5 Alasan Kenapa Anda Wajib Menggunakan Wordpress untuk Mengembangkan Website yang Berhasil

Share:

Wordpress adalah salah satu CMS (content management system) yang sangat populer saat ini. Banyak orang menggunakan CMS ini karena fitur dan dukungannnya yang lengkap. Orang-orang nont-IT tidak perlu dipusingkan lagi dengan keruwetan data dan coding, karena CMS ini dapat memenuhi semua kebutuhan anda. Anda dapat membuat website yang profesional dengan biaya yang ringan dengan menggunakan Wordpress.

Menurut data wappalyzer per desember 2018, Wordpress menjadi CMS yang paling popuer di dunia, dengan total pasar 78%, kemudian disusul oleh joomla, drupal, wix dan lainya. Wow, hampir saja seluruh penduduk dunia menggunakan CMS ini. Tapi mengapa wordpress begitu disukai sehingga bisa menjadi raja diantara lautan CMS lainnya ?berikut beberpa penjelasannya.

1. Open Source

Sifat open source pada wordpress sejatinya bukanlah hal yang istimewa, karena pada umumnya dan kebanyakan CMS bersifat open source, tapi bisa dibilang tanpa hadirnya sifat open source, dukungan fitur plugin dan tema akan berkurang.

Jujur saja open source adalah sifat penting yang harus ada di aplikasi publik, alasan pertama agar apliaksi tersebut terus eksis, dan yang kedua agar semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi untuk mengembankan wordpress. Anda dapat mengakses source code wordpress lalu menambahkan atau menguranginya.


2. Mudah Digunakan

CMS yang satu ini memang mudah digunakan, setiap orang yang non-IT dapat membuat website secara profesional dengan waktu dan biaya yang minimum hanya melalui CMS ini. Untuk berbagai kemudahan CMS ini mendukung banyak bahasa termasuk di dalamnya bahasa Indonesia

Dari sisi instalasi, dapat dipasang di server lokal cukup dengan beberapa tahap, Baca artikel tentang cara mudah instalasi wordpress di server lokal.
Atau jika menurut anda repot untuk melakukan instalsi di server lokal maupun hosting, anda dapat mencoba versi wordpress.org anda dapat mencobanya secara gratis dengan nama domain wordpress.com atau anda dapat membeli domain TLD

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa anda tidak perlu pengetahuan yang mendalam tentang IT apalagi masalah ngoding. Semua dokumentasi telah disiapkan oleh wordpress, bahkan video, tutorial maupun, pdf telah banyak tersedia di internet untuk memudahkan kita mempelajari wordpress


3. SEO dan Mobile Optimization

Wordpress telah disiapkan agar memiliki standar SEO yang baik. dengan menggunakna wordpress secara otomatis pengguna telah membereskan berbagai masalah SEO.

Di beberapa situs lama, halaman yang dimuat di smartphone tidak responsive, sehingga pembaca tidak nyaman dengan tampilan webiste tersebut, pembaca haru memperbesar layar untuk membaca tulisan yang kecil dan memperkecil layar untuk dapat melihat keseluruhan halaman.



Jika anda menggunakan wordpress masalah tersebut dapat diatasi, wordpress mendukung optimasi mobile, lewat tema-tema baru saat ini anda tidak perlu mengatur lebar halaman webiste untuk optimal di semua perangkat, karena semua otomatis.

4. Tersedia banyak Theme

Ini kembali lagi ke masalah opensource, wordpress tidak akan memilki banyak tema jika tidak ada pengembangnya. Tapi karena wordpress didesain untuk opensource dan ternyata itu berhasil menarik minat para developer untuk mengembangkan berbagai tema yang menarik akhirnya wordpress menjadi CMS dengan tema terbanyak, anda dapat menggunakan berbagai macam tema di wordpress dari yang gratis hingga yang berbayar, untuk tujuan toko online, berita, atau hanya blog pribadi


5. Tersedia banyak Plugin

Ini juga karena opensource, opensoruce ternyata membuat asebuah aplikasi menjadi lebih baik karena ada banyak dukungan dari berbagai developer. Di versi standar wordpress tidak menyediakan plugin untuk berjualan online, tapi anda dapat menambahkan plugin seperti woocommerce untuk menyulap sebuah website berita menjadi toko online yang profesional, itu adalah salah satu contoh plugin

Selain contoh di atas ada banyak sekali plugin wordpress yang dapat mempermudah pekerjaan kita, dan plugin-plugin ini belum tentu ada atau sebanyak plugin di CMS lainnya.



Bagimana ?, apakah penjelasan ini cukup membantu anda untuk memilih CMS apa yang baik digunakna untuk membangun website anda ?. Tidak ada alasan untuk menolak menggunakan wordpress, wordpress telah mendukung banyak fitur, pilhan tema dan plugin yang dapat anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan situs anda. Selama admin menggunakan wordpress, semua kebutuhan admin terjawab oleh plugin-plugin yang ada mulai dari plugin SEO, optimasi ukuran halaman dan lain sebagainya.

No comments