5 Alasan Kenapa trafik Blog Menurun di Hari Libur dan Weekend

Share:
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Penghasilan blog yang didapat melalui Google Adsense sangat dipengaruhi oleh jumlah trafik kunjungan. Semakin banyak jumlah trafik kunjungan blog kalian, maka semakin besar pula peluang iklan di blog kalian diklik oleh visitor, semakin banyak iklan yang diklik maka semakin banyak pula cuan yang bisa kalian dapatkan.

Saat hari libur mayoritas netizen akan lebih banyak mengisi waktu luangnya bersama keluarga, melakukan aktivitas bersama keluarga seperti piknik, silaturahmi ke tempat keluarga, jalan ke mall, menikmati wisata kuliner dan lain sebagainya yang membuat mereka hanya menggunakan gadget untuk hal-hal penting saja, atau bahkan lupa dengan smartphone nya. Itu menjadi alasan kenapa pengunjung blog di hari-hari libur dan weekend merosot tajam.

Tidak hanya itu, setidaknya ada 5 poin yang telah saya rangkum mengenai alasan kenapa visitor blog menurun tajam di hari-hari libur. Semoga ulasan saya di bawah ini bisa membatu kalian untuk tetap memaksimalkan kunjungan blog meski di hari-hari libur. Berikut ini ulasannya...

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Study Case : Membuat Website Berita dengan menggunakan NewsAPI dan Bootstrap read more
📰 2. Cara Memuat Website Pencarian Trending dengan Google Trends dan Php read more
📰 3. Apa itu Brute Force Attack dan Berikut Tips Manjur Untuk Mencegahnya Komputer read more


1. Aktivitas Pekerjaan Libur

Bila pada hari kerja biasanya sebagian orang pada saat jam istirahat kantor akan menghabiskan waktunya dengan browsing atau membaca berita-berita menarik melalui YouTube, blog dan website. Sedangkan pada hari libur, aktivitas pekerjaan diberbagai instansi maupun perusahaan dinonaktifkan. Sehingga mereka pun tidak akan terlalu sibuk mencari informasi terkait pekerjaan mereka di internet.

Andaikan harus membuka internet, paling hanya untuk hal-hal yang dianggap penting saja. Saat libur akhir pekan, biasanya kegiatan orang-orang lebih banyak dihabiskan untuk berinteraksi dengan keluarga.


2. Liburan

Kegiatan pekerjaan libur ini biasanya dilakukan pada akhir pekan, atau saat libur panjang. Kesempatan ini tentu banyak dimanfaatkan sebagian orang dengan berwisata dan berjalan- jalan ke luar kota, Berolahraga, merawat tanaman dan hewan kesayangan mereka, melakukan aktivitas yang berkaitan dengan hobi mereka, atau melakukan aktivitas apapun yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Hal ini membaut mereka hanya menggunakan gadget atau smartphone untuk keperluan refreshing, atau sekedar keperluan komunikasi saja.


3. Tidak Fokus Pada Smartphone

Pada umumnya blog dibentuk untuk fokus pada artikel berisi ilmu pengetahuan, panduan, tutorial dan ulasan mengenai produk. Sementara pada hari libur, pemakaian smartphone untuk hal yang bersifat informatif seperti itu jumlahnya cenderung sedikit karena orang-orang lebih memilih beraktivitas bersama keluarga baik dirumah atau di tempat-tempat hiburan.


4. Target Keyword

Hal penting yang harus diperhatikan bila ingin membangun blog, adalah tersedianya informasi mengenai tempat Hiburan, fashion, kuliner dan life style pada blog kalian. Bila keyword diatas tidak ada pada blog kalian, bisa dipastikan keyword yang terjaring akan sangat sedikit di hari libur. Karena mayoritas orang akan mencari informasi mengenai hal-hal di atas pada saat hari libur. Apalagi jika blog kalian hanya fokus pada satu Niche, bisa dipastikan trafik akan turun. Itu sebabnya sebagian blogger lebih memilih blog campuran atau gado-gado supaya menjaring keyword lebih banyak.


5. Trend Pengunjung

Konten yang aktual dan terupdate seperti berita, seputar hobi seperti olahraga akan menjadi trend pilihan pengunjung blog saat akhir pekan dan hari libur. Apalagi biasanya saat libur, sebagian orang memanfaatkan waktu dengan menonton dan bermain game online di rumah. Jadi sebaiknya kalian menambah Niche artikel mengenai kegiatan sehari-hari misalnya tentang resep masakan, tempat-tempat kuliner, cara bayar, gaya hidup sehat dan lain-lain bila tidak ingin mengalami penurunan trafik.


Salah Satu Solusi

Penurunan kunjungan pada hari libur atau weekend memang sangat berdampak pada penghasilan blog yang kita rawat. Karena kita sudah tahu, bahwa alasan utamanya kenapa itu bisa terjadi, adalah karena mayoritas masyarakat tidak menggunakan gadget atau smartphone untuk mencari informasi atau belajar hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan mereka.

Maka salah satu solusinya adalah buatlah konten yang menghibur tapi tetap memasukan informasi bermanfaat di dalamnya. Contohnya membuat konten wisata alam, kuliner, olahraga, games dan semisalnya.

Nah itu tadi adalah 5 alasan mengapa trafik bisa turun pada hari libur., menurut kalian apa alasan lain kenapa trafik blog turun di hari-hari libur?. Ok, sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel keren dan menarik lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik