengklik icon gambar yang ada di bagian pojok kanan bawah layar. Seperti gambar berikut ini.

sahretech
Tampilan list atau large thumbnails


Gambar otomatis akan muncul dalam mode large thumbnails. Tapi jika masalah masih terjadi, coba kalian rubah mode tampilannya menjadi list atau large thumbnails selama beberapa kali untuk merefresh dan memicu halaman agar gambar dimunculkan kembali. Jika masalah masih terjadi, coba ikuti tips yang kedua.


2. Memperbaiki Konfigurasi Icon dan Thumbnails Windows

Buka file explorer options, kalian bisa dengan mudah menemukannnya dengan menggunakan fitur pencarian yang ada di windows. Setelah terbuka maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini

Jendela explorer option



Kemudian buka tab views lalu pada bagian Files and Folders, hilangkan centang pada always show icons, never thumbnails. Tapi jika centang sudah hilang sebelumnya coba untuk mencentangnya terlebih dahulu lalu menghilangkan centangnya kembali, setelah itu klik apply untuk menerapkan, lalu klik ok.

Konfigruasi icon di windows



Selanjutnya, buka system dengan menggunakan fitur pencarian yang ada di windows, lalu klik advanced system settings. Setelah muncul, buka tab advanced lalu klik tombol settings yang ada di bagian performance




Terakhir, buka tab visual effects, kemudian cari show thumbnails instead of icons lalu klik centang, tapi jika sebelumnya sudah tercentang coba hilangkan centang terlebih dahulu lalu centang kembali, kemudian klik apply untuk menerapkan dan klik ok





Mudah-mudahan cara di atas dapat menyelesaikan masalah kalian, tapi jika masalah masih terjadi, kemungkinan besar kalian harus menghapus cache yang ada di komputer kalian. Ikuti tipsnya berikut ini.


3. Membersihkan Cache Icon Windows

Gunakan aplikasi ccleaner untuk menghapus cache icon. Buka aplikasi ccleaner lalu buka menu custom cleaner, lalu buka tab windows, pada bagian windows explorer pastikan thumbnail cache tercentang, klik analyze untuk menganalisa dan klik tombol run cleaner untuk membersihkan

Menghapus cache icon dengan ccleaner




Semoga cara terakhir ini dapat membantu menghilangkan masalah yang terjadi pada laptop atau pc kalian. Sekian tutorial cara memperbaiki gambar thumbnail tidak muncul di windows. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian semua. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial menarik lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik