Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard yang Rusak di Windows 10

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara mengganti fungsi tombol keyboard yang rusak pada windows 10 menjadi tombol kombinasi dari tombol-tombol lainnya. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Hal yang cukup menyebalkan dan bisa terjadi secara tiba-tiba adalah kerusakan sebagian pada tombol keyboard. Meski masalah ini bisa kita atasi dengan menggunakan on-screen keyboard, tapi penggunaannya sangat merepotkan dan membuat pekerjaan kita tidak efektif.

On-screen keyboard bisa jadi solusi untuk pengetikan teks yang tidak terlalu panjang atau menggantikan key tertentu yang rusak. Tapi masalahnya, penggunaanya sangat tidak efisien, karena user harus membuka aplikasi setiap komputer dinyalakan, user juga harus mengarahkan kursor dan mengklik key yang diinginkan, dan user juga harus mengetik secara bergantian dengan menggunakan keyboard fisik dan keyboard virtual. Cara seperti ini jelas sangat merepotkan dan rasanya mending balik ke jaman batu aja dah.😡 

Tapi tenang, ada cara lain yang lebih estetik daripada menggunakan on-screen keyboard. Yaitu dengan mengganti key yang rusak dengan key lain atau membuat kombinasi key. Cara ini jelas lebih simpel, sangat membantu dan kalian juga bisa menunda pembelian keyboard baru. 😀

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Transfer File dari Hosting ke Windows dengan Filezilla FTP read more
📰 2. Cara Transfer dan Membuka File Hosting di Windows dengan FTP read more
📰 3. Cara Membuat Import Data Excel ke Database Mysql dengan php read more
📰 4. Cara Membuat Peta Digital dengan Leafletjs, Alternatif Peta Digital tanpa Google Maps API read more


Cara Mengganti Keyboard yang Rusak di Windows 10

1. Download aplikasi power toys di link berikut ini https://github.com/microsoft/PowerToys/releases/. Pada halaman yang tampil, silahkan scroll ke bawah, sampai kalian menemukan file berekstensi .exe lalu klik untuk mendownload file. Setelah terdownload, install aplikasi seperti biasa.
2. Buka aplikasi power toys, lalu klik menu keyboard manager, lalu switch on enable keyboard manager agar kalian dapat mengatur remap keys dan remap shortcuts.

cara mengganti fungsi keyboard yang rusak
Mengganti fungsi keybaord (1)



3. Pada tampilan keyboard manager, terdapat remap a keys dan remap a shortcuts. Kalian bisa mengganti fungsi tombol keyboard ke fungsi lainnya dengan remap a key. Atau kalian juga bisa  membuat perpaduan/kombinasi keyboard dengan remap a shortcut jika kalian tidak ingin ada fungsi keyboard lain yang digantikan.

cara mengganti fungsi tombol keyboard yang rusak
Mengganti fungsi keybaord (2)



4. Pada contoh kali ini saya akan menggunakan fitur remap a shortcut untuk membuat kombinasi key. Silahkan ikuti langkahnya, dengan mengklik tombol remap a shortcut
5. Lalu pada bagian remap a shortcut, klik tombol + untuk membuat shortcut baru.

cara mengganti fungsi tombol keyboard yang rusak
Mengganti fungsi keybaord (3)



6. Pertama kita harus membuat kombinasi tombol terlebih dahulu pada bagian shortcut, kombinasi yang saya inginkan adalah ctrl + shift + 1 dimana hasil yang diinginkan nantinya adalah huruf 'P'. 

cara mengganti fungsi tombol keyboard yang rusak
Mengganti fungsi keyboard (4)



7. Pada bagian mapped to, silahkan pilih huruf 'P' dimana huruf huruf P adalah hasil yang ktia inginkan saat menekan tombol ctrl + shift + 1 secara bersamaan.

cara mengganti fungsi tombol keyboard yang rusak
Mengganti fungsi keyboard (5)



8. Langkah terkahir silahkan kalian klik tombol ok, dan untuk target app kita kosongkan saja agar semua aplikasi dapat menggunakan kombinasi tombol yang kita buat. Ok, sampai tahap ini kalian sudah berhasil mengalihkan tombol yang semula tidak bisa berfungsi menjadi berfungsi kembali dengan membuat kombinasi huruf yang diinginkan. Silahkan lakukan percobaan dengan mengetik kombinasi huruf yang telah dibuat.

Sekian tutorial cara mengganti fungsi tombol keyboard yang rusak di windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel keren lainnya



No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik