Cara Membuat Partisi Harddisk/SSD di Komputer Windows 10

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial singakat cara mempartisi harddisk atau SSD di laptop atau komputer windows 10. Ayo ikuti tutorial selengkapnya berikut ini.



Salah satu fungsi dari partisi di laptop atau komputer adalah agar data tidak tercampur dengan system dan aplikasi yang terinstall, hal ini juga bermanfaat untuk mengamankan data penting jika suatu saat system yang ada pada suatu partisi laptop kalian error atau terkena virus.


Cara Mempartisi Harddisk atau SSD Windows 10

1. Pertama buka this pc terlebih dahulu, this pc bisa kalian cari dengan mudah di kotak pencarian windows.
2. Pada icon this pc yang muncul, silahkan kalian klik kanan lalu pilih manage
3. Sebuah jendela baru akan muncul, lalu pilih storage → disk management yang terdapat di sebelah kiri jendela
4. Pada tutorial kali ini saya akan mempartisi harddisk new volume (D:), kalian juga bebas memilih partisi apa yang akan dipecah menjadi partisi lain, tinggal lihat ukuran dari partisi tersebut saja. Jika ukurannya besar dan memungkinkan untuk dipartisi lagi silahkan saja.

sahretech
Partisi harddisk/SSD



5. Klik kanan pada partisi new volume (D:) lalu pilih shrink volume. Pada kotak popup yang muncul, perhatikan size of available shrink space in MB, itu adalah jumlah maksimal yang bisa dipecah. Selanjuntya isi Enter amount of space to shrink in MB sesuai dengan yang kalian inginkan.

sahretech
Partisi Harddisk/SSD



6. Kemudian akan muncul sebuah Unallocation partition berwarna hitam dengan ukuran size yang telah kita masukkan sebelumnya. Silahkan klik kanan pada unallocation partition lalu pilih new simple volume

sahretech
Partisi Harddisk/SSD



7. Klik next-next saja pada jendela popup yang muncul, jika kalian ingin memberi nama pada partisi yang kalian buat silahkan mengisi volume label sesuai nama yang diinginkan. Terakhir klik finish, maka sebuah partisi baru akan terlihat di pc atau kompter kalian 

sahretech
Hasil akhir dari partisi




Cara Menghapus Partisi

Jika kalian ingin menghapus partisi, silahkan pilih partisi terlebih dahulu lalu klik kanan dan pilih delete volume. Kemudian partisi tersebut akan kembali menjadi unallocation partition.
Tapi kalian perlu berhati-hati, karena saat suatu partisi dihapus maka data di dalamnya juga akan dihapus.Sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu agar data kalian aman.

Cara Menggabungkan Partisi yang Telah Dihapus

Partisi yang telah dihapus akan berubah menjadi unallocation partition, maka artinya ada memory yang tidak terpakai dan tidak akan dipakai, untuk itu kita perlu menggabungkannya kembali dengan partisi aktif lainnya, caranya: klik kanan pada partisi new volume (D:) atau partisi yang membaginya lalu klik kanan dan pilih extend volume dan klik next-next pada jendela popup yang muncul


Sekian tutorial cara membuat partisi pada harddisk atau ssd komputer windows 10, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Kurang lebihnya saya mohon maaf, dan apabila ada yang ingin ditanyakan terkait dengan artikel di atas silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah ini, dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial keren lainnya.

No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik