Cara Akses SSH Hosting dengan Putty

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana berkomunikasi dan mengatur ssh hosting dengan menggunakan putty. Ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


SSH

Apa sih SSH itu?. SSH adalah singkatan dari secure shell connection. SSH ini adalah protokol jaringan untuk komunikasi data yang aman. SSH memungkinkan kalian melakukan remote ke server dari jarak jauh, berbeda dengan aplikasi remote server GUI seperti filezilla. SSH diakses menggunakan baris perintah atau command line.

Jika menggunakan linux atau mac, fitur ini sudah disediakan, tapi jika kalian menggunakan windows maka kita perlu aplikasi tambahan untuk mengakses ssh server. Salah satu aplikasinya adalah putty.

Dibandingkan filezilla, memang SSH tidak menggunakan GUI, tapi terkadang ada beberapa hal sangat dibutuhkan dan SSH bisa melakukannnya. Seperti update depedency dengan menggunakan composer atau npm, menjalankan perintah git, intalasi aplikasi dan berbagai perintah command line lainnya.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Transfer File dari Hosting ke Windows dengan Filezilla FTP read more
📰 2. Cara Transfer dan Membuka File Hosting di Windows dengan FTP read more
📰 3. Cara Membuat Import Data Excel ke Database Mysql dengan php read more
📰 4. Cara Membuat Peta Digital dengan Leafletjs, Alternatif Peta Digital tanpa Google Maps API read more


Cara Akses SSH Hosting dengan Putty

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, terlebih dahulu kalian harus memiliki server hosting. Tidak perlu vps, jika kalian punya shared hosting itu sudah cukup.

1. Pertama kalian harus tahu name server dari hsoting kalian, kedua kalian harus tahu usernamenya dan ketiga kalian harus tahu passwordnya. Biasanya informasi ini akan dikirimkan lewat email saat pertama kali kalian membeli layanan hosting tersebut. Tapi jika kalian masih kesulitan menemukan hal ini, silahkan bertanya langsung ke cs penyedia hosting tersebut. Mereka akan senang hati menjawab pertanyaan kalian.

Jika kalian menggunakan domainesia, kalian bisa melihat informasi ini di:
1. Name server: login → lalu pilih hosting → kemudian name server akan terlihat di bagian sebelah kanan
2. Username: Masuk ke cpanel → lalu lihat informasi server di sebelah kanan
3. Password: Password tidak dimunculkan, tapi kalian bisa merubahnya jika lupa di bagian access → pilih change password

2. Jika sudah mengetahui informasi di atas, selanjutnya download aplikasi putty terlebih di link berikut ini https://www.putty.org/

3. Lalu buka aplikasi putty yang sudah terdownload sebelumnya. Masukkan hostname atau name server, lalu pilih ssh, masukkan port 64000 dan klik open untuk membuka ssh command line. 

cara akses SSH hosting dengan putty
Akses SSH



4. Selanjutnya masukkan username, lalu enter. Kemudian masukkan password lalu enter. Jika berhasil masuk maka tampilannya akan seperti ini. Saat kalian mengetikkan password, karakternya tidak muncul. Hal tersebut tidak masalah, karena password yg kalian tulis di-hidden tapi tetap diketikkan. Jika kalian merasa salah saat mengetikkan password, silahkan hapus menggunakan backspace

cara akses SSH hosting dengan putty
Berhasil login ke ssh server



Sekarang kalian bisa mengontrol server tanpa harus login ke adim area. Nah, disini kalian bisa menggunakan berbagai macam perintah windows seperti mkdir, cd, dir dsb. Bahkan kalian juga bisa menjalankan perintah yang ada di linux seperti cp, rm, top, ls, dsb.

Jika penyedia hosting kalian sudah menyediakan composer, npm, atau git kalian juga bisa langsung menggunakannya untuk mengontrol penuh akses ke server yang kalian gunakan.

cara akses SSH hosting dengan putty
Menjalankan perintah composer



Sekian tutorial cara akses ssh hosting dengan putty. Semoga artikel ini bisa memecahkan masalah dan membantu kalian semua. Jika ada kendala silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini. Dan sampai jumpa di tutorial keren lainnya.

No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik