Menampilkan Data dari Database Mysql dengan PHP

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara menampilkan data dari database mysql dengan php. Ayo ikuti pembahasan lengkapnya di bawah ini.


CRUD

CRUD adalah singkatan dari create, read, delete, dan update. Yaitu fungsi dasar dalam aktivitas aplikasi, bagi yang ingin belajar pemrograman pastinya hal inilah yang pertama harus dipelajari. Create artinya aktivitas input data ke database, Read artinya aktivitas menampilkan data dari database, Update artinya aktivitas memperbarui data dari database, dan Delete adalah aktivitas menghapus data dari database. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara menampilkan data dari database dengan menggunakan xampp, ikuti pembahasan lengkapnya di bawah ini.


Install Xampp

1. Pertama, download dan install xampp di link berikut ini https://www.apachefriends.org/download.html. Pilih sesuai degan sistem operasi yang kalian pakai. Lakukan instalasi seperti aplikasi pada umumnya

xampp sahretech
Download dan Install Xampp



2. Setelah proses instalasi selesai buka aplikasi xampp dan hidupkan apache web service dan mysql service seperti gambar di bawah ini.

Menjalankan Apache dan Mysql Xampp Sahretech
Menjalankan Apache dan Mysql



Buat Database dan Table

1. Buka browser → ketik http://localhost/phpmyadmin → klik new → klik create untuk membuat database dengan nama latihan. Ikuti seperti gambar di bawah ini.

Membuat Database


2. Kemudian masuk ke database latihan dan buat sebuah tabel baru dengan nama mahasiswa dan kolom-kolomnya seperti gambar di bawah ini. Kemudian scroll ke bawah dan klik tombol save untuk membuat tabel baru.

Membuat Tabel


3. Setelah tabel berhasil dibuat, selanjutnya masukan beberapa data ke dalam tabel agar nanti ada datanya saat ditampilkan dalam bentuk tabel. Caranya pilih database latihan → pilih tabel mahasiswa → klik tombol insert → masukan beberapa data → kemudian scroll ke bawah dan klik go untuk menyimpan.

Input Data ke Database

Data yang Berhasil Diinput



Buat Folder Baru di Htdocs

Masuk ke folder htdocs, folder ini biasa terletak di C:/xampp. Buatlah sebuah folder baru dengan nama mahasiswa


Buat File index.php

1. Buatlah sebuah file baru dengan nama index.php di dalam folder mahasiswa. Dan edit isinya seperti script yang ada di bawah ini.



<!DOCTYPE html> <html lang="en"> <head> <meta charset="UTF-8"> <meta http-equiv="X-UA-Compatible" content="IE=edge"> <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0"> <title>Document</title> <link href="https://cdn.jsdelivr.net/npm/bootstrap@5.1.3/dist/css/bootstrap.min.css" rel="stylesheet" integrity="sha384-1BmE4kWBq78iYhFldvKuhfTAU6auU8tT94WrHftjDbrCEXSU1oBoqyl2QvZ6jIW3" crossorigin="anonymous"> </head> <body> <?php //membuat koneksi ke database $koneksi = new mysqli("localhost","root","","latihan"); ?> <div class="container"> <br> <h4>LATIHAN MENAMPILKAN DATA DARI DATABASE DENGAN TABEL</h4> <!-- membuat tulisan --> <!-- membuat table --> <table class="table table-striped" border="1"> <tr> <td>Nomor</td> <td>Nama</td> <td>jenis Kelamin</td> <td>Alamat</td> <td>Prodi</td> <td>Edit</td> <td>Hapus</td> </tr> <?php //mengambil data dari database $get = mysqli_query($koneksi, "select * from mahasiswa"); //membuat variabel nomor $no = 1; //menampilkan data dengan cara perulangan while($data = mysqli_fetch_array($get)){ ?> <tr> <td><?php echo $no++; ?></td> <td><?php echo $data['nama']; ?></td> <td><?php echo $data['jk']; ?></td> <td><?php echo $data['alamat']; ?></td> <td><?php echo $data['prodi']; ?></td> <!-- tombol untuk edit dan hapus --> <td> <a href="edit.php?id=<?php echo $data['id']; ?>"> ✏️ </a> </td> <td> <a href="hapus.php?id=<?php echo $data['id']; ?>"></a> </td> </tr> <?php } ?> </table> </div> </body> </html>


Setelah semua step di atas sudah kita kerjakan, saatnya kita lakukan uji coba. Untuk melihat hasilnya buka browser lalu ketik http://localhost/mahasiswa. Jika berhasil maka tampilannya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Hasil Akhir
Hasil Akhir


1 comment:

  1. buatin juga donk mas caranya agar file crud php ini dapat berjalan di wordpress

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi