Cara Transfer dan Membuka File Hosting di Windows dengan FTP

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengelola folder dan file hosting yang ada di internet, kalian bisa menggunakan fitur file manager hosting yang telah disediakan, atau dengan filezilla, atau kalo mau expert bisa pake ssh dan dijalankan di aplikasi seperti putty.


Nah ada cara lain nih sob, caranya lebih mudah, lebih familiar, dan gak ribet. Yaitu dengan menggunakan windows explorer. Semua folder dan file yang ada di dalam hosting bisa kita lihat, dan bisa kalian buka dan editdengan aplikasi web editor yang biasa kita gunakan seperti visual studio code dan semacamnya.

Bagi pengguna windows tentu hal ini adalah kemudahan, karena orang sudah terbiasa menggunakan windows explorer. Tidak hanya mengedit langsung, jika kalian sedang tidak memiliki internet dengan speed tinggi kalian bisa copy paste folder ke direktori lokal windows. Penasaran gimana cara pakenya?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Menggunakan Wordpress untuk Mengembangkan Website yang Berhasil read more
📰 2. Cara Proteksi Halaman Login Wordpress dengan Captcha Moodle read more
📰 3. Apa itu Brute Force Attack dan Berikut Tips Manjur Untuk Mencegahnya Komputer read more


1. Mendapatkan Hostname, Username, dan Password Hosting

Sebelum kita dapat mengelola folder dan file yang ada di dalam hosting, terlebih dahulu kita harus tahu hostname, username, dan password cpanelnya. Informasi login cpanel biasanya dikirim ke email kalian saat pertama kali sewa, tapi jika kalian masih sulit mencarinya silahkan tanya langsung ke bagian cs penyedia hosting tersebut, mereka akan senang hati menjawab dengan respon yang cepat. 

Karena saya menggunakan domainesia, saya sedikit membantu cara mendapatkan hostname, username, dan password domainesia. Berikut ini cara yang bisa kalian lakukan:

(1). Untuk melihat hostname, kalian bisa masuk ke dashboard → services → pilih domain → pada halaman overviews lihat server information untuk melihat hostname. Contoh nama hostname: gandalf.faramir.id.domainesia.com
(2). Untuk melihat username, kalian masuk ke halaman dashboard → services → pilih domain → pilih tab access → klik login to cpanel → pada halaman cpanel lihat general information untuk melihat username
(3). Untuk password, kalian bisa merubahnya jika lupa, masuk ke halaman dasboard → services → pilih domain → pilih tab acess → pilih change password dan ubahlah password yang kalian mau.


Seperti informasi yang saya sebutkan di atas, jika masih sulit untuk menemukannya, silahkan tanya langsung ke bagian cs penyedia hosting yang bersangkutan. Atau bisa tanya-tanya saya di kolom komentar di bawah ini.




2. Cara Menghubungkan & Mengelola Folder Hosting di Windows dengan FTP

1. Buka windows explorer kalian
2. Lalu ketikkan ftp://hostname yang kalian dapatkan di bagian path windows explorer, contohnya seperti gambar di bawah ini.

mengelola file hosting dengan windows explorer
Mengakses file manager hosting (1)



3. Selanjutnya akan muncul jendela baru, silahkan isi username dan password yang sudah kalian dapatkan sebelumnya.

mengelola file hosting dengan windows explorer
Mengakses file manager hosting (2)



4. Jika berhasil masuk, maka kalian akan diarahkan ke halaman root hosting. Kalian bisa melihat dan mengelola seluruh file dan folder tersebut sekarang.

Mengakses file manager hosting dengan windows explorer
Mengakses file manager hosting (3)




Jika kalian terkendala juga saat menghubungkan ftp, silahkan tanyakan langsung di cs penyedia layanan hosting bersangkutan. Semua akan dijawab oleh mereka dengan tepat dan cepat tentunya.

Sekian tutorial cara transfer dan membuka file hosting di windows dengan ftp. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat. Jika masih kesulitan dengan tulisan di atas silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini, mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial menarik lainnya.


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik