Cara Menghapus Library Laravel dengan Composer

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan trick cara menghapus library atau package yang diintall dengan composer secara cepat. Bagaimana caranya?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Jika kalian terbiasa menggunakan laravel, maka mendengar kata composer jelas tidak asing lagi. Karena composer berguna untuk mengatur depedency yang ada di dalam aplikasi tersebut. Depedency yang dimaksud adalah library dan package yang terkait.

Tapi terkadang kita butuh menghapus library atau package yang tidak digunakan lagi atau library tersebut benar-benar membebani aplikasi yang didevelop. Bagi pemula, mungkin akan bingung bagaimana cara menghapus library atau package tersebut.

Jika library atau package tersebut dihapus lewat vendor, maka saat kalian menjalankan composer install atau composer update, library atau package juga ikut ter-install atau ter-update. Nah, ada cara simpel yang bisa kalian lakukan untuk membrantas habis library dan depedensi terkait yang sudah tidak digunakan lagi.

Oh iya, cara ini juga bisa kalian terapkan ke selain laravel, syaratnya selama library yang ada di dalamnya diinstall menggunakan composer. Ayo kita mulai masuk ke pembahasan intinya di bawah ini.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Transfer File dari Hosting ke Windows dengan Filezilla FTP read more
📰 2. Cara Transfer dan Membuka File Hosting di Windows dengan FTP read more
📰 3. Cara Membuat Import Data Excel ke Database Mysql dengan php read more
📰 4. Cara Membuat Peta Digital dengan Leafletjs, Alternatif Peta Digital tanpa Google Maps API read more


Cara Menghapus Library dengan Composer Cara 1

1. Pertama dan yang paling penting, siapkan project laravel yang sudah terinstall library yang akan dihapus. Jangan lupa juga untuk menghapus semua file atau halaman yang masih menggunakan library terkait.
2. Lalu jalankan perintah di bawah ini dengan cmd atau terminal kalian. Perintah ini akan menghapus library dan depedensinya sekaligus.


composer remove package

3. Untuk mengetahui paket atau library yang akan kalian hapus, kalian bisa membukanya di file composer.json. Contohnya bisa kalian lihat pada script di bawah ini


composer remove maatwebsite/excel

Perintah di atas akan menghapus library excel yang terletak di dalam folder vendor/maatwebsite/excel

4. Selanjutnya jalankan perintah di bawah ini untuk menghapus cache 


php artisan config:clear

5. Terakhir, jalankan perintah di bawah ini untuk me-read atau membaca ulang file composer.json agar library yang kita hapus sebelumnya benar-benar terhapus.


composer dump-autoload


Cara Menghapus Libraray dengan Composer Cara 2

1. Buka file composer.json, lalu hapus library yang sudah tidak kalian pakai lagi pada bagian require. Contohnya seperti gambar di bawah ini.
cara menghapus library laravel dengan composer
file composer.json



2. Selanjutnya jalankan perintah di bawah ini untuk meng-update library. 


composer update

3. Terakhir, jalankan step ke 4 dan ke 5 seperti cara sebelumnya secara bergantian untuk menghapus cache dan memperbarui file composer.json


Cukup mudah bukan?, sekian tutorial cara menghapus library laravel dengan composer secara cepat. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada yang tidak dimengerti silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial laravel lainnya.

No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik