Pengertian File Komputer, Jenis dan Fungsinya Masing-masing

Share:
Pengertian File Komputer, Jenis dan Fungsinya Masing-masing
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang pengertian file komputer, jenis dan fungsi setiap filenya masing-masing. Penasaran?, ayo ikuti selengkapnya berikut ini.

Apa itu File Komputer

Apa sih yang dimaksud dengan file? file memiliki arti yaitu sekelompok data dan informasi yang saling berkaitan dan juga disimpan dalam penyimpanan sekunder seperti harddrive. file juga dapat diartikan sebagai data yang diarsipkan atau disimpan di dalam komputer. Dan dalam bahasa Indonesia, file komputer bisa kita sebut dengan berkas komputer.

Setiap file biasanya dinamai secara unik untuk membedakannya dengan file-file lainnya. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa sebuah file terdiri dari data atau informasi yang saling berkaitan di dalamnya. Maka jika sebuah file di eksekusi dengan program tertentu maka akan memberikan aksi tertentu. Contohnya file gambar, file gambar jika dibuka dengan aplikasi pemuat gambar maka akan menampilkan efek visual yang dapat dilihat dengan mata.

Selain nama, file juga dibedakan berdasarkan ekstensinya masing-masing. Ekstensi file itu sendiri adalah tanda yang digunakan untuk membedakan satu jenis file dengan jenis file lainnya, apakah file tersebut adalah gambar, video, atau text. Sebagai contoh, file video mempunyai ekstensi mpeg, Avi, mp4, wmv dll, sedangkan file berbentuk gambar akan mempunyai ekstensi jpg, gif, png dan lain sebagainya.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mudah Membuat File Manager pada Laravel read more
📰 2. Cara Upload Website ke Hosting Gratis dengan Github Pages read more
📰 3. Aplikasi LMS Terbaik dan Terpopuler Buat Belajar Online Sekolah dan Kampus read more


Jenis-Jenis File pada Komputer dan Fungsi-fungsinya

Berdasarkan pengertian file di atas, jelas bahwa kata file ini identik pada bidang komputerisasi. Sekarang kita akan membahas tentang jenis-jenis file yang ada di komputer, terutama yang berdasarkan pada format file nya :


1. File System

Sys , com, bak, bat, TMP, apk, dan exe adalah beberapa contoh ekstensi yang ada dalam file system. Artinya masih ada ekstensi file system lainnya. Fungsinya adalah untuk mengoperasikan program di dalam komputer sesuai dengan kegunaannya dan juga menjalankan beragam aplikasi yang telah diinstal pada laptop. Jenis file ini sebetulnya lebih cocok kita sebut dengan program atau aplikasi.

Bagi pengguna windows, file dengan ekstensi .exe tentu tidak asing. Karena file tersebut hanya terdapat di dalam sistem operasi windows saja. Atau jika kalian pengguna android maka kalian akan sering melihat file dengan ekstensi .apk. Semua berkas itu adalah program atau aplikasi jika dieksekusi.


2. File Video

Ekstensi file video yaitu mpg, wmv, mp4, 3gp, avi, flv, KV . Setiap ekstensi ini menunjukkan bahwa setiap video mempunyai jenis pemutar yang berlainan. Tapi pada umumnya file berjenis mp4 dan 3gp dapat diputar di aplikasi pemutar video apapun, yang membedakan mp4 dan 3gp adalah resolusinya, dimana video dengan ekstensi mp4 memiliki resolusi yang lebih baik dibandingkan dengan 3gp.

Saat ini, mp4 adalah format video yang paling populer digunakan. Hampir semua alat perekam akan menghasilkan video dengan ekstensi mp4, seperti kamera di smartphone, handycam, atau camera pocket lainnya setiap video yang dierkam akan menghasilkan video berformat mp4.


3. File Dokumen

Beberapa contoh file dokumen, seperti diantaranya adalah .doc, .odt, .xls, .pdf, atau .txt. Pada tiap-tiap ekstensi tersebut menunjukkan jenis dari file dokumen nya, dan dapat terbuka hanya pada komputer yang telah terinstall software atau aplikasi yang sesuai saja.

Doc, xls, dan ppt adalah ekstensi file yang sering kita lihat di windows. Doc adalah ekstensi untuk Microsoft Word, xls adalah ekstensi untuk Microsoft Excel dan ppt adalah ekstensi untuk Microsoft Power Point. Meski biasanya dokumen-dokumen ini identik dengan Microsoft Office, namun saat ini hampir semua aplikasi office seperti wps, atau google doc dapat membuka file dari Microsoft Office.


4. File Gambar

Ekstensi file gambar biasanya adalah jpg, png, jpeg, gif, dan tif. Gambar yang dihasilkan digital camera maupun manual camera kebanyakan akan memiliki ekstensi jpg atau jpeg. Sementara gambar dengan ekstensi tif , png dan lain-lain umumnya adalah hasil dari penyimpanan software tertentu contohnya Photoshop, Autocad, Corel draw, dll.


5. File Suara

Wav, MP3, midi dam rm adalah beberapa jenis ekstensi file suara. Seperti file-file lainnya pada komputer, file suara juga tidak semuanya bisa diputar dengan satu aplikasi yang sama. Namun, biasanya file suara akan disimpan dalam format mp3, karena format ini lebih mudah digunakan dan dapat diputar oleh semua aplikasi dan pemutar audio.

Selain file yang telah dibahas diatas, masih ada beberapa jenis file lagi yang ada dalam komputer yang sesuai dengan kegunaannya. Biasanya setiap jenis file komputer akan dikelompokkan ke dalam folder khusus yang sesuai menurut jenisnya. Dengan dikelompokkannya file-file tersebut pengguna tidak akan kesulitan menemukannya saat sedang dibutuhkan.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik