Cara Mengatasi Fatal Error Maximum execution time of 30 seconds exceeded di XAMPP

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan yang berbahagia kali ini saya akan berbagi tips cara mengatasi error pada xampp, yaitu error maximum execution time of 30 seconds. Bagaimana cara mengatasinya?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini!.



Error maximum execution time of 30 seconds..... adalah error pada xampp yang terjadi karena komputer terlalu lama memproses script php yang kalian jalankan. Biasanya terjadi pada komputer dengan spesifikasi rendah, jika kalian refresh ulang atau komputer dalam kondisi baik, error in tidak akan terjadi.

Contohnya banyak sekali, seperti saat instalasi plugin pada wordpress local. Wordpress akan memunculkan pesan error ini jika waktu eksekusi terlalu lama. Error seperti ini tidak hanya ada di wordpress saja, biasanya cms populer lainnya sperti opencart, moodle, magento akan mengeluarkan pesan error yang sama. Dan error seperti ini sangat jarang terjadi saat kalian ngoding, karena biasanya script yang diproses tidak terlalu rumit.

Meski bisa diatasi dengan me-refresh ulang, masalah seperti ini akan berulang kembali. Tapi tenang, jika kalian mendapatkan masalah seperti ini dan kondisi kantong kalian sedang tidak memungkinkan untuk upgrade komputer. Kalian bisa merubah settingan xamppnya.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mengetahui Password Wifi di Windows Saat Lupa read more
📰 2. Cara Membuat Shortcut Keyboard atau Jalan Pintas Aplikasi di Windows 10 read more
📰 3. Cara Setting Kamera Hp Jadi Webcam Laptop atau Komputer di Windows 10 read more


Cara Mengatasi Error Maximum Execution time ...

1. Buka file php.ini di dalam folder xampp/php. Semua settingan php berada di dalam file ini.

mengatasi error xampp
Mengatasi error pada xampp



2. Atau bisa kalian akses langsung dari xampp control panel, caranya klik tombol config, lalu pilih php.ini.

mengatasi error pada xampp
Mengatasi error xampp



3. Setelah file php.ini terbuka, silahkan cari max_execution_time, untuk mempermudah pencarian silahakn gunakan kunci ctrl + f

4. 30 artinya 30 detik, itu adalah angka default setting yang diberikan oleh xampp. Tambahkan angkanya agar waktu eksekusi program menjadi lebih lama atau ubah angkanya menjadi 0 agar tidak ada batasan eksekusi program

mengatasi error xampp
Mengatasi error xampp



5. Kemudian save file php.ini, dan silahkan restart apache jika kalian sebelumnya menghidupkan sevice ini. Hasilnya bisa kalian coba ke program php kalian sebelumnya atau cari program php yang sepertinya berat untuk dieksekusi.

Oh iya, sedikit tips agar komputer kalian bisa maksimal meski dengan spesifikasi rendah. Yaitu dengan menghapus aplikasi dan file yang tidak perlu, menghapus sampah dengan aplikasi ccleaner, dan jika kalian punya sedikit budget silahkan untuk mempertimbangkan menambah kapasitas ram dan ssd. 

Sekian tips dan trick cara mengatasi fatal error maximum execution time of 30 seconds exceeded di xampp. Semoga artikel singkat ini bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial keren lainnya.


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik