Cara Memisahkan Nama Depan, Tengah, dan Belakang dengan Excel

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara memisahkan nama depan, tengah dan belakang pada aplikasi excel. Ayo ikuti tutorialnya berikut ini.



Memisahkan text di dalam excel sebenarnya sangat mudah, tutorial yang membahas masalah ini juga sangat banyak di internet, baik berupa artikel ataupun video. Memisahkan text di dalam excel biasanya digunakan untuk membuat kode unik penamaan seperti membuat email, password dan semacamnya. 

Atau kalian juga bisa memisahkan tempat dan tanggal lahir untuk keperluan pembuatan statistik, diagram atau kebutuhan manipulasi data lainnya. Kali ini kita akan belajar menggunakan fitur text to columns yang sudah disediakan oleh excel sebelumnya.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Transfer File dari Hosting ke Windows dengan Filezilla FTP read more
📰 2. Cara Transfer dan Membuka File Hosting di Windows dengan FTP read more
📰 3. Cara Membuat Import Data Excel ke Database Mysql dengan php read more
📰 4. Cara Membuat Peta Digital dengan Leafletjs, Alternatif Peta Digital tanpa Google Maps API read more


Cara Memisahkan Nama dengan "Text To Columns"

1. Buat atau gunakan file excel yang memiliki daftar nama yang akan dipisahkan. Lalu seleksi nama-nama tersebut.
2. Selanjutnya buka tab data → text to columns, kemudian akan muncul kotak dialog step 1 of 3, pilih delimited lalu klik next.

Memisahkan nama pada excel
Memisahkan nama pada excel (1)



3. Pada dialog box step 2 to 3 yang muncul, kita perlu memilih delimiter atau pembatas setiap kata. Karena pembatas setiap suku kata pada nama menggunakan space atau spasi, maka silahkan centang space dan klik next seperti gambar di bawah ini

Memisahkan nama dengan excel
Memisahkan nama dengan excel (2)




4.  Pada dialog box step 3 to 3, kalian akan diperlihatkan preview dari data nama yang sudah dipisahkan, kalian bisa memilih column data format jika dibutuhkan. Tapi biarkan saja general, lalu klik finish.

Memisahkan nama dengan excel
Memisahkan nama dengan excel (3)



Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini, dimana nama dengan satu suku kata tidak akan dipisahkan dan nama dengan 2 atau lebih suku kata akan dipisahkan ke kolom setelahnya.

memisahkan nama dengan excel
Memisahkan nama dengan excel (4)



Bagaimana?, gampangakan?. Kalian tidak perlu menggunakan rumus dan fungsi tambahan lainnya untuk membuat text yang terpisah. 

Oh iya, jika kalian ingin memisakan tempat dan tanggal lahir caranya sama seperti di atas. Hanya saja silahkan sesuaikan delimiter atau pembatas antar tempat lahir dan tanggal lahir, apakah menggunakan koma, spasi, atau karakter lainnya.

Sekian tutorial cara memisahkan nama depan, tengah dan belakang pada aplikasi excel. Semoga membantu, jika ada kendala silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutoral excel lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik