Apa itu CDN?, Pengertian dan Manfaat CDN

Share:
pengertian dan manfaat CDN

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal apa itu CDN(content delivery network) dan apa sih manfaatnya. Ayo ikuti pembahasannya berikut ini!.



Apa itu CDN

CDN merupakan kepanjangan dari content delivery network. Yaitu sekelompok server yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Server ini berfungsi untuk mengirimkan konten dari server asal ke tujuan secara cepat. Jadi misalkan, saat ini kalian berada di Indonesia dan ingin mengakses website dari negara Rusia. Tanpa adanya bantuan CDN maka delivery konten dari luar negri ke Indonesia akan memakan waktu yang lebih lama, bahkan terkadang request konten yang diminta berakhir dengan kegagal atau timeout.

Hadirnya CDN dapat memecahkan masalah ini. Dimana server terdekat akan membantu memberikan data yang diminta oleh user, sehingga load halaman atau performa website dapat tetap terjaga. Pada umumnya layanan CDN berbayar, tapi kalian bisa menggunakannya secara gratis dari layanan cloudflare. Pemasangan CDN pada website yang kalian punya juga sangat mudah, tapi jika kalian menggunakan jasa hosting, maka bertanyalah dengan mereka, mereka akan senang hati membantu kalian.

Server yang tersebar di seluruh dunia disebut dengan edge server. Edge server tidak membuat konten, hanya menyalin konten dari situs aslinya. Cara kerjanya mirip dengan cache pada web browser. Untuk ilustrasi bagaimana CDN bekerja, dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini.
penjelasan CDN dan manfaatnya
How CDN work

Pernah menggunakan jquery CDN atau bootstrap CDN?, itu adalah salah satu contoh dari penerapan CDN. Dimana saat kita menggunakan link tersebut, maka kita tidak langsung merequest data ke server asal. Melainkan data akan dikirimkan ke server terdekat.


Kapan Seharunya menggunakan CDN?

CDN lebih baik digunakan pada website berskala internasional, dimana biasanya pasarnya adalah global atau bahasa utama website tersebut menggunakan bahasa Inggris. Website yang ditujukan hanya untuk pasar lokal jelas belum membutuhkan hal ini. Tapi jika kalian ingin mencobanya, kalian bisa menggunakan layanan CDN gratis dari cloudflare.

Selain itu, trafik website bisa menjadi acuan apakah website kalian butuh CDN atau tidak. Trafik website yang sudah sangat padat dan berasal dari luar negri lebih baik menggunakan CDN. Karena ini adalah investasi untuk memberikan kepercayaan dan kenyamanan yang lebih baik kepada pengguna. 

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mengetahui Password Wifi di Windows Saat Lupa read more
📰 2. Belanja Online Tanpa Kartu Kredit dengan BNI VCN read more
📰 3. Slims, Aplikasi E-Library gratis dan cara menginstallnya di Komputer read more


Manfaat CDN

Sekedar menggunakan VPS atau dedicated server belum tentu menyelesaikan masalah jarak geografis. Merasa website yang kita punya stabil, itu karena biasanya kita hanya melakukan testing dengan jarak server yang dekat dengan kita. CDN memiliki beberapa manfaat lain, selain dari yang saya sebutkan di atas. Manfaat-manfaat ini bisa kalian jadikan acuan dan pertimbangan untuk membuat website tetap aman dengan performa yang stabil.


1. Mempercepat Load Website

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Hadirnya CDN memang untuk meningkatkan kecepatan load halaman website. Dimana setiap orang dari seluruh penjuru dunia akan menerima data dari server terdekat. Misalnya kita ingin akses website dari negara Rusia, maka mungkin server dari Singapura akan membantu memberikan konten ke Indonesia, sehingga kecepatan load halaman dapat tetap terjaga.


2. Meningkatkan Keamanan

Saat menggunakan layanan CDN, trafik atau lalu lintas akan dibebankan kepada server CDN ke pengakses terdekat, jadi tidak lagi menggunakan server asal. Maka jika terkena serangan, server CDN lah yang akan diserang duluan. Segala serangan seperti DDos dan semacamnya akan dimitigasi langsung oleh server CDN. Server CDN memiliki sertifikat SSL sehingga semua lalu lintas terenkripsi, ditambah lagi saat ini banyak server CDN yang telah memiliki pengaman tambahan seperti hotlink protection dan secure tokens. 


3. Biaya Lebih Hemat

Sewa VPS atau membeli server bukanlah hal yang murah. Dengan menggunakan layanan CDN, maka semua biaya pengelolaan, maintenance dan pengembangan ulang dapat diatasi. Dan yang paling penting, dengan menggunakan CDN kalian tidak perlu melakukan upgrade hosting ke paket yang lebih besar, karena semua trafik dan kenaikannya akan dibagi ke server CDN dan server asal.


Sekian pembahasan kali ini tentang pengertian dan manfaat dari CDN. Semoga tutorial kali ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel dan tutorial menarik lainnya dari sahretech.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik