Cara Upload Website ke Hosting Gratis dengan Github Pages

Share:
cara bikin portfolio online
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas bagaimana cara upload project web ke github pages. Mudah, gratis, dan cepat. Penasaran?, ayo ikuti selengkapnya berikut ini.



Gihtub Pages

Github Pages adalah salah satu fitur github yang memungkinkan kalian untuk dapat mengupload project berbasis web dan menampilkannya dalam bentuk tampilan web yang telah kalian desain sedemikan rupa. Sayangnya, github pages hanya digunakan untuk bagian frontend saja atau hanya menampilkan tampilan web statis saja, jadi file php, java, python, ruby atau file backend lainnya tidak akan dijalankan pada fitur ini.

Meski hanya untuk meng-host file statis. Bagi kalian yang berkutat di bidang front-end developer ,tentu fitur ini sangat berguna. Web yang diupload ke github pages bisa langsung dilihat dan didemokan kepada client, apalagi konfigurasinya mudah dan cepat. Selain sebagai protoype desain yang bisa kalian tampilkan kepada orang lain, github pages juga bisa kalian gunakan untuk meng-host portfolio yang kalian punya tanpa ribet dan biaya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan coba membuat portfolio online yang dihost ke github pages. Ayo ikuti selengkapnya di bawah ini.



Cara Upload Project ke Github Pages

1. Buatlah sebuah folder baru dengan nama portfolio dan buatlah sebuah file di dalamnya dengan nama index.html. Untuk lokasi folder bebas kalian tentukan sendiri. Lalu copy script yang ada di tautan berikut ini https://github.com/nabilchen96/Portfoliotheme/blob/main/index.html

Kemudian jalankan, jika benar maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini. Tampilannya sangat menarik dan sangat modern.

cara upload project ke github pages
Desain web yang akan diupload


Silahkan kalian edit dan sesuaikan dengan data diri kalian masing-masing. Atau jika kalian punya desain sendiri, maka bisa menggunakan desain tersebut. 


2. Langkah selanjutnya adalah membuat repository baru di dalam github. Caranya masuk ke akun github kalian masing-masing lalu klik tombol new repository yang berada di sidebar kiri layar.

Membuat repository baru



3. kemudian silahkan isi respository name, description name, pilih public, dan checklist add README file. Lalu klik tombol create repository.

upload portfolio ke github
Membuat repository



4. Selanjutnya kalian akan langsung di arahkan ke halaman repository yang baru kalian buat sebelumnya. Langkah selanjutnya adalah mengupload file yang telah kita buat dan edit sebelumnya. caranya klik add file → upload files → choose or drag your files → klik tombol commit changes

hosting gratis dengan github pages
Upload file ke github



5. Langkah terakhir, silahkan klik settings → pilih menu pages yang ada pada sidebar sebelah kiri → pada bagian source, klik none lalu pilih main → kemudian save

cara upload web ke github
Setting github pages




Ok sampai disini project portfolio kalian sudah online. Silahkan diakses menggunakan alamat url yang diberikan setelah pages berhasil dibuat. Klo punya saya tampilannya seperti gambar di bawah ini atau kalian bisa melihat demonya di tautan berikut ini https://nabilchen96.github.io/portfolioweb/

cara upload web ke github
Hasil akhir






Gimana mudah kan?, nah, sekarang kalian bisa membuat project lain dan menguploadnya dengan cara yagn telah saya jelaskan di atas. Punya tampilan web menarik tapi gak punya hosting, jangan bingung, upload aja ke github!


Sekian tutorial singkat saya kali ini dengan judul cara upload web ke hosting gratis dengan github pages. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial menarik lainnya. :D

search: Cara membuat portfolio online, hosting gratis dengan setup yang mudah, cara menggunakan github pages, cara upload project ke github, desain portfolio menarik

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik