Cara Mudah Mencari dan Menghapus Ratusan File Duplikat di Windows 10

Share:

Halo semuanya kembali lagi di sahretech, baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan trick kepada kalian cara cepat mencari dan menghapus ratusan file duplikat di windows 10, penasaran?, ayo ikuti tipsnya berikut ini.



Terkadang kalian bingung kenapa memory penyimpanan komputer kalian masih saja penuh, padahal semua file tidak penting sudah dihapus atau dipindahkan ke tempat lain. Jawabannya adalah mungkin terdapat banyak file duplikat di dalam komputer kalian. File duplikat bisa terjadi saat kalian mengcopy sebuah file tapi tidak menghapus aslinya.

File asli tidak dihapus dengan alasan untuk backup data. Padahal jika hal ini terus-terusan dilakukan maka file duplikat akan menumpuk dan membebani kapasitas memory kalian. Terlalu banyak duplikasi file juga membuat kalian bingung harus menghapus file yang mana.

Tapi tenang saja, kalian bisa menggunakan aplikasi ccleaner untuk menghapus puluhan bahkan ratusan file yang duplikat. Dengan menggunakan aplikasi ccleaner pekerjaan kalian menjadi lebih efektif dan efisien.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Merubah Keyboard Menjadi Bahasa Arab di Windows 10 read more
📰 2. Cara Merubah Icon Folder pada Windows 10 read more
📰 3. Cara Memperbaiki Gambar Thumbnail Tidak Muncul di Windows read more


Cara Mudah Mencari dan Menghapus Ratusan File Duplikat

1. Pertama kalian download aplikasinya terlebih dahulu di link berikut ini https://www.ccleaner.com/ccleaner/download/standard. Lalu lakukan instalasi aplikasi seperti aplikasi biasa.
2. Buka aplikasi, lalu masuk ke menu tools, lalu pilih duplicate finder. Seperti contoh gambar di bawah ini

cara mencari dan menghapus file duplikat
Cara mencari dan menghapus file duplikat



3. Kalian bisa mengatur konten duplikat apa yang ingin dicari. Dari nama file, ukuran, isi file, menentukan jenis file apa saja yang tidak dicari dan memilih drive atau folder yang ingin dipindai
4. Klik tombol search untuk memulai pencarian file duplikat. Lalu tunggu proses pencarian sampai selesai. Proses pencarian mungkin akan memakan waktu yang cukup lama, tergantung drive apa yang dicari dan jumlah file yang ada di dalam komputer kalian.

cara menghapus file duplikat sahretech
Pilih dan hapus file



5. Pilih file apa saja yang ingin dihapus, lalu klik delete selected dan tunggu proses penghapusan file. Sekarang memory komputer kalian jadi lebih legah dan bisa menyimpan lebih banyak file. Selamat mencoba!.

Sekian tips dan trick cara mudah mencari dan menghapus ratusan file duplikat di windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial keren lainnya.


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik