Cara Transfer File dari Hosting ke Windows dengan Filezilla FTP

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada tutorial kali ini saya akan membahas cara transfer file hosting ke windows lokal dengan menggunakan filezilla. Setiap jasa penyedia hosting telah menyediakan file manager untuk mengatur semua folder dan file pada hosting yang kita sewa. Caranya penggunaanya sederhana, masuk ke web jasa penyedia hosting, buka cpanel, lalu buka file manager, lalu atur folder dan file yang ada di dalamnya.


Tapi tahukah kalian, bahwa ada cara yang lebih simple dan cepat untuk dapat mengatur folder dan file yang ada di hosting?, yaitu dengan menggukan filezilla. Filezilla adalah aplikasi FTP(file transfer protocol) yang memungkinkan kalian untuk memidahkan file dan folder yang ada di hosting tanpa masuk ke dashboard penyedia layanan hosting.

Cara ini jelas lebih simple, karena kita cukup menghubungkan ftp ke hosting saja, maka semua folder dan file dapat kita lihat dan didownload untuk dikelola di windows lokal. Tidak hanya menarik data, kalian juga bisa melakukan upload file atau folder dengan menggunakan filezilla. 


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Menggunakan Wordpress untuk Mengembangkan Website yang Berhasil read more
📰 2. Cara Proteksi Halaman Login Wordpress dengan Captcha read more
📰 3. Apa itu Brute Force Attack dan Berikut Tips Manjur Untuk Mencegahnya Komputer read more



Cara Transfer File dari Hosting ke Windows dengan Filezilla

1. Silahkan download filezilla di link berikut ini https://download.filezilla-project.org/client/FileZilla_3.52.2_win64_sponsored-setup.exe. Lalu lakukan instalasi seperti aplikasi biasa.
2. Silahkan buka aplikasinya, tampilannya kurang lebih akan tampak seperti gambar di bawah ini.

cara menggunakan filezilla di windows
Cara transfer data menggunakan filezilla (1)




3. Berdasarkan gambar di atas, kita perlu mendapatkan hostname, username, password dan port untuk terhubung ke hosting yang kita punya. Kalian bisa mendapatkan itu semua pada balasan email pertama kali saat kalian berhasil melakukan sewa layanan hosting. Email tersebut adalah detail informasi cpanel, informasi server, port ftp, dan setting lainnya.

Tapi jika kalian tidak dapat menemukan email tersebut, kalian bisa menghubungi cs penyedia hosting terkait, mereka akan senang hati membantu dan menjawab semua keluhan kalian, jadi jangan ragu menghubungi cs ya.

Tapi jika kalian adalah pengguna domainesia, mungkin tips ini bisa membantu. Silahkan klik tautan berikut ini https://www.sahretech.com/2021/02/cara-transfer-dan-membuka-file-hosting.html. Dan silahkan baca bagian cara mendapatkan hostname, username, dan password cpanel


4. Setelah kalian berhasil mendapatkan hostname, username, password, dan port ftp. Sekarang kalian masukkan pada formnya masing-masing pada aplikasi filezilla. Lalu klik quickconnect untuk mulai menghubungkan.

Cara transfer data menggunakan filezilla
Cara transfer data menggunakan filezilla (2)



5. Setelah berhasil masuk maka tampilannya akan tampak seperti gambar di bawah ini. Ada 2 bagian, sebelah kiri adalah local site, artinya itu milik kalian yang berbada di komputer lokal. Dan di sebelah kanan terdapat remote site, itu adalah folder dan file yang berada di hosting kalian.

cara transfer data menggunakan filezilla
Cara transfer data menggunakan filezilla (3)



Bagaimana, cukup keren dan memudahkan bukan?. Kalian bisa memindahkan file dan folder dari remote site atau juga sebaliknya. Klik kanan lalu download untuk mengunduh folder atau file tertentu.

Dengan cara seperti ini kalian bisa dengan mudah mengedit file yang ada di dalam hosting dengan menggunakan web editor kesayangan kalian. Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu.

No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik