7 Aplikasi Absensi Online Terbaik Untuk Pantau Kehadiran Karyawan

Share:
7 Aplikasi Absensi Online Terbaik Untuk Pantau Kehadiran Karyawan
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Saat ini hampir semua kebutuhan telah disediakan oleh teknologi. Termasuk salah satunya adalah aplikasi absensi online yang saat ini menjadi sangat akrab dikalangan pelajar maupun karyawan. Pemakaian aplikasi semakin meningkat setelah Pandemi. Kebijakan pemerintah yang mewajibkan sekolah daring serta Work from home, mau tidak mau harus disiasati dengan menggunakan aplikasi ini guna memenuhi kebutuhan absensi.

Dibawah ini telah kami kumpulkan semua daftar aplikasi absen online ter- recommended lengkap beserta keunggulannya, tapi sebelum itu, kita akan membahas apa saja keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan, instansi atau sekolah jika menggunakan aplikasi atau sistem absensi online.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mudah Membuat File Manager pada Laravel read more
📰 2. Cara Upload Website ke Hosting Gratis dengan Github Pages read more
📰 3. Aplikasi LMS Terbaik dan Terpopuler Buat Belajar Online Sekolah dan Kampus read more


Manfaat Memakai Aplikasi Absensi Online

1. Mudah Diakses

Layaknya aplikasi lain, aplikasi absen online ini juga bisa kalian dapatkan melalui play store atau App store secara gratis , hanya tinggal mendownload dan kemudian ikuti instruksi dari perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi yang mutakhir, aplikasi absensi ini bukan cuma berbasis web saja tapi juga telah terintegrasi dengan layanan cloud supaya bisa di gunakan dengan mudah oleh user.

Contohnya aplikasi absensi online buatan ESS Gaji ID , selain memiliki fitur kebutuhan dasar karyawan, aplikasi ini juga dilengkapi opsi yang terpaut pada dompet digital Dana.


2. Efektif dan Efisien

Tidak hanya kebutuhan absensi saja, aplikasi absen online juga bisa digunakan karyawan untuk melihat gaji, melihat status perubahan atau pindah tempat kerja dan melihat kalender kerja. Bahkan permohonan ijin cuti juga bisa dilakukan lewat aplikasi ini.


3. Sulit Dimanipulasi

Karena adanya tiga elemen data yang harus diberikan saat proses absen online, membuat aplikasi ini susah untuk dimanipulasi. Tiga elemen data tersebut adalah waktu, lokasi tag GPS kemudian swa foto karyawan alias foto Selfie.


4. Biaya Lebih Terjangkau

Tidak seperti proses absen pada jaman dulu yang membutuhkan scanner fingerprint atau buku lembar absen. Proses absensi online bisa dilakukan secara mandiri di smartphone para karyawan, sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya operasional khusus untuk sekedar membeli alat-alat absensi tersebut.


7 Aplikasi Absensi Online ter- Recommended

1. Hadirr

Hadirr menjadi aplikasi absen online pertama yang kami rekomendasikan untuk kalian. Aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk melakukan absensi dimana saja sesuai lokasi yang telah disepakati perusahaan. Misalnya melakukan absensi dari rumah saat sedang WFH .

Selain penggunaan GPS , Hadirr juga dilengkapi sistem deteksi biometrik berbasis face recognition, sehingga dapat memperkecil kemungkinan adanya kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.

aplikasi hadirr
hadirr.com



2. Smart Presence

Selanjutnya adalah Smart Presence yang bisa digunakan untuk karyawan kantoran maupun pelajar. Keunikan aplikasi ini adalah bisa terintegrasi dengan guru dan orang tua saat digunakan di lingkungan sekolah atau kampus. Sehingga semua aktivitas anak bisa terpantau secara real-time.

aplikasi smartpresence
smartpresence.id



3. ESS Gaji ID

ESS Gaji ID selain memiliki fitur absen online juga memiliki fitur kalender karyawan, pengajuan izin cuti, cetak slip gaji dan informasi kepegawaian. Seperti aplikasi absen online lainnya, ESS Gaji ID juga mewajibkan karyawan untuk mengaktifkan GPS serta berfoto Selfie dengan kamera depan saat mengabsen.

ESS Gaji ID dinilai sebagai aplikasi yang sangat responsif dan dapat diandalkan. Apalagi aplikasi ini didukung dengan opsi integrasi dengan e-wallet Dana untuk kemudahan transaksi pegawai.

aplikasi ess gaji.id
Download Aplikasi ess gaji.id di Playstore



4. Sleekr

Para HR admin maupun HR Manager saat ini umumnya menggunakan Sleekr untuk kebutuhan memanajemen absen pegawai. Beberapa fitur yang ditawarkan kepada manajemen ataupun karyawan sebagai end user adalah layanan payroll, klaim lembur sampai perhitungan SPT untuk kemudahan pajak tahunan pegawai.

aplikasi sleekr.co
sleekr.co



5. KaryaONE

Kemudahan proses integrasi data dari mesin absensi konvensional adalah fitur unggulan yang ditawarkan aplikasi KaryaONE.

Impor database bisa dilakukan otomatis dari perangkat absensi berbasis sensor sidik jari atau Radio Frequency identification (RFID) ke dalam aplikasi untuk diproses kembali. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengajuan izin cuti lewat aplikasi , jadi pegawai tidak harus menemui manager ataupun HRD secara langsung.

Aplikasi KaryaOne
https://www.karyaone.co.id


6. Talenta

Aplikasi absensi ini terbilang komplit karena memiliki banyak fitur, diantaranya GPS, manajemen database pegawai, payroll, hingga kebutuhan administrasi. Kalian selaku HR atau Manager bisa menolak atau menerima permohonan ijin cuti secara real-time karena database yang terintegrasi. Poin plus dari aplikasi ini adalah tampilan nya yang clean dan user friendly.

aplikasi talenta
www.talenta.co/fitur/attendance-management/



7. Waktoo

Aplikasi absensi online recommended terakhir adalah Waktoo. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat melacak karyawan secara realtime dan memiliki tingkat akurasi waktu yang tinggi. Untuk mempermudah proses validasi data absen, disediakan juga report yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Aplikasi absensi waktoo
https://www.waktoo.com




Sekian artikel kali ini tentang 7 aplikasi absensi terbaik untuk pantau kehadiran karyawan. Semoga tulisan singkat ini dapat membatu kalian semua. jangan lupa tulis comment dan share sebanyak-banyaknya ke teman-teman kalian. Sekian dan sampai jumpa di artikel keren dan menarik lainnya. :D

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik