Cara Mudah Memasang Notifikasi pada Blogspot

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial cara mudah memasang notifikasi pada blogspot agar pembaca setia bisa selalu update artikel dari blog kalian. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Mungkin mendapatkan pemberitahuan dari email sudah biasa. Mungkin juga tidak efektif untuk sebagian orang. Pasalanya, sebagian orang Indonesia jarang membuka email. Semua akun yang kita daftarkan biasanya menggunakan email, sehingga akan sangat banyak dan menumpuk pemberitahuan yang masuk tiap harinya, hal ini membuat notifikasi dari blog kita jadi lebih mudah diabaikan.

Jika kalian sudah membuat fitur notifikasi email pada blog kalian, kalian tidak perlu menghapusnya. Karena mungkin sebagian orang akan tetap membacanya. Kalian hanya perlu menambahkan fitur notifikasi lain yang lebih mudah digunakan. Yaitu web push notification.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Mudah Menghapus Ribuan Broken Link di Blogger read more
📰 2. Tips Membuat Iklan Link Google Adsense Untuk Tingkatkan Penghasilan Blogger read more
📰 3. Cara Membuat Widget Pencarian Trending dengan Google Trends di Blogger read more


Web Push Notification

Web push notification adalah istilah untuk notifikasi yang muncul dari website dan bukan dari aplikasi. Saat pertama kali mengunjungi sebuah website, website tersebut akan meminta izin kepada kita untuk mengirimkan notifikasi. Baik di smartphone atau PC, permintaan ini akan tetap muncul dan dapat digunakan oleh semua mayoritas browser.

Jika dibandingkan dengan newsletter atau notifikasi email, web push notification lebih mudah digunakan. Web push notification tidak perlu melakukan subscribe dengan memasukkan email kalian. Kalian hanya perlu mengizinkan website tersebut mengirimkan notifikasi. Selain itu, penggunaan web push notification akan meningkatkan lebih banyak tayangan halaman dan membuat pengunjung lama kembali ke web kalian.


Cara Memasang Web Push Notification

Ada banyak layanan yang bisa kalian gunakan untuk mebuat web notification di dalam blog. Tapi pada tutorial kali ini saya akan menggunakan layanan onesignal untuk membuat web notification alasannya karena layanan ini mudah digunakan, gratis dan populer.

1. Mendaftar di website onesignal klik link berikut ini untuk mendaftar https://onesignal.com/. Lakukan pendaftaran seperti biasa.
2. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, masuk ke halaman depan atau dashboard onesginal. Lalu tambahkan website baru dengan menklik tombol New App/Website

onesignal sahretech
Setting onesignal



3. Isi nama aplikasi atau website, pilih organisasi, dan pilih web push platform lalu klik tombol next:configure your platform. Atau lebih jelasnya kalian bisa ikuti gambar di bawah ini.

setting onesignal sahretech
New app onesignal



4. Kemudian kalian akan diarahkan ke halaman configure web push. Di bagian choose integration pilih wordpress plugin or website builder lalu pilih blogger.





5. Scroll ke bagian bawah. Lalu pada bagian blogger site setup, isi nama blog kalian, lalu isi url blog kalian, tambahkan icon bila perlu, isi choose a label dengan nama blog kalian. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar di bawah ini.
Note: Semua bertanda * wajib diisi, jika kalian kesulitan mengisi datanya, silahkan baca keteterangan penjelas di samping form pengisian. Dan untuk url kalian wajib menyertakan http atau https

setting onesignal sahretech
Setting Blog



6. Scroll ke bawah. Lalu di bagian ke 3, setting tampilan permission prompt. Klik slide prompt(recommended) lalu sebuah tampilan popup akan muncul seperti gambar di bawah ini.

setting onesignal sahretech
Setting prompt permission



click tombol customize slide prompt text untuk mengatur tulisan yang tampil. Jika sudah, klik done untuk menyimpan.

5. Scroll ke bawah, lalu kalian akan menemukan bagian ke 4 dan ke 5. Bagian tersebut optional untuk diisi. Klik tombol save untuk melanjutkan.

setting onesignal sahretech
Setting onesignal



6. Lalu kalian akan ditampilkan ke bagian 6 dari setting notifikasi ini. Dimana kalian harus menambahkan script yang diberikan oleh onesignal ke dalam blogger kalian. Silahkan copy script tersebut terlebih dahulu.

setting onesignal sahretech
Setting onesignal



7. Masuk ke akun blogger kalian. Lalu masuk ke menu tema, lalu klik tombol panah ke bawah di sebelah tombol sesuaikan. Lalu pilih edit html.

setting onesignal sahretech
Setting onesignal di blog



8. cari tag </head>. Untuk memudahkan pencarian gunakan shortcut ctrl + f. Setelah ketemu pastekan script yang telah kalian copy sebelumnya tepat di atas tag </head>. Lalu klik tombol simpan.

seting onesignal sahretech
Setting onesginal di blog



9. Selamat sekarang web push notification kalian sudah berhasil dipasang. Kalian bisa mencobanya langsung dengan membuka blog kalian. Tampilannya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

sahretech
Hasil akhir web push notification



Jika tidak muncul coba tunggu beberapa detik, karena biasanya akan delay. Dan jika masih tidak muncul pastikan alamat blog yang kalian daftarkan persis. Dan pastikan juga script yang kalian pastekan tepat di antara tag <head> ... </head>.


Sekian tutorial cara mudah memasang notifikasi pada blogspot. Semoga artikel ini dapat membantu. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial keren lainnya.



No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik