Memasukan Data ke Dalam Database Mysql dengan PHP

Share:
Memasukan Data ke Dalam Database Mysql dengan PHP

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara insert data ke dalam database mysql dengan php. Ayo ikuti pembahasan lengkapnya di bawah ini.


Setelah sebelumnya kita sudah membuat cara menampilkan data dari database mysql dengan php pada artikel ini https://www.sahretech.com/2023/04/menampilkan-data-dari-database-mysql.html. Selanjutnya kita akan membuat inputan data ke dalam database. Hal yang akan kita buat kali ini adalah 2 file php. Pertama untuk menampilkan form dan kedua untuk proses input data. Tapi untuk mengikuti artikel ini kalian disarankan untuk mengikuti artikel sebelumnya.




Buat File Form

Masuk ke folder htdocs, lalu masuk lagi ke folder mahasiswa. Lalu buatlah sebuah file baru dengan nama form.php


<!DOCTYPE html> <html lang="en"> <head> <meta charset="UTF-8"> <meta http-equiv="X-UA-Compatible" content="IE=edge"> <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0"> <title>Document</title> <link href="https://cdn.jsdelivr.net/npm/bootstrap@5.1.3/dist/css/bootstrap.min.css" rel="stylesheet" integrity="sha384-1BmE4kWBq78iYhFldvKuhfTAU6auU8tT94WrHftjDbrCEXSU1oBoqyl2QvZ6jIW3" crossorigin="anonymous"> </head> <body> <div class="container"> <br> <h2>LATIHAN MEMASUKAN DATA KE DATABASE DENGAN PHP</h2> <a href="index.php">Tampilkan Data</a> <div class="card"> <div class="card-body"> <form method="POST" action="input.php"> <label>Nama</label> <!-- 1. script di bawah ini untuk membuat form input text 2. class="form-control" digunakan untuk mempercantik tampilan form dengan bootstrap 3. placeholder="Nama" digunakan untuk menampilkan text di dalam form input 4. name="nama" digunakan sebagai parameter untuk mengirim data ke file input.php untuk diproses 5. required artinya form wajib diisi --> <input type="text" class="form-control" placeholder="Nama" name="nama" required> <!-- <br> digunakan untuk memberikan spasi/jarak atas dan bawah --> <br> <label>Prodi</label> <!-- 1. script di bawah untuk membuat form select. Biasa digunakan untuk jawaban yang sudah pasti dan memiliki beberapa pilihan 2. <option>....</option> digunakan untuk menampilkan semua jawaban untuk dipilih --> <select name="jk" name="jk" class="form-select" required> <option>Laki-laki</option> <option>Perempuan</option> </select> <br> <label>Alamat</label> <!-- 1. script di bawah ini digunakan untuk membuat form dengan inputan yang banyak contohnya: untuk input alamat. 2. rows="5" digunakan untuk lebar form --> <textarea name="alamat" rows="5" name="alamat" class="form-control" placeholder="Alamat" required></textarea> <br> <label>Prodi</label> <select name="prodi" name="prodi" class="form-select" required> <option>TRBU</option> <option>MBU</option> <option>PPKP</option> </select> <br> <!-- 1. script di bawah ini digunakan untuk menampilkan button. 2. button berfungsi untuk mengkonfirmasi untuk mengirim data yang kita input sebelumnya --> <button class="btn btn-primary"> Submit </button> </form> </div> </div> </div> </body> </html>


Akses file di atas dengan membuka browser → ketik http://localhost/mahasiswa/form.php. Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Form
Tampilan Form




Buat File Proses Input

Buatlah satu buah file baru di dalam folder mahasiswa dengan nama input.php. File ini jika dijalankan tidak memiliki tampilan apapun. Tapi berfungsi untuk proses memasukan data ke dalam database.


<?php //1. membuat koneksi ke database //2. localhost adalah nama host //3. root adalah nama user //4. "" adalah password, jika hanya "" artinya tidak ada password //5. latihan adalah nama database $koneksi = new mysqli("localhost","root","","latihan"); //1. mengambil data yang telah kita input sebelumnya melalui form //2. data disimpan dalam variabel $nama = $_POST['nama']; $jk = $_POST['jk']; $alamat = $_POST['alamat']; $prodi = $_POST['prodi']; //1. proses memasukan data ke dalam tabel //2. berikut adalah format untuk insert data ke tabel mahasiswa //3. $koneksi adalah variabel yang berisi data koneksi ke database yang dibaut sebelumnya //4. insert into dan seterusnya jika diartikan = masukan data ke dalam tabel set //nama, jk, alamat, prodi mysqli_query($koneksi, "insert into mahasiswa set nama='$nama', jk='$jk', alamat='$alamat', prodi='$prodi'"); //setelah proses di atas, kembali ke halaman form header("location: form.php"); ?>


Ok jika semua file di atas sudah kita buat, selanjutnya kita tinggal melakukan uji coba. Tapi sebelum itu kalian harus sudah mengikuti tutorial sebelumnya di link berikut ini https://www.sahretech.com/2023/04/menampilkan-data-dari-database-mysql.html. Karena jika tidak mengikuti titorial sebelumnya kalian akan menemui error.

Silahkan buka browser kembali dan ketik ketik http://localhost/mahasiswa/form.php. Kemudian coba untuk memasukan beberapa data ke dalam database dengan menginputkan data melalui form.

Input Data ke Mysql
Hasil Akhir




Jika berhasil maka data akan bertambah di dalam database mysql. dan data juga akan ditampilkan di halaman index.php yang sudah kita buat sebelumnya. Ok sekian tutorial kita kali ini, semoga bermanfaat jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi