Memberi Warna Otomatis pada Sel Excel yang berisi nilai tertentu

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara memberi warna secara otomatis pada excel yang berisi nilai tertentu. Bagaimana caranya?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Bekerja dengan banyak data membuat pusing dan menyulitkan kita untuk menganalisa data tersebut. Sebagai contoh, kita ingin melihat daftar siswa yang memiliki nilai di bawah rata-rata, maka tanpa adanya warna bantuan, mata manusia akan sedikit kesulitan memilih dan memisahkan tumpukan data tesebut. Bahkan terkadang, ada data yang luput dari penglihatan kita karena saking banyaknya data yang harus dipilih.

Di dalam aplikasi excel sendiri terdapat fitur conditional formatting yang bisa kita gunakan untuk membuat warna-warna tertentu pada sel yang diinginkan. Fitur ini lebih mudah digunakan, dibandingkan kalian membuat pewarnaan secara manual dengan rumus atau bahkan mewarnainya satu persatu secara manual. Ok, kita coba langsung prakkekan saja.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Mudahnya Instalasi Project Vue js dan depedensi dengan Vue UI read more
📰 2. Cara Melakukan Http Request pada Vue Js dengan Menggunakan Axios read more
📰 3. Cara Mudah Instalasi dan Menjalankan Vue Admin Template read more


Memberi Warna Otomatis pada Sel Excel yang Berisi Nilai Tertentu

Studi kasus: kita akan memberikan warna merah pada setiap nilai yang di bawah nilai 60. 

1. Pertama, siapkan dulu data yang ingin kita uji coba. Contoh datanya sangat sederhana. Dimana tedapat nama siswa, lalu terdapat nama pelajaran dan nilai-nilai yang mewakili setiap siswa tersebut.

memberikan warna otomatis pada excel
Contoh data uji coba



2. Blok atau seleksi semua sel yang ingin kalian berikan format pewarnaan.
3. Pada tab home, pilih conditional formatting → lalu pilih highlight cells rules → lalu pilih less than

cara memberikan warna otomatis pada excel
Membuat performatan



4. Lalu pada dialog popup yang muncul, isi angka 60. Dimana angka 60 ini adalah parameter yang kita tetapkan, jika ada niliai di bawah 60 maka sel yang terseleksi akan berwarna merah. Lalu untuk memilih warna, kalian bisa tarik pilihan yang ada di sebelah kanan, pilih light red fil with dark red text. Atau kalian bisa memilih warna lain yang kalian suka dengan menggunakan custom format.

cara memberikan warna otomatis pada excel
Set parameter dan format




5. Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini. Semua sel dengan nilai di bawah 60 otomatis diberi warna merah.

memberi warna otomatis pada sel excel
Hasil akhir




Sedikit tambahan, terdapat beberapa format lainnya yang bisa kalian gunakan nantinya. Yang mana fungsi ini memang belum saya jelaskan di atas, tapi penggunannya tidak sulit dan cara penggunaannya seperti yang saya sebutkan di atas.

cara memberi warna otomatis pada excel
Macam-macam conditional formatting



1. Greater than: digunakan untuk memberi format dengan kondisi sel berisi nilai lebih besar dari yang kita tetapkan

2. Equal To: digunakan untuk memberi format dengan kondisi sel berisi nilai sama dengan nilai yang kita tetapkan sebelumnya.

3. Text that contains: digunakan untuk memberi format dengan kondisi sel berisi text yang kita tetapkan sebelumnya.

4. A Date Occuring: digunakan untuk memberi format dengan kondisi sel berisi waktu tertentu, seperti kemarin, hari ini, besok, minggu ini, minggu depan, bulan ini, bulan depan, dan pilihan lainnya. Biasa diterapkan untuk penjadwalan.

5. Duplicate Values: Memberikan format pada sel yang memiliki nilai yang sama dengan nilai pada sel lainnya. Fungsi ini biasa digunakan untuk mencari kecocokan, atau saat ingin menghapus data duplikat yang tidak diperlukan


Sekian tutorial excel kali ini, dengan judul bagaimana cara memberi warna pada sel excel yang berisi nilai tertentu. Semoga tutorial kali ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah postingan ini. Sampai jumpa di tutorial menarik lainnya.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik