Aplikasi LMS Terbaik dan Terpopuler Buat Belajar Online Sekolah dan Kampus

Share:
LMS terbaik
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Kehidupan yang kita jalani saat ini telah banyak berubah, hal tersebut selaras dengan cepatnya perkembangan teknologi yang ada saat ini, semuanya berubah mulai dari cara orang-orang berbisnis, bertransaksi, menikmati hiburan, mencari informasi, hingga cara orang-orang belajar dan mengajar juga ikut berubah.

Di era yang serba internet seperti saat ini, orang-orang mengandalkan internet sebagai sarana utama untuk mendapatkan informasi dan memudahkan belajar mengajar dengannya. Saat ini munculah istilah e-learning, yaitu pembelajaran secara online dengan memanfaatkan internet sebagai sarana utama untuk mempertemukan guru dan murid. Guru dapat memberikan tugas, murid dapat mengumpulkan tugas, guru dapat memberikan materi dan informasi, murid dapat memberikan tanggapan, guru dan murid dapat mengisi absensi, Semua yang ada di dunia nyata telah didigitalisasi dengan menggunakan e-learning.

Membuat e-learning yang kaya fitur tidaklah mudah, butuh tenaga ahli, uang dan infrastruktur yang besar untuk membuatnya. Tapi itu dulu, saat ini tersedia banyak LMS yang mempermudah sekolah maupun universitas untuk melakukan pembelajaran secara daring dengan fitur yang lengkap tanpa butuh biaya yang besar. Berikut ini saya akan membahas pengeritan LMS, dan 5 LMS terbaik dan terpopuler untuk belajar secara online. Ayo ikuti pembahasannya berikut ini.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Membuat Notifikasi Realtime dengan php dan Jquery read more
📰 2. Cara Membuat Hide/Show Input Password dengan Javascript dan Bootstrap read more
📰 3. Cara Mencegah Multiple Submit dan Cara Menggunakan Spinner Bootstrap sebagai Indicator Loading pada Php read more


Pengertian Website LMS

Learning Management System atau disingkat dengan LMS, yaitu sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memanajemen semua kegiatan pembelajaran secara online, mulai dari absensi, pemberian tugas, ujian dan kuis online, penilaian, hingga fitur chat antar guru dan murid.

Tidak perlu bingung dengan pengertian LMS di atas, intinya jika kalian ingin punya aplikasi pembelajaran online yang cepat dan mudah diatur solusinya bisa menggunakan LMS. Kalo biasanya absesnsi menggunakan google form kini bisa dilakukan dengan LMS, klo dulu merekap data menggunakan excel kini bisa menggunakan LMS, klo dulu kumpul tugas melalui whatsapp kini bisa dilakukan menggunakan LMS kalo dulu mengadakan ujian menggunakan platform quiz online kini bisa dilakukan menggunakan LMS, dan hal-hal lainnya.


Daftar LMS Terbaik

1. Moodle

Moodle merupakan aplikasi atau juga perangkat LMS e-learning berbasis website yang mengubah konsep media pembelajaran offline menjadi online berbasis web. Di tahap selanjutnya Moodle ini akan mengarahkan siswa supaya masuk kedalam ruang kelas digital lalu mengakses materi-materi pembelajaran.

Guru atau dosen bisa membuat materi pembelajaran, kuis atau ujian, jurnal dan fitur lainnya dengan menggunakan Moodle. Beriringan dengan kemajuan teknologi informasi, saat ini Moodle juga bisa digunakan lewat aplikasi berbasis Android dan iOS. Banyak sekali fitur Pada Moodle yang bisa berguna untuk kalian membangun e-learning yang hebat.

tampilan website edmodo
Tampilan Edmodo, Moodlefairy, CC BY 4.0, via Wikimedia Commons



2. Google Classroom

Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran untuk semua sektor pendidikan yang bertujuan menemukan solusi untuk kesulitan membuat, berbagi, dan mengklasifikasikan tugas tanpa kertas. Google Classroom menautkan beberapa layanan Google untuk membantu institusi pendidikan beralih ke sistem tanpa kertas.

tampilan google class room
Tampilan Google Classroom



Melalui Google Drive, kalian bisa melakukan penyelesaian pembuatan dan pemberian tugas , sekaligus bisa membuat pemberitahuan di ruang kelas google menggunakan Gmail. Mengundang siswa untuk datang ke ruang kelas juga bisa dilakukan dengan beberapa cara , seperti melalui basis data lembaga, melalui kata sandi pribadi yang bisa ditambahkan pada interface atau diajak secara individu langsung dari sistem pengelolaan keterangan sekolah ( school information management system ).

Google classroom diintegrasikan dengan google calendar untuk guru dan siswa. Kemudian setiap kelas dibuatkan sebuah berkas terpisah oleh Google classroom di dalam masing-masing layanan google sehingga siswa bisa menyerahkan tugasnya agar bisa diklasifikasikan oleh guru.


3. Edmodo

Selanjutnya ada edmodo, jika kita lihat secara sekilas konsep edmodo mirip dengan salah satu sosial media paling populer saat ini, yaitu facebook. Tedapat timeline di tengah-tengah halamnnya sama seperti facebook. Semua tugas, informasi dan status akan muncul di tengah halaman tersebut. Hal ini membuat siswa menjadi lebih mudah mengetahui informasi terupdate dari si guru.

Untuk keduanya baik itu guru ataupun siswa juga sama-sama bisa berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga dapat memposting pemberitahuan, acara, tugas kepada siswa, dan memilih untuk memposting sesuatu dalam kerangka waktu publik.

tampilan baru edmodo
Tampilan Baru Edmodo



Edmodo dikembangkan oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara pada akhir tahun 2008. Mereka merasa kebutuhan sekolah dan kampus tentang digital harus berkembang. Maka akhrinya mereka membuat platform media sosial khusus guru, dosen, murid, mahasiswa dan orangtua.

Edmodo dirancang agar siswa lebih semgat dalam belejar dengan lingkungan yang lebih modern dan terhubung ke gadget mereka masing-masing. Edmodo juga dirancang agar murid dan guru jadi lebih interaktif saat mereka berada di dalamnyha dengan membuat diskusi kelas online, meberikan polling, memberikan penghargaan seperti plakat atau lencana bagi siswa yang berprestasi.


4. Schoology

Schoology sendiri adalah merupakan sebuah solusi sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang diciptakan untuk kolaborasi antara semua jenis siswa serta instruktur. Solusi ini bertujuan untuk pembelajaran K-12 ( sebuah istilah yang dipakai dalam sistem pendidikan dan teknologi pendidikan di Amerika serikat, contohnya TK, dan dari kelas satu hingga kelas dua belas), pendidikan tinggi serta program pelatihan pada perusahaan.

Schoology Course Dashboard
Schoology Course Dashboard, by: support.schoology.com



Target prioritas dari solusi LMS Schoology ini adalah kemungkinan adanya kolaborasi antara pos pemeriksaan yang sering dilakukan dan guna memastikan bahwa peserta terlibat dalam materi. Adanya Tambahan paling baru pada solusi ini yaitu berupa manajemen penilaian, yang membawa fitur manajemen pembelajaran ke dalam penilaian.

API generasi berikutnya dan dukungan Learning Tools Interoperability atau LTI , pencitraan brand khusus, pembuatan peran granular, penilaian lanjutan, analisis terperinci dengan biaya tertentu adalah hal-hal yang ditawarkan oleh Schoology. Estetika Facebook yang akrab dengan fitur gamification, aplikasi mobile serta akun orang tua seperti yang berlaku pada Edmodo juga digunakan pada Schoology . Model harga premium nya juga bersaing dengan Edmodo.

Komponen pembelajaran seperti Siswa dan guru bahkan orang tua juga bisa bermain secara gratis, tetapi admin harus membayar untuk fitur tambahan premium. Dihadapkan dengan jejaring sosial dan kewirausahaan dari LMS, Schoology adalah tempat yang ideal untuk manajemen pembelajaran K12.

Ok sekian artikel kali ini tentang aplikasi LMS terbaik dan terpopuler buat belajar online sekolah dan kampus. Semoga bermanfaat, jangan lupa share dan comment di bawah ini, dan sampai jumpa di artikel keren dan menarik lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik