Cara Cepat dan Mudah Mengganti Tema Aplikasi Elearning Moodle

Share:
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial cara mengganti tema atau template aplikasi moodle biar tampilannya lebih fresh dan nggak gitu-gitu aja. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Moodle adalah salah satu LMS(learning management system) yang sangat populer dan digunakan oleh banyak instansi pendidikan di Indonesia. Tidak hanya fitur, moodle juga menawarkan fitur kustomisasi tema yang bisa kalian buat sendiri atau dengan menggunakan tema yang dibuat oleh orang lain.

Sebagian kalian yang sudah menggunakan moodle atau yang akan menggunakan moodle, pasti ingin tampilannya berubah dan tidak sama dengan tema defaultnya. Terus gimana dong cara ganti tema di aplikasi moodle?, tenang!, berikut ini tutorialnya untuk kalian.
Baca Artikel Lain ✨
📰 1. 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Menggunakan Wordpress untuk Mengembangkan Website yang Berhasil read more
📰 2. Cara Mudah Instalasi Wordpress di Localhost read more
📰 3. Cara Mudah Memasang Notifikasi pada Blogspot read more

Cara Install dan Mengganti Tema Moodle

1. Siapkan aplikasi moodle yang sudah terinstall, baik di local atau di hosting. Jika belum memiliki aplikasi moodle yang terinstall silahkan baca tutorialnya di link berikut ini https://www.sahretech.com/2021/01/cara-cepat-dan-mudah-instalasi-moodle.html?m=1

2. Lalu siapkan terlebih dahulu tema yang akan kalian pakai. Klik link berikut ini untuk melihat daftar tema https://moodle.org/plugins/browse.php?list=category&id=3. Lalu kalian tentukan terlebih dahulu versi moodle yang kalian miliki. Caranya klik dan pilih your moodle version yang ada di sebelah kanan layar. Lalu pilih tema yang kalian inginkan, lalu klik download.

install moodle tema
Daftar tema gratis



Note: Tema yang kalian download harus sama dengan versi moodle yang kalian miliki. Ini penting, karena jika versinya berbeda, tampilan tidak akan sesuai dan tidak kompatibel.

3. Buka aplikasi moodle kalian, lalu login dengan akun super admin. Super admin adalah akun tertinggi di dalam pengelola aplikasi, memiliki semua akses data dan informasi. Tampilan dashboard admin seperti gambar di bawah ini.

install moodle tema
Tampilan super admin moodle



4. Masuk ke menu administrasi situs, lalu klik tab plugins, lalu pilih install plugins

install tema moodle
Install tema moodle



5. Pilih file yang telah kalian download sebelumnya. Kemudian klik upload a file pada jendela popup file yang muncul, klik unggah file. Kemudian klik install plugin from the zip file.

install tema moodle
Unggah file tema



6. Jika validasi sukses, moodle akan memberi tahu kalian. Seperti gambar di bawah ini. lalu klik lanjutkan.

install tema moodle
Validasi install plugin



7. Kemudian kalian akan diarahkan ke halaman informasi versi saat ini. Aplikasi moodle kalian akan dicek kembali, jika minimum persyaratan terpenuhi maka kalian bisa mengklik tombol lanjutkan yang ada di bagian bawah.

Note: Untuk memperbaiki status merah. Silahkan klik teks berwarna biru di bagian atas setiap baris yang merah. Kalian akan diarahkan ke halaman cara memperbaiki error atau status merah

install tema moodle
Cek versi saat ini



8. Lalu kalian akan diarahkan ke cek plugin. Dimana tema yang kalian pakai akan membutuhkan beberapa plugin tambahan. Klik tombol mengupgrade database moodle sekarang.


install tema moodle
Cek plugin




9. upgrade ke versi baru, tema theme_moove sukses diinstall. Silahkan klik tombol lanjutkan untuk setting tampilan baru kalian

install tema moodle
Upgrade versi berhasil


10. Kalian akan diarahkan ke halaman pengaturan tampilan tema baru. Pengaturan yang ditunjukkan di bawah ini ditambahkan selama peningkatan Moodle terakhir Anda. Lakukan perubahan yang diperlukan pada default dan kemudian klik tombol 'Simpan perubahan' di bagian bawah halaman ini.

Kalian bisa mengisi atau boleh menggantinya nanti, silahkan scroll ke bawah dan klik tombol save changes

install tema moodle
Setting tema moove




11. Masuk kembali ke menu administrasi situs. lalu klik tab tampilan, lalu klik theme selector di bagian tema

install tema moodle
Memasang tema 



12. Ganti tema yang terpasang saat ini dengan mengklik tombol change theme yang ada di sebelah kanan pada kolom informasi

install tema moodle
Change theme



13. Scroll ke bawah dan cari tema yang kalian install sebelumnya. Lalu klik tombol gunakan tema, tunggu sesaat.

Mengganti tema lama



14. Boom!. Tampilan baru kalian telah berhasil di install seperti gambar di bawah ini. Sangat menarik, dan nggak ngebosenin kan. Silahkan atur kembali tema yang kalian gunakan saat ini dengan masuk ke menu administrasi situs, lalu pilih tampilan.

Tampilan halaman backend


Tampilan depan(front end)






Sekian tutorial cara cepat dan mudah mengganti tema aplikasi elearning moodle. Semoga bermanfaat, kurang lebihnya saya mohon maaf, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutoril seru lainnya.

No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik