Inilah 7 Pekerjaan yang Akan Digantikan Oleh Robot di Masa Depan

Share:
pekerjaan yang akan digantikan robot
Kecerdasan buatan telah menjadi slogan yang merasuki segala sesuatu dalam hidup kita. Dalam banyak hal, otomatisasi telah memberikan banyak kemudahan tapi sekaligus juga telah mengubah cara manusia bekerja saat ini dan di masa yang akan datang. Perubahan mungkin belum signifikan terjadi saat ini, tetapi para ahli di bidang industri seperti Fortune, memperkirakan 40% pekerjaan akan digantikan oleh kecerdasan buatan dan robot di masa depan.

Bidang pekerjaan seperti manufaktur hingga manajemen pelanggan sedang menjadi pertimbangan sebagian besar organisasi untuk menggunakan Artificial Intelligence (AI) sehingga pengenalan teknologi bisa merubah secara cepat dalam proses pekerjaan kita.

Idealnya, otomatisasi akan membuat perbedaan besar dalam staf AI. Dengan diperkenalkannya teknologi dan komputer, itu berarti peningkatan produktivitas, jangkauan global, dan komunikasi yang lebih cepat di seluruh dunia. IT dan software bisa dikatakan telah mengubah cara kerja kita karena komputer mampu mengurangi bahkan menghilangkan dokumen hingga batasan tertentu.

Pernahkah kalian berpikir bahwa robot juga akan mengambil alih pekerjaan kalian ? Pada jenis-jenis pekerjaan tertentu mungkin agak susah diprediksi dampak yang ditimbulkan AI. Tapi beberapa Profesi tertentu pasti telah merasakan dampak dari mekanisasi dan teknologi, demikian hal nya pada AI. Dibawah ini 7 jenis pekerjaan yang mungkin akan digantikan oleh kecerdasan buatan di masa depan.


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. 5 Alasan Kenapa trafik Blog Menurun di Hari Libur dan Weekend read more
📰 2. 7 Startup Indonesia yang Sukses dan Diakui Dunia read more
📰 3. 5 Situs Lowongan Kerja Indonesia Paling Banyak Dicari, Wajib Coba! read more


1. Layanan Pelanggan

Telemarketing merupakan Mega industri yang memiliki ruang besar untuk otomatisasi berjangka panjang. Terdapat area tertentu di mana fungsi panggilan tertentu sudah tergantikan oleh robot. Layanan customer service untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dan medasar saat ini dapat diselesaikan dengan menggunakan artificial intelligence. Contonya seperti google assistant, cortana atau alexa yang mampu menjawab pertanyaan secara cepat dan akurat.


2. Pembukuan dan Entri Data

Mungkin sebagian besar kalian sudah lama tidak mendengar atau bahkan tidak mengetahui bahwa ada profesi yang namanya pembukuan. Alih-alih menggunakan manusia untuk mengumpulkan dan menghitung data, masuk akal untuk memperkenalkan Artificial intelligence dan Machine learning ke dalam siklus hidup sebuah produk. Dampak positif yang dimiliki kecerdasan buatan bagi pekerjaan adalah berupa peningkatan efisiensi waktu dan tenaga, menghindari human error, dan kemudahan integrasi sistem.


3. Resepsionis

Mayoritas pemesanan hotel biasanya dilakukan melalui web hari ini. Adanya check-in otomatis di hotel-hotel besar dan kecil, membuat kebutuhan untuk resepsionis menjadi lebih rendah dalam jangka panjang. Bahkan sekarang dalam pelayanan dan pemesanan makanan cepat saji, pesanan bisa dilakukan dengan menggunakan layar atau tab komunikasi. L diperkenalkannya AI, memiliki peluang bagus bahwa robot dapat menangani pemesanan dan fungsi terkait lainnya.


4. Proofreading

Pencarian sederhana akan menemukan banyak aplikasi proofreading yang tersedia secara online. Mengedit adalah tugas yang lebih kompleks dalam hal nada suara dan pemahaman, tetapi mudah untuk mengoreksi. Deteksi kesalahan sintaks, struktur kalimat, dan kesalahan lainnya dapat dengan mudah diotomatisasi dalam berbagai aplikasi.


5. Dukungan TI

Sama seperti layanan pelanggan, dukungan IT nantinya juga dapat diselesaikan oleh kecerdasan buatan dan robot. Apalagi terkait dengan masalah yang mudah diselesaikan dan berulang, saat ini dukungan dapat berupa panduan, dokumen pendukung dan customer service khusus IT. Chatbot adalah contohnya, chatbots bukan hanya sebagai bagian utama dari interaksi pelanggan. Tetapi Mereka juga mendukung banyak pertanyaan internal lainnya. Kecerdasan buatan tentu dapat menyelesaikan hal ini nantinya, peningkatan efektivitas dan efisiensi layanan membuat banyak orang akan kehilangan pekerjaan mereka.


6. Pekerjaan Manufaktur dan Farmasi

Saat proses produksi untuk mayoritas komoditas yang diproduksi hari ini telah dimekanisasi, aspek operasional juga dapat ditangani oleh AI. Sehingga bidang ini menjadi ketakutan terbesar untuk sebagian orang yang merasa pekerjaan nya akan diambil alih. Bahkan di laboratorium farmasi, robot bisa bekerja sama dengan para ilmuwan yang menyediakan lingkungan yang jauh lebih aman, membuat hidup mereka minim risiko.


7. Layanan Ritel

Layanan otomatis telah menggantikan cara orang berjualan. AI juga dapat dengan mudah digabungkan oleh banyak pedagang yang berfokus pada pemesanan mandiri dan dengan opsi pembayaran yang terintegrasi. Salesman door - to - door, penilaian kompensasi dan manfaat, jasa kurir hingga penjaga keamanan merupakan jenis pekerjaan lain yang mungkin akan tergantikan di masa depan. Ketika ketergantungan teknologi pada fitur-fitur ini meningkat, keterlibatan manusia dalam tugas ini akan menjadi berlebihan di masa depan. Sehingga kebutuhan akan teknologi ini juga akan semakin besar.



Itulah artikel tentang 7 pekerjaan yang akan digantikan oleh robot di masa depan. Menurut kalian pekerjaan apalagi nih yang kira-kira bakalan digantiin sama robot?, silahkan tulis jawabannya di kolom komentar di bawah ini. Oke, semoga tulisan singkat ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel keren lainnya. :D

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik