Memberi Warna Baris Otomatis di Excel berdasarkan Kolom Tertentu di Setiap Barisnya

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial cara memberikan warna baris secara otomatis pada excel berdasarkan capaian atau nilai kolom setiap barsinya. Seperti apa dan bagaimana caranya? ayo ikuti tutorialnya beriku ini.


Setelah saya membahas cara membuat pewarnaan otomatis pada excel di link berikut ini https://www.sahretech.com/2021/06/memberi-warna-otomatis-pada-sel-excel.html. Kali ini saya akan memberikan tutorial yang ada kaitannya dengan tutorial sebelumnya, yaitu penggunaan formatting condition.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Mudahnya Instalasi Project Vue js dan depedensi dengan Vue UI read more
📰 2. Cara Melakukan Http Request pada Vue Js dengan Menggunakan Axios read more
📰 3. Cara Mudah Instalasi dan Menjalankan Vue Admin Template read more



Tutorial kali ini akan membahas cara memberikan warna otomatis pada setiap baris excel, pewarnaan otomatis ini berdasarkan nilai pada kolom tertentu yang ada di setiap barsinya. Ok, biar lebih mudah saya akan menjelaskan studi kasusnya berikut ini:

"Kita akan membuat tabel data penilaian siswa, dimana akan terdapat nama siswa dan nama mata pelajaran di baris header, lalu setiap mata pelajaran dan siswa akan diisi dengan nilai tertentu. Lalu pada kolom terakhir terdapat total, kita akan meratakan setiap nilai mata pelajaran dari setiap siswa. Tugasnya adalah memberikan warna di sepanjang baris jika kolom total di bawah rata-rata 60"

memberi warna baris otomatis di excel
Contoh data pemberian warna pada baris secara otomatis


Kurang lebih penjelasannya seperti gambar di atas. Tutorial ini menurut saya sedikit sulit dicari di internet, dan cara membuatnya juga sedikit tricky. Makanya cara menjelaskan studi kasusnya juga sulit saya tulis, hehe.


Cara Memberi Warna Baris Otomatis di Excel Berdasarkan Kolom Tertentu di Setiap Barisnya

1. Silahkan blok atau seleksi semua baris yang ingin diberikan performatan.
2. Pada tab home, klik conditional formatting → lalu pilih new rules.

Memberi warna otomatis di ecel
Membuat warna baris otomatis (1)



3. Kemudian akan muncul dialog popup, lalu pilih use a formula to determine which cells to format 

4. Lalu isi format values where this formula is true dengan =$J3 Kenapa?, pertama tanda $ digunakan untuk mengunci kolom J, J sebagai kolom yang digunakan sebagai syarat untuk tiap baris, dan angka 3 adalah awal mula baris yang akan diberikan format.

memberi warna baris otomatis pada excel
Memberikan syarat performatan



5. Lalu klik format, kemudian akan muncul popup dialog. pilih tab fill, lalu pilih warna yang kalian inginkan, pada contoh kali ini saya menggunakan warna merah. Lalu klik ok.

memberi warna otomatis pada excel
Memilih warna performatan




6. Setelah semua setting dilakuan seperti gambar di bawah ini, terakhir silahkan klik ok.

memberi warna otomatis pada excel
Complete formatting rule




7. Maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini. Dimana setiap siswa yang memiliki rata-rata di bawah 60 maka barisnya akan otomatis berwarna merah.

Memberi warna baris otomatis pada excel
Hasil akhir


Sekian tutorial cara memberikan warna baris otomatis di excel berdasarkan kolom tertentu di setiap barisnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial excel dari sahretech lainnya.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik