Hapus Data Dari Database Mysql Dengan PHP

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara menghapus data yang ada di database mysql dengan menggunakan PHP. Ayo ikuti selengkapnya di bawah ini.


Sebelumnya kita sudah mempelajari cara create, read, dan update data. Untuk melengkapi tutorial kita tentang CRUD saya akan membuat tutorial delete data ke database. Berikut ini link tutorial sebelumnya jika kalian belum baca.

  1. Menampilkan Data dari Database Mysql dengan PHP
  2. Memasukan Data ke Dalam Database Mysql dengan PHP
  3. Edit dan Update Data ke Dalam Database Mysql dan PHP

Saya sarankan untuk membaca tutorial cara menampilkan data dari database mysql dengan php. Dan lebih bagus lagi jika kalian membaca tiga tutorial sebelumnya yang saya bahas. Tutorial kali ini sangat simpel, ayo baca selengkapnya di bawah ini.



Buat File Hapus

Masuk ke folder htdocs, lalu masuk lagi ke folder mahasiswa. Lalu buatlah sebuah file baru dengan nama hapus.php. Lalu copy script di bawah ini dan paste ke dalam file tersebut.


<?php //membuat koneksi $koneksi = new mysqli("localhost","root","","latihan"); //mengambil id yang ingin diedit $id = $_GET['id']; //menghapus data dari database $get = mysqli_query($koneksi, "delete from mahasiswa where id='$id'"); //setelah proses hapus selesai, kembali ke halaman depan header("location: index.php"); ?>

Save file di atas, lalu silahkan akses melalui browser → ketik http://localhost/mahasiswa dan hasilnya bisa kalian lihat di bawah ini.

Hapus Data Dari Database Mysql Dengan PHP
Hasil Akhir





Sekian tutorial kita kali ini tentang cara hapus data dari database mysql dengan php. Semoga tutorial singkat kali ini membantu dan jangan lupa share dan comment jika kalian suka tutorial ini. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi